3 Tempat Healing di Garut, Cocok Buat Wisatawan Jakarta

3 Tempat Healing di Garut, Cocok Buat Wisatawan Jakarta

Hakim Ghani - detikJabar
Sabtu, 17 Sep 2022 07:30 WIB
Wisata di Cipanas Garut.
Kawasan wisata Cipanas Garut (Foto: Hakim Ghani)
Garut -

Kabupaten Garut terkenal dengan tempat wisatanya yang aduhai. Tak heran jika kota berjuluk Swiss van Java ini mendapat tempat di hati para wisatawan.

Sejak zaman dahulu, Garut diketahui memiliki tempat wisata yang unggulan. Mulai dari wisata alam, hingga wisata buatan.

Semua tempat wisata di Garut biasanya kerap didatangi pelancong tiap kali akhir pekan, atau di momen liburan. Selain indah dan menenangkan, tempat wisata di Garut juga fotogenik.


Di berita ini, detikJabar akan mengulas sejumlah tempat wisata di Garut yang cocok dikunjungi para pelancong, khususnya dari ibu kota Jakarta.

Beberapa tempat ini, direkomendasikan untuk dikunjungi lantaran berbeda dengan tempat wisata di daerah lain. Ada tempat wisata yang bisa bikin healing, hingga yang bisa bikin kenyang dengan budget murah meriah.

1. Kawasan Wisata Cipanas

Tempat wisata yang satu ini merupakan yang paling legendaris di Kabupaten Garut, dan yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan di momen liburan atau akhir pekan.

Objek wisata yang berada di Kecamatan Tarogong Kaler ini merupakan kompleks kolam renang dan pemandian. Namun, yang jadi ciri khas, adalah air panas yang bersumber langsung dari Gunung Guntur.

Suasana dingin khas pedesaan berpadu dengan pemandangan asri berlatar Gunung Guntur menjadi nilai tambah yang membuat berenang di air panas Cipanas menjadi mengesankan.

Ada banyak tempat berenang yang menjadi buruan di kawasan Cipanas. Mulai dari Sabda Alam, Tirtagangga hingga Sumber Alam. Rata-rata, harga tiket masuknya dibanderol mulai dari Rp 40 ribu per orang.

Biasanya juga, tempat berenang di Cipanas menyediakan hotel dan kamar untuk menginap juga. Harganya mulai dari Rp 150 ribuan untuk kelas melati dan Rp 500 ribu untuk hotel berbintang.

Waktu yang paling tepat untuk berenang di Cipanas adalah sore menjelang malam hari. Sebab, mata hari bersinar tak terlalu terik di waktu tersebut.

Selepas berenang, jika ingin ngopi estetik, ada beberapa kafe di sekitar itu yang menyediakan menu sederhana yang enak dan tempatnya fotogenik.

Salah satunya, adalah kafe Balong yang letaknya tak jauh dari komplek objek wisata Cipanas.

Suasana alam yang asri serta udara dingin khas pegunungan menyambut wisatawan yang datang ke kafe yang tepatnya berlokasi di kawasan Cilopang, Tarogong Kaler tersebut.

Selain menu makanan yang murah meriah, pemandangan di tempat ini juga juara. Ada danau Cilopang yang bisa diarungi menggunakan perahu kayak. Juga panorama Gunung Guntur yang cocok jadi latar berpose.

2. Situ Bagendit

Sama halnya dengan Cipanas, Situ Bagendit juga merupakan salah satu tempat wisata yang legendaris dari kota dodol.

Tempat wisata ini berbentuk danau yang indah dan asri. Gemercik air dan segarnya alam Garut membuat siapa pun yang melancong ke tempat ini akan terpikat.

Sejak rampung direnovasi pertengahan 2022 ini, Situ Bagendit kini terasa makin ciamik. Banyak spot-spot baru yang bisa didatangi wisatawan.

Mulai dari dome yang megah, hingga bangunan menyerupai akar tanaman yang menjulur ke tengah danau.

Jangan pula untuk bersantai dan menikmati air kelapa yang dipetik langsung dari pohonnya di Situ Bagendit. Wisatawan juga bisa menjajal rakit bambu untuk mengarungi Situ Bagendit.

Harga tiket ke Situ Bagendit diketahui dibanderol Rp 5 ribu per orang. Lokasi Situ Bagendit ini, berada di Jalan KH Hasan Arief, Kecamatan Banyuresmi. Sekitar 20 menit ditempuh menggunakan kendaraan bermotor dari kawasan perkotaan.

3. Wisata Kuliner Ceplak

Yang satu ini adalah yang paling beda. Bukan tempat yang super estetik, tapi punya segudang kuliner tradisional yang mantap pisan.

Wisata kuliner Ceplak ini berada di pusat perkotaan Garut, atau yang biasa disebut dengan nama Pengkolan.

Hampir seratusan pedagang kaki lima berderet rapi di jalan sepanjang 100 meter. Ada beragam makanan yang dijual pedagang di Ceplak. Mulai dari makanan berat macam ayam bakar dan sate, hingga yang ringan-ringan seperti sekoteng, jus dan gorengan.

Jangan lupa juga untuk mencicipi baso aci khas Garut yang rasanya enak. Bermodal duit Rp 100 ribu, cukup untuk makan kenyang dua orang.

Tertarik untuk mencobanya? Gass yuk melancong ke Garut. Dengan modal uang ratusan ribu rupiah, rasanya cukup untuk menjajal tiga rekomendasi wisata tadi.

By the way, ada beragam cara untuk bisa sampai ke Kabupaten Garut yang terletak di selatan Jawa Barat ini. Dengan menggunakan kendaraan pribadi Garut bisa didatangi dengan jarak tempuh sekitar 4-5 jam dari Jakarta.

Namun, jika detikers hendak melancong tanpa membawa kendaraan, salah satu moda transportasi yang direkomendasikan adalah kereta api.

detikers bisa menuju Garut dari Jakarta menggunakan Kereta Api Cikuray. Kereta bertolak dari Stasiun Pasarsenen pukul 17.55 WIB dan tiba di Stasiun Garut pukul 00.53 WIB.

Perjalanan berlangsung selama sekitar 7 jam dengan harga tiket murah meriah, yakni Rp 45 ribu saja.



Simak Video "Kawasan Wisata di Garut Terpantau Sepi Pengunjung"
[Gambas:Video 20detik]
(tey/tey)