5 Tempat Wisata di Cirebon yang Cocok untuk Hilangkan Penat

5 Tempat Wisata di Cirebon yang Cocok untuk Hilangkan Penat

Ony Syahroni - detikJabar
Sabtu, 24 Sep 2022 13:44 WIB
Kampung Sabin Cirebon.
Kampung Sabin Cirebon (Foto: Ony Syahroni/detikJabar)
Cirebon -

Cirebon merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang memiliki banyak objek wisata menarik. Bagi yang ingin berlibur di Cirebon, ada beberapa tempat di Cirebon yang cocok untuk hilangkan penat.

Beragam tempat wisata di Cirebon ini menawarkan keindahan alam yang cantik dan menarik. Anda bisa membawa keluarga untuk bersantai. Berikut adalah 5 tempat wisata di Cirebon yang cocok untuk hilangkan penat.

1. Wisata Talaga Langit

Tempat wisata ini berada di Desa Sinarrancang, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Jika dari pusat Kota Cirebon, lokasi wisata ini bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 30 menit dengan menggunakan kendaraan.


Wisata Talaga Langit Cirebon menyediakan beragam aneka wahana permainan. Salah satunya adalah kolam renang yang sangat menarik. Selain itu, di wisata Talaga Langit Cirebon juga tersedia tempat makan, spot selfie, hingga museum Santet yang difungsikan sebagai sarana edukasi.

Jika ingin berwisata di Talaga Langit Cirebon, pengunjung cukup membeli tiket seharga Rp 15 ribu per orang saat weekday. Sementara saat weekend, harga tiket masuk naik menjadi Rp 20 ribu per orang.

Sementara jika ingin berenang di kolam renang yang ada objek wisata ini, pengunjung cukup menambahkan uang sebesar Rp 10 ribu per orang.

2. Bukit Cinta Anti Galau

Masih di Desa Sinarrancang, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, di sini juga ada objek wisata yang menyuguhkan pemandangan alam yang menarik. Nama tempat wisata ini adalah Bukit Cinta Anti Galau. Di sini wisatawan bisa menikmati keindahan pemandangan danau Setu Patok dari ketinggian.

Di tempat wisata ini, pengelola juga menyediakan beberapa spot foto bagi wisatawan. Selain foto-foto, wisatawan juga bisa mencicipi kenikmatan makanan yang tersedia di Kafe Anti Galau sembari menikmati pemandangan yang ciamik.

Untuk bisa nongkrong dan berfoto-foto di Bukit Cinta Anti Galau, pengunjung cukup menyiapkan uang sebesar kurang lebih Rp 10 ribu. Sekadar diketahui, Talaga Langit dan Bukit Cinta Anti Galau merupakan dua objek wisata yang dibangun oleh Youtuber asal Cirebon, Ustaz Ujang Bustomi atau akrab disapa Kang Ujang.

3. Danau Setu Patok

Tidak jauh dari dua objek wisata sebelumnya, yakni masih di sekitar Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, ada objek wisata lain yang juga cocok untuk bersantai dan menghilangkan penat. Nama objek wisata ini adalah Danau Setu Patok.

Di sekitar danau, terdapat warung-warung kecil yang menyajikan berbagai macam makanan dan minuman. Pengunjung bisa menikmati keindahan pemandangan danau Setu Patok sambil ditemani oleh segelas kopi dan makanan ringan.

Selain cocok untuk bersantai sambil menikmati pemandangan, danau Setu Patok juga merupakan tempat yang asik untuk memancing ikan. Tidak jarang masyarakat sekitar maupun dari luar daerah yang sengaja datang hanya untuk sekedar memancing.

Jika ingin datang ke sini, pengunjung tidak perlu menyiapkan uang untuk membeli tiket. Sebab danau Setu Patok merupakan objek wisata yang bisa dikunjungi secara gratis. Pengunjung hanya cukup menyiapkan uang jika ingin membeli makanan atau minuman di warung-warung yang ada di sekitar danau.

4. Kampung Sabin

Kemudian, tempat wisata lain di Cirebon yang juga menyuguhkan keindahan alam adalah Kampung Sabin. Kampung Sabin merupakan sebuah destinasi wisata dan kuliner yang berdiri di tengah hamparan sawah.

Lokasi tempat wisata ini berada di Desa Sindangjawa, Kecamatan Dukuhpuntang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Jika dari pusat Kota Cirebon, objek wisata ini bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 40 menit dengan menggunakan kendaraan.

Saat pertama kali memasuki tempat wisata ini, pengunjung akan langsung disambut oleh suasana seperti di Ubud Bali. Di Kampung Sabin, nuansa Bali menjadi semakin kental dengan banyaknya kain bercorak hitam-putih khas Pulau Dewata.

Selain bisa swafoto dengan suasana seperti di Ubud Bali, di objek wisata Kampung Sabin pengunjung juga bisa memesan makanan dengan berbagai paket menu yang disediakan.

Jika hanya untuk sekedar bersantai sambil berfoto-foto, pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar kurang lebih Rp 30.000. Sementara jika ingin memesan makanan, minimum ordernya sebesar Rp 350 ribu.

5. Bukit Gronggong

Selanjutnya, objek wisata di Cirebon yang menyuguhkan keindahan alam adalah bukit Gronggong. Lokasi wisata ini berada di Jalan Raya Cirebon - Kuningan, tepatnya di Kecamatan Beber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Jika dari pusat Kota Cirebon, lokasi objek wisata ini hanya berjarak 11 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 30 menit.

Bagi yang hobi nongkrong sambil menikmati pemandangan, tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi. Di objek wisata ini, pengunjung bisa melihat pemandangan Kota Cirebon dari ketinggian.

Di sepanjang jalan objek wisata ini juga banyak berdiri warung-warung yang menjual jagung bakar maupun aneka makanan dan minuman lainnya.

Sama seperti danau Setu Patok, bukit Gronggong juga bisa dibilang objek wisata yang murah meriah. Pengunjung bisa datang ke lokasi ini tanpa harus membeli tiket masuk alias gratis. Pengunjung hanya cukup mengeluarkan uang jika ingin memesan makanan di warung maupun untuk membayar parkir.

(iqk/iqk)