Jadwal Terbaru Penerbangan Jakarta-Pangandaran Susi Air

Aldi Nur Fadillah - detikJabar
Senin, 08 Agu 2022 09:55 WIB
Pesawat perintis Susi Air
Ilustrasi Susi Air (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)
Pangandaran -

PT Asi Pudjastuti maskapai penerbangan Susi Air telah membuka jalur penerbangan baru Jakarta-Tasikmalaya dan Jakarta-Pangandaran. Begitu pun sebaliknya.

Rute penerbangan Pangandaran-Jakarta dibuka jadwal terbaru setiap weekend. Penerbangan Susi Air Jakarta-Tasikmalaya dan Jakarta-Pangandaran berlaku sejak 26 Juli 2022.

Sebagaimana dilansir dari laman susiair.com untuk jadwal penerbangan Jakarta-Tasikmalaya dan Jakarta-Pangandaran dibuka setiap hari Senin, Rabu, Jumat, Sabtu. Berangkat Dari Tasikmalaya-Jakarta pukul 08.35 WIB dan berangkat dari Jakarta-Tasikmalaya 07.30 WIB.


Sementara rute penerbangan reguler dari Bandara Pondok Cabe Jakarta-Pangandaran Bandara Nusawiru sama setiap Senin, Rabu dan Jumat. Keberangkatan dari Jakarta pukul 07.00 WIB kedatangan di Bandara Nusawiru Pangandaran pukul 08.00 WIB pagi.

Jadwal terbaru update pada Minggu (6/8/2022) rute penerbangan Jakarta-Pangandaran dan Pangandaran-Jakarta setiap hari Sabtu atau Weekend.

Rute Pangandaran-Jakarta keberangkatan pukul 07.00 WIB, kedatangan pukul 08.00 WIB dan rute Jakarta-Pangandaran berangkat pukul 08.30 WIB kedatangan di Pangandaran pukul 09.30 WIB.

Harga Tiket Susi Air Rute Pangandaran-Jakarta dan Jakarta Pangandaran

Pangandaran (Nusawiru - Cijulang) Jakarta Pondok Cabe Rp924.000

Jakarta Pondok Cabe Pangandaran (Nusawiru - Cijulang) Rp924.000

Rute dan Tips Berwisata ke Objek Wisata Pangandaran

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran Tonton Guntari menyambut adanya penerbangan terbaru Susi Air dengan rute Jakarta-Pangandaran dan Pangandaran-Jakarta.

"Alhamdulillah pembukaan jadwalnya pada weekedays ada dan saat weekend pun ada. Sehingga bisa mempermudah akses wisatawan dari luar daerah masuk ke Pangandaran," kata Tonton saat dihubungi, Senin (8/8/2022).

Menurutnya setelah pandemi kunjungan ke objek wisata Pangandaran mengalami peningkatan, bahkan pada saat weekday pun wisatawan berdatangan.

Data yang diterima dari Disparbud Pangandaran per Juli 2022, 3.304.043 orang wisatawan masuk ke Pangandaran dari 5 objek wisata diantaranya kunjngan ke pantai Karapyak 261.947 orang, pantai Pangandaran 2.484.277, pantai Batukaras 370.227 orang, pantai Batuhiu 160.821 orang, Green Canyon 54.229 orang.

"Ada yang sehari 2 objek wisata dan ada yang 2 hari beberapa objek wisata," kata Tonton.

Apabila berwisata ke Pangandaran melalui Rute Jakarta-Pangandaran. Sesampainya di bandara Nusawiru, Cijulang, Pangandaran ada banyak pilihan pergi ke objek wisata Pangandaran.

Namun wisatawan belum bisa memesan taksi atau ojek online untuk menuju terminal Cijulang. Namun jasa ojek pangkalan tersedia untuk menuju terminal Cijulang yang jaraknya hanya 2 KM. Ongkosnya sekitar Rp 15 ribu hingga Rp 20 ribu.

Kemudian ada dua pilihan rute perjalan liburan ke objek wisata Pangandaran. Jika sesampainya di terminal Cijulang wisatawan bisa menuju pantai Batukaras yang berjarak 5,8 Km dengan jarak tempuh 15 menit memakai jasa ojek pangkalan hanya Rp30 ribu dan ke Green Canyon hanya 3,5 km dengan jarak tempuh 8 menit memakai jasa ojeg dengan mengeluarkan uang Rp 20 ribu.

Ke pantai Batukaras, Cijulang, Pangandaran bisa melakukan aktivitas berenang, surfing, main banana boat dan camping. Untuk penginapan hotel, rumah makan seafood, pondok dan homestay banyak tersedia disana.

Apabila ke Green Canyon, Desa Kertayasa, Cijulang, wisatawan bisa melakukan aktivitas menyusuri sungai Cijulang, Bodyrafting, berenang dan kulineran. Jangan khawatir fasilitas penunjang seperti penginapan dan rumah makan seafood ada disana.

Selain itu apabila ingin liburan menuju objek wisata pantai Pangandaran, sesampainya di terminal Cijulang bisa menaiki pedesaan atau bus umum jurusan Cijulang-Pangandaran dengan jarak 23 km dengan perjalanan selama 38 menit. Menggunakan jasa gojek atau ojeg pangkalan menuju pantai Pangandaran yang jaraknya 2km hanya menggocek uang Rp10 ribu.

Sebelum sampai ke pantai Pangandaran, wisatawan bisa mampir dahulu ke pantai Batuhiu di desa Ciliang, Parigi, Pangandaran turun di pertigaan Ciliang lalu belok kanan menuju Batuhiu, jarak dari jalan raya hanya 500 meter bisa ditempuh dengan jalan kaki.

Sesampainya di pantai Pangandaran ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan menuju pantai timur dan barat, cagar alam, kampung turis wisata kuliner naik Morgan Fun Fly.

Banyak tersedia hotel, penginapan, homestay, centra ATM bank, rumah makan seafood, dan pusat oleh-oleh khas Pangandaran.

(yum/yum)