Ganjar Beri Pesan Begini Jelang Perayaan Imlek saat Masih Pandemi

Angling Adhitya Purbaya - detikJateng
Jumat, 28 Jan 2022 21:37 WIB
Gubernur Jawa Tengah sat meresmikan Borobudur Edu Park.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Eko Susanto/detikJateng)
Semarang -

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengimbau perayaan Imlek tidak dilakukan dengan keramaian. Hal itu berkaitan kasus COVID-19 yang masih bertambah dan juga mulai masuknya varian Omicron.

"(Imlek) Nggak usah dirayakan ramai-ramai dulu," kata Ganjar kepada wartawan di Semarang, Jumat (28/1/2022).

Ganjar mengapresiasi pihak yang bisa menahan diri tidak mengundang kerumunan dalam perayaan Imlek nanti. Salah satunya yaitu Klenteng Sam Poo Kong yang hanya akan menggelar perayaan secara tertutup.

"Kemarin saya udah (dapat) laporan di Sam Poo Kong ya tidak akan membuat perayaan besar, hanya perayaan tertutup saja di antara mereka yang mengelola," jelasnya.

"Mudah-mudahan nanti bisa ditiru. Tempat wisata juga," lanjut Ganjar.

Untuk diketahui, tahun baru Imlek 2567 jatuh pada hari Selasa 1 Februari 2022. Di Semarang, perayaan Imlek yang paling terkenal yaitu Pasar Imlek Semawis. Rencananya kegiatan itu digelar 28-30 Januari 2022. Namun karena pandemi belum berakhir, maka diganti pemasangan patung Shio Macan di tugu Jalan Gambiran dan pemasangan 1.000 lampion.

Berikut pengumuman yang diunggah akun resmi Instagram Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Semarang, @disbudparkotasemarang:

"Tahun 2022 ini Pasar Imlek Semawis belum bisa diadakan karena pandemi yang belum tuntas. Atas masukan dan pertimbangan berbagai pihak, terutama warga Pecinan, Kopi Semawis memutuskan mengganti perayaan yang berpotensi mendatangkan massa dengan pemasangan patung shio Macan di tugu Jl. Gambiran.

Pada saat bersamaan POR INTI (Perserikatan Organisasi Tionghoa Indonesia) Semarang juga meresmikan pemasangan 1000 lampion di seantero Pecinan.

Semoga pemasangan patung shio Macan dan 1000 lampion bisa menjadi pelipur lara dan penambah semangat kita semua menyambut Tahun Baru Imlek 2567.

Sampai jumpa tahun depan di Pasar Imlek Semawis 2023".



Simak Video "Salat Id di Simpang Lima Semarang, Ganjar Jadi Sasaran Selfie Warga"
[Gambas:Video 20detik]
(alg/sip)