5 Wisata Pemandian Air Panas di Bandung, Cocok untuk Refreshing

Anindyadevi Aurellia - detikJabar
Selasa, 12 Jul 2022 11:15 WIB
curug cipanas di bandung barat
Ilustrasi pemandian air panas di Bandung (Foto: (ariefrizky1982/d'Traveler)
Bandung -

Bandung terkenal dengan udara sejuknya, apalagi di daerah yang tinggi seperti Dago Pakar atau Lembang. Jika berwisata disini, akan jauh lebih segar jika main ke pemandian air panas. Dijamin, mandi air panas akan membuat pikiran jadi lebih tenang. Berikut ini ada lima rekomendasi wisata pemandian air panas di Bandung, cocok untuk berwisata bersama keluarga.

1. Pemandian Air Panas Nagrak Parongpong

Lokasinya ada di Sukajaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Di pemandian air panas ini, pengunjung dapat menikmati wisata air panas yang mengalir dari Gunung Tangkuban Parahu ke kolam alami. Kolam pemandian air panas ini tak terlalu dalam, meskipun begitu saat kamu membawa si kecil pastikan tetap dalam pengawasan ya. Nagrak jadi tempat yang cocok untuk kamu berendam dengan suasana tenang dan melihat keindahan alamnya. Karena pemandian ini dilengkapi air terjun mini yang merupakan sumber air panas alami. Beberapa fasilitas dasar sudah tersedia seperti kamar mandi, mushola, dan beberapa warung makan untuk beristirahat. Jika tertarik berkunjung tempat ini buka pukul 08:00-18:00 WIB dengan harga tiket masuk (HTM) Rp 20.000.


2. Pemandian Air Panas Ciwalini

Beralamat di Jl. Raya Ciwidey-Patengan, Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung, Ada beberapa kolam air hangat yang bersumber dari mata air. Ciwalini menjadi salah satu pemandian air panas tertua di Ciwidey. Fasilitas yang disediakan pun cukup beragam, salah satunya kendaraan ATV. Kamu bisa berkeliling di sekitar area pemandian dengan kendaraan ATV 90 cc dengan harga sewa Rp 50.000-100.000. Pemandian ini juga menyediakan gazebo yang dapat disewa untuk keperluan rombongan. Harga sewa gazebo tersebut adalah Rp 300.000 untuk hari libur. Ada pula ruang keluarga pribadi seharga Rp 150.000. HTM Rp 30.000 buka pukul 09.00-18.00 WIB.

3. Pemandian Air Panas Maribaya

Pemandian air panas Maribaya berlokasi di Kampung Cikondang, Lamajang, Pangalengan, Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat. Kawasan wisata Maribaya dikenal sebagai tempat wisata keluarga untuk healing. Terdapat kolam air panas yang bisa membuatmu merasa hangat, dengan berkunjung ke Maribaya Natural Hot Spring Resort. Fasilitas lain yang bisa kamu coba saat berada di resort adalah Glamping, Skybridge, Hobbit Houses, Animal Feeding, Children Playground, hingga beberapa kolam. HTM mulai dari Rp 90.000/orang, buka setiap hari pukul 08.00-18.00 WIB. Alamatnya ada di Jl. Maribaya No.105 / 212, Langensari, Lembang, Bandung Barat.

4. Pemandian Air Panas Cibolang

Lokasi Pemandian Air Panas ini ada di daerah Wanasuka, Pangalengan, Bandung. Cibolang menawarkan suasana alam khas pegunungan dengan pemandangan alam yang indah, berudara segar, bersih dan sejuk. Cocok untuk kamu sekeluarga yang datang untuk menghilangkan penat dari perkotaan. Lokasi pemandian air panas cibolang pangalengan ini hampir selalu dipadati wisatawan ketika akhir pekan apalagi musim liburan. Banyak pengunjung dengan macam-macam golongan usia berkunjung ke Cibolang yang memiliki beberapa macam kolam dengan kedalaman dan fungsi yang berbeda-beda. Kunjungi pemandian air panas Cibolang pukul 10.00-18.00 WIB.

5. Curug Cipanas

Letaknya ada di Jl. Nagrak Tengah, Sukajaya, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Curug Cipanas menyajikan keindahan alam sekaligus wisata air panas dari Gunung Tangkuban Perahu ke kolam alami dengan tiga undakan. Kedalaman kolam cukup aman untuk mandi bersama si kecil. Di area curug pun disediakan beberapa saung dan tikar untuk pengunjung beristirahat setelah puas bermain air. HTM Curug Cipanas Rp 20.000, kunjungi pukul 06.00-17.00 WIB.



Simak Video "Main ke Bali? Cobain Pemandian Terpanas di Buleleng Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]
(aau/tya)