Indahnya Bukit Bintang Bandung, Cek Rute dan Tarifnya di Sini!

Anindyadevi Aurellia - detikJabar
Minggu, 07 Agu 2022 07:30 WIB
Bukit Bintang Bandung
Foto: (Siti Fatimah/detikcom)
Bandung -

Bukit Bintang bisa jadi salah satu alternatif wisata yang menarik. Terletak di daerah tinggi Kampung Buntis Bongkor Cimenyan, Kabupaten Banndung, di sini detikers bisa menghirup udara segar sambil melihat pemandangan indah.

Jalan menuju Bukit Bintang memang tak mulus. Tapi spot foto dan pemandangan yang disajikan terlalu bagus untuk dilewatkan.

Memiliki luas sekitar 12 hektare pada ketinggian 1442 mdpl, objek wisata kebanggaan Bandung ini telah dibuka sejak 2014. Di sepanjang area Bukit Bintang, kamu akan dimanjakan dengan gunung yang nampak dengan megahnya berdiri. Bukit Bintang biasanya diramaikan pengunjung pada hari libur sejak pagi hari sekitar pukul 07.00-19.00 WIB.


Bukit Bintang BandungBukit Bintang Bandung Foto: (Siti Fatimah/detikcom)

Lengkap dengan hamparan hijau pada kaki perbukitan, putihnya kabut, dan curamnya jurang. Kamu perlu berhati-hati sebab mungkin akan menemukan banyak jalan yang tidak mulus, sempit, becek, dan tak beraspal. Maka, dilarang membawa bus ke sekitar jalan Bukit Bintang. Biasanya jalanan sempit seperti ini jadi pemacu adrenalin untuk para bikers.

Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke area wisata ini Rp 15.000 per orang. Sementara biaya untuk sewa tempat kemah Rp 20.000 per orang. Harga parkir di kawasan Bukit Bintang Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Spot Foto dan Aktivitas

Ada apa saja sih di Bukit Bintang? Apa yang menarik? Bukit Bintang punya daya tarik utama pada suasana dan pemandangan yang tak akan bisa kamu dapatkan di area perkotaan. Seperti:

1. Berburu Sunrise dan Sunset

Jika terbiasa bersepeda ke area Bukit Bintang pasti sudah paham bahwa pengunjung bisa selfie dengan indahnya sunrise atau matahari terbit. Biasanya, para pesepeda sudah standby di pagi hari saat langit masih gelap. Sementara, untuk para pelancong biasanya memburu keindahan sunset atau matahari terbenam.

2. Selfie dengan Latar City Lights

bukitbukit Foto: (Satya Ali Widodo/d'Traveler)


Sambil memburu matahari terbenam, jika kamu punya waktu menunggu malam lebih gelap lagi maka kamu akan dimanjakan dengan pemandangan city lights atau indahnya lampu perkotaan. Kamu bisa selfie dari atas untuk menangkap cantiknya gemerlap lampu di malam hari.

3. Berkemah

Belum jadi petualang sejati jika belum pernah merasakan berkemah di puncak bukit. Bayangkan udara yang dingin di malam hari sembari menyalakan api unggun dan memasak mie instan. Pastilah jadi kegiatan yang asyik di libur akhir pekan.

4. Selfie di Dermaga Bintang

Bukit Bintang BandungBukit Bintang Bandung Foto: (Siti Fatimah/detikcom)


Spot foto di Bukit Bintang tiada matinya. Masih ada Dermaga Bintang, salah satu yang terkenal di Bukit Bintang. Di atas dermaga, kamu bisa melihat lebih jelas lagi kota Bandung dari ketinggian. Tengoklah langit dari atas Dermaga. Sesuai namanya, Bukit Bintang mampu menyajikan langit yang bertebaran dengan bintang.

5. Selfie di Hutan Pinus

Bukit Bintang BandungBukit Bintang Bandung Foto: (Siti Fatimah/detikcom)

Bukit Bintang juga terkenal dengan hutan pinusnya yang cantik dan menyajikan pepohonan tinggi. Kamu bisa berfoto sepuasnya atau bahkan prewedding romantis di hutan pinus.

Rute Bukit Bintang

Jika kamu ingin mencoba ke Bukit Bintang dengan kendaraan pribadi maupun ojek online tidaklah rumit. Berikut ini terdapat rute dan perkiraan tarifnya:

A. Rute Menggunakan Motor atau Ojek Motor Online

Cara ini lebih praktis karena kamu akan diantar sampai tempat tujuan dan harganya tak terlalu membengkak. Rute paling mudah menuju ke Bukit Bintang dari Bandung kota ialah titik awal di Saung Angklung Udjo yang lokasinya di jalan Padasuka Atas.

Butuh menempuh jarak sekitar 8,5 kilometer ke arah utara. Kamu cukup ambil jalur ke kiri arah jalan Cimenyan, kemudian lurus terus mengikuti jalan. Hanya butuh biaya Rp 21.000, dari Saung Angklung Udjo sampai ke Bukit Bintang menggunakan ojek motor online dan dengan waktu tempuh kurang lebih 25 menit.

Sementara untuk warga Bandung Timur, bisa gunakan titik awal di Indogrosir dekat Terminal Cicaheum. Pada persimpangan Jalan PHH. Mustofa bisa ambil jalan ke kanan menuju jalan Padasuka ke Cimenyan. Setelah itu cukup lurus ikuti jalan yang mungkin akan sedikit berkelok-kelok.

Perlu diingat bahwa jalanan yang nanti akan kamu hadapi menuju ke Bukit Bintang mungkin akan banyak menemui jalanan tak beraspal dan menanjak, sehingga bisa memakan waktu lebih lama.

B. Rute Menggunakan Taksi Online

Cara ini bisa digunakan agar detikers tak perlu terlalu khawatir dengan kondisi jalan atau cuaca. Sehingga kamu bisa duduk tenang sampai lokasi tujuan. Rutenya pun masih sama, paling mudah menuju ke Bukit Bintang ialah dari Saung Angklung Udjo di jalan Padasuka Atas. Kamu cukup ambil jalur ke kiri arah jalan Cimenyan, kemudian lurus terus mengikuti jalan.

Butuh biaya sekitar Rp 48.000, dari Saung Angklung Udjo sampai ke Bukit Bintang menggunakan angkutan mobil dan dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit. Perlu diingat bahwa jalanan yang nanti akan kamu hadapi menuju ke Bukit Bintang mungkin akan banyak menemui jalanan tak beraspal dan menanjak, sehingga bisa memakan waktu lebih lama.

Sementara untuk warga Bandung Barat daerah Lembang dan sekitarnya, bisa gunakan titik awal di Indomaret Cibodas di kiri jalan. Ikuti jalan Cibodas-Bukit Tunggul yang berkelok menuju jalan Batu Lonceng Kulon. Saat melihat pertigaan Lembah Bintang, bisa ambil jalur ke kiri akan langsung nampak Bukit Bintang.

Wisata Lain yang Dekat Bukit Bintang

Wisata ke Bukit Bintang boleh juga mampir ke beberapa destinasi lainnya yang dekat. Di antaranya:

1. Bukit Moko

Hanya berjarak sekitar 200 meter dari Bukit Bintang, kamu bisa berpindah ke Bukit Moko untuk hiking, riding, atau camping. Seru!

2. Kuliner Sepanjang Jalan Cagak

Menghadapi udara dingin Bukit Bintang, kamu bisa ngeteh cantik di cafe dan warung sepanjang jalan Cagak. Ada berbagai kuliner juga seperti roti bakar, mie instan, dan masih banyak lagi.

3. Gardu Pandang Tebing Keraton

Tebing Keraton dengan panorama Gunung Tangkuban Perahu di kejauhanTebing Keraton dengan panorama Gunung Tangkuban Perahu di kejauhan Foto: detik


Meskipun harus menempuh jalan berkelok untuk menuju ke Gardu Pandang, tapi pemandangan disini tak kalah menarik untuk nampang di sosial media. Namun, kamu perlu hati-hati dan baiknya gunakan sepatu. Sebab jika di cuaca hujan atau tanah basah, mungkin akan sulit menempuh jalan ke Gardu Pandang karena licin.



Simak Video "Bukit Bintang, Cekrak-cekrek Berfoto Ria di Pusat Perbelanjaan, Malaysia"
[Gambas:Video 20detik]
(aau/aau)