Karang Setra Waterland Bandung, Harga Tiket Masuk dan Fasilitasnya

Karang Setra Waterland Bandung, Harga Tiket Masuk dan Fasilitasnya

Cornelis Jonathan Sopamena - detikJabar
Sabtu, 15 Okt 2022 04:30 WIB
Karang Setra Waterland, kolam renang legendari di Kota Bandung.
Karang Setra Waterland, kolam renang legendari di Kota Bandung. (Foto: Wisma Putra)
Bandung -

Belum menjadi wargi Bandung jika tidak mengetahui Karang Setra Waterland. Berdiri sejak 1958, kolam yang mulanya bernama Taman Wisata Karang Setra Bandung ini diresmikan oleh Presiden Soekarno pada 3 Mei 1958.

Tidak dapat dipungkiri, kegiatan berenang dan bermain air di akhir pekan bersama keluarga memang menjadi pilihan yang asyik. Salah satu kolam renang yang terletak di Kota Bandung ini telah teruji dalam menghibur jutaan keluarga sejak pertama kali dibuka.

"Iya, ini legendaris, Karang Setra Waterland ini sudah puluhan tahun, yang meresmikan juga Presiden Soekarno, jadi sudah melegenda lah dari tahun 1958," kata Uju Sarju Prihadi, Supervisor Marketing Karang Setra Waterland saat ditemui detikJabar, belum lama ini.


Tidak hanya legendaris, kolam renang ini juga sempat menjadi kolam renang terluas dan terbesar di Asia Tenggara. Karang Setra Waterland sendiri memiliki luas kurang lebih 4 hektare.

Meski sudah berusia 64 tahun, Karang Setra Waterland masih dalam kondisi yang bagus dan terawat. Berbagai wahana air pun dapat Anda temukan di destinasi wisata ini.

Karang Setra Waterland.Karang Setra Waterland. Foto: Bima Bagaskara/detikJabar

Salah satu seluncuran air yang menjadi ikon tempat ini adalah "kolam naga". Pada wahana ini, detikers dapat merasakan berseluncur di dalam "perut naga" sepanjang 15 meter. Setelah bebas dari "perut naga", Anda akan terjun ke kolam.

Wahana yang cukup panjang, tinggi, dan meliuk-liuk ini tentu menguji adrenalin pengunjung. Namun, Anda tidak perlu khawatir tenggelam saat tercebur ke kolam lantaran kolam tersebut cukup dangkal.

Selain itu, terdapat pula wahana "ember tumpah". Pada wahana ini, detikers dapat bersabar menunggu ember tersebut penuh. Setelah penuh, Anda akan merasakan diguyur lebatnya air tersebut. Sensasi tersebut kerap dinanti-nantikan orang dewasa hingga anak-anak.

Setelah usai seru-seruan bermain seluncuran, pengunjung dapat bersantai-santai di "kolam arus". Di kolam ini, Anda cukup bersantai di atas ban sembari menyusuri kolam. Dengan adanya arus tersebut, Anda tidak perlu mendayung atau mendorong ban.

Jika membawa sang buah hati, Anda dapat mengajaknya bermain di kolam serasa pantai. Di kolam ini, terdapat banyak patung binatang yang dapat menyemburkan air dari mulutnya.

Karang Setra Waterland, kolam renang legendari di Kota Bandung.Karang Setra Waterland, kolam renang legendari di Kota Bandung. Foto: Wisma Putra

Meski tenar karena berbagai wahana yang ditawarkan, Karang Setra Waterland awalnya dibuat untuk para perenang profesional. Dengan kolam berstandar olimpiade, para perenang kerap menggunakan kolam ini sebagai tempat berlatih.

Jika tertarik, detikers dapat mengunjungi Karang Setra Waterland yang buka setiap hari pukul 08.00-16.00 WIB. Harga tiket masuk destinasi wisata ini dibanderol dengan harga Rp40.000 untuk hari kerja dan Rp45.000 untuk akhir pekan.

Karang Setra Waterland yang tersohor ini terletak di Jalan Sirnagalih No 15, Gegerkalong, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung.

(yum/yum)