Update Banjir Kebumen: Warga Kembali Dievakuasi

Rinto Heksantoro - detikJateng
Minggu, 20 Mar 2022 11:05 WIB
Petugas mengevakuasi warga terdampak banjir di Kebumen, Minggu (20/3/2022).
Petugas mengevakuasi warga terdampak banjir di Kebumen, Minggu (20/3/2022). Foto: dok. BPBD Kebumen
Kebumen -

Banjir masih menggenangi tiga desa dalam satu kecamatan di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Minggu (20/3). Banjir yang sebelumnya sempat surut, pagi ini ketinggian air semakin bertambah sehingga warga kembali dievakuasi.

Adapun desa yang masih terendam sampai dengan pagi ini adalah Desa Candirenggo, Kedungweru, dan Demangsari di Kecamatan Ayah. Air yang sebelumnya sempat surut, pagi ini naik kembali hingga ketinggian 70-100 cm.

"Yang Demangsari dan Candirenggo sebenarnya kemarin sudah mulai surut, ini naik lagi. Sekarang beberapa titik sudah sampai 100 cm," kata Humas BPBD Kebumen, Heri Purwoto, saat dihubungi detikJateng, Minggu (20/3/2022).

Petugas mengevakuasi warga terdampak banjir di Kebumen, Minggu (20/3/2022).Petugas mengevakuasi warga terdampak banjir di Kebumen, Minggu (20/3/2022). Foto: dok. BPBD Kebumen

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, warga pun terpaksa dievakuasi dengan perahu karet ke tempat yang lebih aman.

"Warga sedang dalam proses evakuasi," jelasnya.

Sementara hingga saat ini masih terdapat ratusan pengungsi yang belum bisa kembali ke rumah. Dapur umum juga masih beroperasi untuk menyediakan segala keperluan logistik para pengungsi.

"Jumlah pengungsi di wilayah Kecamatan Ayah sampai pukul 09.00 WIB sejumlah 418 jiwa," imbuhnya.



Simak Video "Banjir Bandang di Wonosobo, Seorang Nenek Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/ahr)