Beredar Info Warung Dibakar di Klaten, Polisi: Hoaks!

Achmad Hussein Syauqi - detikJateng
Minggu, 10 Apr 2022 16:05 WIB
Polres Klaten nyatakan informasi warung dibakar hoaks, Minggu (10/4/2022).
Polres Klaten nyatakan informasi warung dibakar hoaks, Minggu (10/4/2022). (Foto: Tangkapan Layar IG @polres_klaten)
Klaten -

Setelah dua orang pengunggah konten hoaks klithih diamankan, Polres Klaten menemukan postingan hoaks lainnya yakni berbunyi aksi pembakaran warung. Pelakunya tengah dimintai keterangan di Mapolres Klaten.

"Informasi terakhir pelaku juga sudah diminta keterangan. Nanti informasi lanjutan kami sampaikan," jelas Kasi Humas Polres Klaten Iptu Abdillah pada detikJateng, Minggu (10/4/2022).

Abdillah menerangkan postingan warung dibakar itu disebarkan ke grup Facebook Klaten. Namun setelah diselidiki ternyata hoaks.


"Jadi kami tegaskan, informasi warung dibakar hoaks. Tidak ada," ujar Abdillah.

Dengan kejadian itu, Abdillah mengimbau kepada masyarakat untuk waspada dan bijak menyikapi informasi di medsos. Warga juga diimbau tidak memposting atau me-repost konten yang tidak jelas.

"Kami mengimbau masyarakat waspada dan bijak menyikapi informasi di medsos. Jangan memposting yang tidak jelas, dan berpotensi melanggar hukum, jarimu bisa menjadi harimaumu," papar Abdillah.

Penelusuran detikJateng di akun Instagram polres_klaten, postingan hoaks tersebut berwujud repost dari website lainnya. Portal bergambar kumpulan massa di depan sesuatu yang terbakar.

Postingan tersebut dibagikan di akun info seputar Klaten oleh akun Yuli Setiyawan. Penggugah memberikan keterangan:

"Kejadian Tadi Siang Warung Makan
Dibakar Warga Terkait Berjualan di Bulan Puasa Pemilik Warung pasrah dan Menangis Apa salahku,".

Sebelumnya diberitakan, seorang admin salah satu akun Instagram diamankan Polres Klaten untuk dimintai keterangan. Admin tersebut dimintai keterangan karena mengunggah konten video lama temuan senjata gir motor bekas yang dinarasikan terkait kelompok kejahatan jalanan atau klithih. Polisi menyatakan postingan itu tidak benar alias hoaks.

Polres Klaten juga mengamankan seorang warga Kecamatan Juwiring, Klaten, Jawa Tengah, Bambang Swandani. Pelaku diamankan karena memposting kabar hoaks soal klithih.



Simak Video "Baliho Raksasa Ajak Nikah Mbak Maya Nangkring di Klaten"
[Gambas:Video 20detik]
(sip/ams)