7 Pantai di Jabar yang Asyik dan Cocok untuk Healing

Cornelis Jonathan Sopamena - detikJabar
Minggu, 07 Agu 2022 06:30 WIB
sunset Pantai Ujunggenteng, Sukabumi
Pantai Ujung Genteng. Foto: (Syahdan Alamsyah/detikcom)
Bandung -

Saat hendak melakukan wisata alam, umumnya terdapat dua pilihan utama yaitu gunung dan pantai. Kedua pilihan itu juga memberikan sensasi berbeda, baik dari sisi pemandangan, suhu udara, maupun perlengkapan yang harus dibawa.

Menurut penelitian dari European Centre for Environment and Human Health sebagaimana dilansir dari detikHealth, sekadar berjalan santai di pinggir laut memiliki dampak yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, secara fisik dan emosional.

Selain itu, turbulensi yang diciptakan ombak ini melepaskan ion yang bermuatan ke atmosfer yang dapat memicu endorfin dan serotonin sehingga dapat meningkatkan mood. Berikut rangkuman detikJabar tentang berbagai pantai keren di area Jawa Barat yang asyik dan cocok untuk healing.


1. Pantai Ujunggenteng

Pantai yang berlokasi di Kabupaten Sukabumi ini memiliki pesona alam dan pemandangan yang sangat indah. Memiliki pasir berwarna putih, pantai ini langsung menghadap ke Samudera Hindia.

Matahari terbenam yang terlihat dari pesisir pantai pun menambah kesan romantis dari keindahan pasir putihnya. Selain itu, Anda juga dapat bermain ke penangkaran penyu. Jika beruntung, Anda dapat melihat pelepasan bayi penyu yang dibiarkan berenang ke lautan.

Lokasi: Desa Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.
Harga Tiket Masuk: Rp10.000 per orang. Motor Rp2.000, mobil Rp5.000, dan bus Rp10.000.
Penginapan Sekitar: Vila, hotel, dan rumah warga.

2. Pantai Madasari

Salah satu pantai yang berada di Pangandaran ini memiliki suasana dan keadaan yang masih asri. Pantai ini memiliki ciri khas pulau karang kecil di lautan.

Meskipun ombaknya cukup besar, pulau batu karang dapat memecah ombak tersebut. Pantai ini diberi nama Madasari oleh seorang pendatang dari suku Bugis bernama Daeng Danto. Madasari sendiri berarti makanan yang memiliki cita rasa yang enak.

Pamandangan Pantai Madasari PangandaranPamandangan Pantai Madasari Pangandaran Foto: (Faizal Amiruddin/detikcom)

Lokasi: Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran.
Harga Tiket Masuk: Pejalan kaki Rp2.500, motor Rp7.000, mobil Rp25.000, bus kecil Rp110.000, bus besar Rp160.000.
Penginapan Sekitar: Tidak ada. Namun, pengunjung diperbolehkan mendirikan tenda untuk camping.

3. Pantai Batukaras

Berjarak tidak jauh dari Pantai Madasari, Pantai Batukaras justru seringkali dipadati oleh wisatawan. Pasalnya, tempat ini terkenal sebagai salah satu tempat berselancar terbaik untuk para pemula.

Bagi pecinta adrenalin, nampaknya pantai ini dapat menjadi destinasi yang tepat. Berbagai wahana pun disediakan di lokasi wisata ini, sebut saja banana boat, sewa alat selancar, sewa ban atau pelampung, dan sewa perahu.

Pantai Batukaras.Pantai Batukaras. Foto: Aldi Nur Fadillah/detikJabar

Lokasi: Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran.
Harga Tiket Masuk: 1 orang tanpa kendaraan Rp6.000, motor Rp14.000, mobil Rp65.000, bus besar Rp310.000
Penginapan Sekitar: Hotel dan resort.