Rute dan Tiket ke Pantai Santolo, Si Paling Indah di Garut Selatan

Hakim Ghani - detikJabar
Senin, 08 Agu 2022 05:00 WIB
Pantai santolo garut
Pantai santolo garut (Foto: Istimewa)
Garut -

Pantai Santolo, Garut jadi salah satu primadona untuk menghabiskan waktu berlibur. Bagi detikers yang ingin traveling ke Pantai Santolo, yuk simak rincian lokasi, rute dan harga tiketnya berikut ini!

Pantai Santolo berada di kawasan Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut. Lokasinya berada sekitar 90 kilometer dari kawasan Garut Kota, yang menjadi pusat perkotaan Kabupaten Garut.

Untuk menuju ke Pantai Santolo, bisa diakses menggunakan kendaraan bermotor. Baik roda dua, maupun roda empat. Rute terdekat yang bisa ditempuh dari kawasan perkotaan Garut, adalah dengan melalui jalur Garut Kota-Bayongbong-Cikajang-Cisompet-Cibalong-Pameungpeuk.


Ada juga beberapa alternatif jalur lainnya. Seperti seperti via Tasikmalaya lewat jalur Cipatujah-Bangbayang-Cibalong. Serta via Cianjur dan Bandung selatan melalui jalur lintas selatan Cidora-Rancabuaya-Cikelet.

Lantas, kenapa Pantai Santolo jadi buruan wisatawan tiap kali datang musim liburan? Keindahan pantai yang satu ini tidak bisa diragukan lagi. Dengan berbagai spot serta pemandangan yang indah, maka tak heran jika banyak wisatawan yang datang untuk hanya sekadar berfoto ria di Pantai Santolo.

Satu catatan yang paling penting adalah, wisatawan tidak disarankan untuk berenang terlalu jauh di Pantai Santolo. Sebab, selain memiliki ombak yang cukup besar, Pantai Santolo juga dikenal dengan cekungan dekat pantai yang dalam.

Kendati demikian, Pantai Santolo selalu mendapat tempat di hati para pengagumnya. Biasanya, wisatawan yang datang ke tempat ini berasal dari sejumlah daerah di Jawa Barat seperti Bandung hingga Bogor. Tak jarang juga wisatawan dari Jabodetabek yang melancong ke tempat ini.

Bagi detikers yang penasaran dengan pantai yang satu ini, ada baiknya untuk berlibur di akhir pekan. Karena selain disuguhkan dengan pemandangan yang indah, banyak tempat di sana yang menyediakan idangan sea food yang mantap pisan.

Harga tiketnya juga diketahui cukup terjangkau. Pemda Garut mematok tarif tiket Rp 7.500 per wisatawan yang datang ke Pantai Santolo.

(yum/yum)