5 Wisata Dekat Pusat Kota Indramayu

5 Wisata Dekat Pusat Kota Indramayu

Sudedi Rasmadi - detikJabar
Minggu, 25 Sep 2022 09:00 WIB
Taman Cimanuk Indramayu.
Taman Cimanuk Indramayu. (Foto: Sudedi Rasmadi/detikJabar)
Indramayu -

Kabupaten Indramayu ternyata memiliki tempat wisata tengah kota yang cocok untuk dikunjungi. Di Indramayu terdapat sungai Cimanuk dengan dekorasi taman dan aneka kuliner. Bahkan, di bagian pesisir terdapat hutan mangrove yang dikenal sebagai Ekowisata Karangsong.

Berikut daftar 5 wisata dekat pusat kota Indramayu yang cocok untuk berekreasi.

1. Ekowisata Hutan Mangrove Karangsong

Hutan Mangrove Karangsong, berada di sebelah utara pusat pemerintah Indramayu tepatnya pesisir Desa Karangsong, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu. Selain sebagai wisata bahari, hutan mangrove juga dikenal sebagai Ekowisata Karangsong.


Semula, hutan mangrove ini digunakan sebagai sarana untuk menahan abrasi. Namun, rindangnya pohon di area seluas sekitar 20 hektar itu diresmikan sebagai ekowisata di tahun 2015 lalu.

Selain dapat menikmati rindangnya hutan bakau atau mangrove, ekowisata ini juga merupakan kawasan konservasi untuk sarana edukasi terhadap kelestarian lingkungan. Pengunjung dapat menjumpai beragam jenis burung air dan hewan pantai. Sambil menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam di pantai hutan mangrove Karangsong.

Lokasi Hutan Mangrove Karangsong mudah dijangkau, dari pusat pemerintahan, pengunjung hanya menempuh sekitar 10 menit. Tiket masuk area ekowisata ini relatif terjangkau, hanya sekitar Rp 10.000 sampai Rp 15.000 saja.

2. Pantai Karangsong

Selain melihat alam terbuka hutan mangrove, Anda juga dapat berekreasi di Pantai Karangsong yang tak jauh dari lokasi wisata hutan mangrove.

Tempat yang satu ini juga sangat cocok untuk dikunjungi di akhir pekan bersama keluarga. Sarana fasilitas yang lengkap, memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Mulai dari tempat parkir yang luas, sarana pemandian air laut dan tempat bilas.

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati keindahan pantai yang juga dijadikan tempat bersandar kapal nelayan.

3. Taman Cimanuk

Tempat ini berada tepat di bantaran sungai Cimanuk. Lokasinya sekitar 500 meter di sebelah barat Pendopo Indramayu. Tempat dengan tulisan Taman Tjimanoek ini adalah taman cantik yang ada di hilir sungai Cimanuk.

Sekedar diketahui, Sungai Cimanuk sebagai salah satu sungai terpanjang di Jawa Barat ini memiliki nilai sejarah yang menciptakan peradaban baru. Taman Cimanuk ini pernah menjadi tempat pelabuhan besar.

Meski, bentuk pelabuhan besar ini nyaris tidak ada bekasnya. Namun, sebuah patok kayu jati di taman Cimanuk Indramayu ini menjadi saksi sejarah peradaban di kawasan perdagangan Indramayu.

Keberadaan patok kayu jati tersebut sudah ada sejak masa kejayaan Sungai Cimanuk yaitu sebagai pusat niaga pada masa penjajahan kolonial Hindia Belanda. Patok yang semula adalah tiang bendera itu dijadikan penanda bagi kapal niaga yang membawa dan mengangkut hasil bumi ke Indramayu.

Saat ini keberadaan sisa patok tersebut diabadikan di taman Cimanuk. Aneka Hiasan dan pemandangan di Taman ini sangat untuk tempat berfoto.

4. Kuliner Cimanuk (KulCim)

Tempat yang satu ini juga mudah di jangkau dari pusat pemerintahan Kabupaten Indramayu. Letaknya di sebelah Utara tugu nol kilometer.

Seperti namanya, tempat ini memiliki beragam kuliner khas Indramayu yang dapat Anda nikmati. Aneka makanan seperti camilan hingga makanan mie kemi, nasi lengko, rumbah, mie ayam, bakso dan makanan lainnya.

Harganya pun cukup terjangkau, dari sekitar Rp 3000 hingga belasan ribu rupiah.

5. Kawasan Wisata Bojongsari

Bergeser ke arah selatan atau sekitar 2 kilometer dari pusat kota Indramayu, Anda bisa menjumpai kawasan wisata Bojongsari.

Kawasan wisata Bojongsari yang terletak di Desa Bojongsari, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu ini memiliki luas sekitar 15 hektar yang terdiri dari daratan seluas sekitar 9 hektar dan situ atau danau dengan permukaan air sekitar 6 hektar.

Di kawasan ini, Anda dapat menikmati aneka fasilitas rekreasi seperti waterboom yang dilengkapi air terjun buatan, kolam anak, perahu wisata, olahraga dayung dan aneka permainan anak lainnya.

Selain itu, kawasan wisata Bojongsari juga memiliki tempat wisata edukasi yang dikenal Gedung Mutiara Bangsa. Di dalam tempat ini, terdapat pameran ilmu pengetahuan dan teknologi.

Namun, kawasan ini terlihat mandeg atau tidak ada aktivitas. Pemerintah daerah kabarnya masih melakukan upaya untuk kembali mengaktifkan tempat wisata tersebut.

(iqk/iqk)