Situs Gunung Padang Jadi 50 Desa Wisata Terbaik di Indonesia

Ikbal Selamet - detikJabar
Jumat, 23 Sep 2022 01:01 WIB
Situs Gunung Padang Cianjur
Situs Gunung Padang Cianjur (Foto: Ikbal Selamet/detikJabar).
Cianjur -

Situs Megalitikum Gunung Padang di Desa Karyamukti, Cianjur berhasil menjadi 50 terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia. Dengan adanya penganugerahan tersebut, diharapkan sektor pariwisata bisa maju untuk membangkitkan perekonomian pasca pandemi.

Penganugerahan itupun diberikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno. Dia datang langsung mengunjungi Situs Megalitikum yang diperkirakan lebih tua dari piramida Mesir. Dalam kesempatan itu, dia menandatangani prasasti anugerah 50 besar desa wisata Indonesia.

Dia menyebut jika anugerah tersebut diberikan untuk meningkatkan sektor pariwisata supaya menjadi salah satu sektor yang dapat mendongkrak perekonomian.


"Pasca pandemi, kunjungan wisata ini naik 30 persen. Ini menjadi modul kebangkitan yang terbukti," kata dia saat mengunjungi Gunung Padang, Kamis (22/9/2022).

Menurutnya untuk memaksimalkan potensi desa wisata, pihaknya akan melakukan pendampingan, pembiayaan hingga pemasaran.

"Kita juga mendorong agar pariwisata ini berbasis CHSE atau Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan), dan Environment Sustainability (kelestarian lingkungan). Sehingga terbentuk pariwisata berkualitas yang berkelanjutan," kata dia.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cianjur Pratama Nugraha mengatakan dengan diperolehnya anugerah tersebut, diharapkan wisata Gunung Padang yang kini menjadi magnet wisatawan lokal hingga asing bisa lebih baik lagi.

"Kita menargetkan nantinya Situs Gunung Padang ini menjadi wisata terbaik, tidak sekadar 50 besar tapi di posisi 10 besar. Karena wisata ini potensial," ujar dia.

"Kita akan koordinasi dengan Pemorov hingga kementerian untuk menata Situs Megalitikum ini lebih baik dan nyaman bagi wisatawan," ujarnya.

(mso/mso)