25 Objek Wisata Indonesia dengan Pemandangan Indah

Rully Desthian Pahlephi - detikJabar
Jumat, 05 Agu 2022 18:16 WIB
Turtle Point Karimunjawa
Foto: Melati Raya Sihotang/d'Traveler

Rutinitas sehari-hari bisa cukup melelahkan. Sebagian orang mungkin akan memilih cara untuk me-refresh diri di tengah rutinitasnya dengan berkunjung ke tempat wisata yang memiliki pemandangan indah. Jalan

Memang jalan-jalan bisa jadi salah satu cara terbaik untuk menyegarkan badan dan pikiran.

Melihat pemandangan alam yang indah ternyata bisa memberikan banyak manfaat bagi fisik dan mental kita lho. Kamu nggak perlu jauh-jauh ke luar negeri karena Indonesia punya begitu banyak tempat wisata dengan pemandangan indah.


Nah, buat kamu yang sedang mencari referensi objek wisata dengan pemandangan indah, berikut ini adalah daftarnya.

Pemandangan Alam yang Indah

A. Wisata Gunung

Kabupaten Probolinggo menerapkan PPKM Darurat. Sehingga semua tempat wisata termasuk Gunung Bromo ditutup.Foto: M Rofiq/detikcom

1. Gunung Bromo

Kalau kamu ke Gunung Bromo, usahakan untuk datang sebelum matahari terbit. Hal ini karena Gunung Bromo memang terkenal dengan pemandangan matahari terbit yang sangat menakjubkan.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan indah di bagian kawah Gunung Bromo. Kamu perlu mendaki sekitar 800 meter untuk bisa menikmati keindahannya.

Bukit Teletubbies dan padang savana juga jadi obyek yang begitu ikonik di mata pengunjung. Kamu bisa berfoto-foto ria di sana dengan pemandangan alam yang indah.

Puncak Gunung Rinjani Lombok dari Bukit Pergasingan Sembalun Lombok Timur, NTB.Foto: Ahmad Viqi/detik Bali

2. Gunung Rinjani

Salah satu gunung yang juga menjadi favorit masyarakat Indonesia adalah Gunung Rinjani. Gunung ini letaknya berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Gunung Rinjani menawarkan banyak objek pemandangan indah seperti padang savana yang ditumbuhi bunga edelweiss, Danau Segara Anak, hingga pemandangan sunrise.

Gunung Rinjani juga jadi salah satu pilihan favorit para pendaki gunung. Kamu butuh waktu sekitar 7-10 jam untuk mendaki gunung ini sehingga membutuhkan kondisi badan yang fit.

3. Puncak Jaya Wijaya

Jika kamu ingin melihat pemandangan yang langka di Indonesia, kamu bisa mengunjungi Puncak Jaya Wijaya. Pasalnya, gunung ini punya pemandanngan alam yang indah berupa salju.

Memang perlu perjuangan yang keras untuk mencapai puncaknya karena Puncak Jaya Wijaya merupakan gunung tertinggi di Indonesia. Namun, perjuangan itu akan terbayar ketika melihat pemandangan indah.

4. Gunung Kelimutu

Gunung ini terletak di Pulau Flores yang memang terkenal memiliki pemandangan yang begitu eksotis. Gunung Kelimutu menawarkan pemandangan alam yang indah sekali.

Di bagian puncak, ada Danau Kelimutu yang memiliki tiga warna berbeda. Kalau kamu sedang berlibur ke Pulau Flores, objek yang satu ini jangan sampai terlewat.

Kawasan Cibodas memiliki tempat berkemah seru bareng keluarga. Kamu bisa melihat pemandangan Gunung Gede-Pangrango dari area camping.Foto: Andhika Prasetia

5. Gunung Gede

Jawa Barat juga punya gunung yang menawarkan pemandangan indah. Gunung Gede selalu berhasil untuk menarik wisatawan atau pendaki karena keindahannya.

Di sana ada beberapa spot yang menjadi favorit seperti Alun-alun Surya Kencana, Telaga Biru Kandang Batu, Kandang Badak, Air Terjun, dan juga puncak Gunung Gede. Di gunung ini juga terdapat Taman Nasional lho.

6. Gunung Ijen

Bagi kamu yang ingin mendaki gunung tetapi tidak mau yang terlalu tinggi, Gunung Ijen bisa menjadi pilihan. Trekking menuju puncak Ijen terbilang lebih mudah karena ketinggiannya yang hanya 2.332 mdpl.

Gunung Ijen menawarkan pemandangan indah berupa kawah yang sulit untuk ditandingi keindahannya. Gunung Ijen juga punya pemandangan berupa api biru yang melaju begitu terang ketika dini hari.

B. Wisata Laut

Pemandangan Sunset dari Nihiwatu Resort, resort terbaik sedunia 2016 di SumbaFoto: I Gede Leo Agustina/d'Traveler

1. Pantai Nihiwatu

Pantai yang terletak di Pulau Sumba ini memang tidak bisa diragukan lagi keindahannya. Pantai ini terkenal dengan pemandangan matahari terbenam yang sangat cantik.

Pantai yang memiliki panjang 2,5 km ini memiliki pasir putih juga air laut yang terjaga kejernihannya. Cocok sekali bagi kamu yang ingin melihat pemandangan laut yang indah.

2. Pantai Ora

Maluku juga menyimpan surga dunia dengan pemandangan indah. Punya pasir putih dan air laut yang super jernih yang tentunya bisa menyegarkan mata.

Beragam keindahan biota laut juga bisa kamu nikmat dari atas perahu karena air lautnya yang sangat bersih. Saat malam datang, kamu juga bisa memandangi pemandangan bintang yang bertaburan sembari bersantai di pinggir pantai.

3. Pantai Pandawa

Pantai ini terletak di pulau yang selalu menjadi andalan dalam pariwisata Indonesia, yaitu Pulau Bali. Pantai Pandawa menjadi magnet yang berhasil menarik wisatawan karena pemandangan alam yang indah. Hamparan pasir putih bersih serta deburan ombak kecil yang tenang, membuatnya menjadi spot yang sangat pas untuk menjernihkan pikiran.

Pantai Raja Ampat tempat karantina coronaFoto: Liberius Pajo/d'traveler

4. Pantai Raja Ampat

Kalau Pantai yang satu ini sudah nggak perlu diragukan lagi keindahannya. Karena Pantai Raja Ampat sudah tersohor di kalangan wisatawan dunia.

Kalau kamu senang menyelam dan menikmati keindahan bawah laut, Raja Ampat adalah pilihan yang tepat. Daerah Raja Ampat juga punya makanan khas yang unik berupa cacing laut, ulat sagu bakar, dan papeda dengan tekstur lengketnya.

Pantai Pink di TN KomodoFoto: Shinta Angriyana/detikTravel

5. Pantai Pink

Pantai yang terletak di Pulau Komodo ini juga sangat terkenal dengan pemandangan alam yang indah. Bagaimana tidak, pantai ini punya hamparan pasir berwarna pink yang berbeda dari pantai-pantai lainnya.

Pantai ini jadi pilihan yang tepat kalau kamu mencari spot pemandangan indah dan juga unik. Selain itu, air laut di pantai ini juga sangat jernih.

6. Pantai Derawan

Pulau Kalimantan nggak mau ketinggalan untuk menjadi destinasi wisata favorit. Di Provinsi Kalimantan Timur, ada Pantai Derawan yang nggak kalah cantik dari pantai-pantai lainnya.

Pemandangan pasir putih bersih dengan air laut yang biru membuat begitu nyaman untuk dipandang mata. Snorkeling juga jadi aktivitas yang tidak boleh dilewatkan karena punya pemandangan bawah laut yang ciamik.

C. Wisata Pulau

Keindahan Bawah Laut Pulau PahawangFoto: dok. detik

1. Pulau Pahawang

Pulau ini terletak di daerah Lampung dan menjadi salah satu spot wisata yang wajib untuk kamu kunjungi. Pulau Pahawang punya spot snorkeling cantik yang menawarkan pemandangan bawah laut yang indah.

Selain pemandangan ekosistem bawah laut yang mengagumkan, pulau ini juga menawarkan hamparan pasir putih yang membentang luas dan laut juga biru bersih. Pokoknya, Pulau Pahawang ini cocok banget deh buat liburan.

2. Kepulauan Karimunjawa

Dengan luas daratan dan perairan yang membentang seluas 111.500 hektare, Kepulauan Karimunjawa menawarkan pengalaman berlibur dengan pemandangan pulau yang indah. Tak hanya menawarkan pemandangan pasir putih yang enak dipandang mata, tempat ini juga menawarkan wisata berjalan-jalan di tengah hutan bakau sambil menikmati keanekaragaman fauna.

3. Pulau Saumlaki

Pulau yang terletak di wilayah Maluku ini berhasil menarik perhatian wisatawan mancanegara, lho. Sebut saja wisatawan mancanegara dari Australia, Timor Leste, hingga Amerika Serikat sering mengunjungi pulau ini untuk menikmati pemandangan alam yang indah.

Pulau Saumlaki menawarkan keindahan berupa wisata pantai berpasir putih dengan lautan yang biru. Pantai Sembunyi menjadi salah satu tujuan favorit di Pulau ini.

4. Pulau Mentawai

Kalau kamu sedang mengunjungi Sumatra Barat maka kamu tidak boleh melewatkan wisata di Pulau Mentawai. Pulau ini cocok bagi kamu yang ingin menjelajahi wisata bahari.

Pulau Mentawai terkenal dengan deburan ombaknya yang menjadi favorit para peselancar dari seluruh dunia. Jangan lupa juga untuk menyantap hidangan ikan kerapu yang sangat terkenal dari Pulau Mentawai.

5. Pulau Weh

Pulau ini terletak di ujung barat Indonesia karena terletak di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Pulau ini terkenal dengan Tugu Titik Nol Kilometer.

Selain itu, pulau ini juga menawarkan keindahan pantai yang eksotis. Pantai Teupin Layeu dan Pantai Teupin Sirkui menawarkan keindahan pasir putih dan terumbu karang yang menawan.

Tur ke Nusa PenidaFoto: Syanti/detikcom

6. Nusa Penida

Tak jauh dari Pulau Bali, ada Nusa Penida yang juga menawarkan pemandangan alam indah. Nusa Penida sudah cukup terkenal di telinga wisatawan lokal maupun asing.

Nusa Penida akan menyuguhkan pemandangan pantai yang cantik dan destinasi selam favorit. Beberapa wisata selam yang cukup terkenal adalah Batu Meling, Malibu Point, dan Crystal Bay.

Pulau Rinca, TN KomodoFoto: Dadan Kuswaraharja

7. Pulau Komodo

Kalau pulau yang satu ini pasti kamu sudah mengetahuinya. Pasalnya, pulau ini pernah dinobatkan sebagai salah satu keajaiban dunia kategori alam.

Pulau Komodo merupakan pulau yang unik karena menjadi habitat reptil purba endemik komodo. Selain itu, Pulau Komodo juga menawarkan pemandangan alam yang indah.

D. Wisata Pedesaan

Wisata Cafe Sawah Pujon KidulFoto: Muhammad Aminudin/detikTravel

1. Desa Pujon Kidul

Desa wisata ini terletak di Kecamatan Pujon, sekitar 30 meter dari pusat kota Malang. Lokasi ada di dataran tinggi sehingga memiliki lingkungan yang sejuk dan asri.

Mengutip situs Kemenparekraf, Desa Pujon Kidul mengandalkan kelestarian alam sebagai konsep sustainable tourism yang ditawarkan kepada para wisatawan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Pentingsari, Sleman, Yogyakarta. Sandiaga Uno sempat menjajal offroad.Foto: dok. Kemenparekraf

2. Desa Pentingsari

Fakta menarik dari desa yang satu ini adalah mereka masuk dalam 100 besar kategori destinasi berkelanjutan verso Gren Destinations Day (GGDD).

Desa ini mengusung konsep sustainable tourism. Salah satu magnet dari desa ini adalah keseharian masyarakatnya seperti membajak sawah, menanam padi, hingga menangkap ikan.

3. Desa Ponggok

Destinasi favorit wisatawan di Desa Poggok adalh Umbul Ponggok. Di sana, wisatawan bisa snorkeling, berenang, latihan hingga foto selfie di bawah air.

Umbul Ponggok juga memiliki empat sumber mata air yang begitu menarik untuk dikunjungi. Keempat mata air itu adalah Umbul Besuki, Umbul Sigedang, Umbul Kapilaler, dan Umbul Cokro.

4. Desa Penglipuran

Desa ini juga masuk ke dalam 100 besar destinasi wisata berkelanjutan bersi GGDD. Bahkan yang lebih menakjubkan lagi, desa ini dinobatkan sebagai desa terbersih di dunia. Kesadaran untuk menjaga lingkungan sudah menjadi kebiasaan yang diajarkan semenjak kecil. Kamu bisa menikmati pemandangan indah yang bersih dan juga asri.

5. Kampung Blekok

Kampung ini terpilih sebagai finalis Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Selain menjadi rumah bagi penghuni penduduk, desa ini juga menjadi rumah bagi berbagai jenis tanaman mangrove dan ribuan burung. Kampung Blekok akan menawarkan kepada wisatawan berupa pemandangan indah tanaman mangrove dan ribuan burung yang terbang di langit Kampung Blekok.

6. Desa Umbulharjo

Desa wisata ini menawarkan pemandangan menarik berupa budidaya ikan nila. Selain bermanfaat bagi datangnya wisatawan, budidaya nila juga memberikan manfaat besar bagi ketahanan pangan desa tersebut.

Nah, itu dia 25 objek wisata di Indonesia yang memiliki pemandangan indah. Kita memiliki banyak banyak sekali tempat, yang dikaruniai pemandangan alam yang indah. Ayo jelajahi Indonesia dan dukung kemajuan Industri pariwisata di Indonesia!



Simak Video "Ada Terduga Teroris, Standar Masuk MUI Dipertanyakan"
[Gambas:Video 20detik]
(khq/fds)