Intip Wajah Baru Situ Bagendit Garut yang Ciamik nan Instagramable

Intip Wajah Baru Situ Bagendit Garut yang Ciamik nan Instagramable

Hakim Ghani - detikJabar
Senin, 06 Jun 2022 14:14 WIB
Wajah baru objek wisata Situ Bagendit di Garut
Wajah baru objek wisata Situ Bagendit di Garut (Foto: Hakim Ghani/detikJabar)
Garut -

Usai diperbaiki hampir setahun, objek wisata Situ Bagendit di Kabupaten Garut akhirnya rampung direnovasi. Objek wisata ini berubah dari kuno menjadi ciamik dan fotogenik dengan wajah barunya.

Tempat wisata yang berada di Jalan Raya KH Hasan Arief, Kecamatan Banyuresmi ini rampung dibangun ulang belum lama ini. Bahkan, sudah diuji coba dioperasikan pada libur lebaran Idul Fitri lalu.

DetikJabar melancong ke tempat dengan luas sekitar 124 hektare tersebut, Senin (6/6/2022). Pantauan detikJabar di lokasi, tempat ini kini makin fresh. Tidak seperti sebelumnya yang terkesan kuno, kini banyak wahana baru yang tak kalah dengan tempat wisata kekinian.


Objek wisata Situ Bagendit kini terbagi ke dalam tiga bagian. Yakni Bagendit 1, Bagendit 2 dan Bagendit 3. Tempat intinya adalah Bagendit 1. Dari Bagendit 1 sampai Bagendit 3 terhubung dengan jalan yang mulus. Wisatawan bisa berputar dan mengunjungi semua tempat menggunakan kendaraan sewaan.

Wajah baru objek wisata Situ Bagendit di GarutWajah baru objek wisata Situ Bagendit di Garut Foto: Hakim Ghani/detikJabar

Pada zona Bagendit 1, yang utama itu terdapat banyak bangunan baru. Yang paling jadi favorit, adalah bangunan dome dan dermaga yang ada di tengah-tengah objek wisata.

Kedua bangunan tersebut menjorok ke tengah danau. Dome berbentuk bulat dengan penutup yang terpisah-pisah. Sedangkan dermaga berbentuk melingkar dan menjadi tempat singgah rakit atau perahu dari kayu. Masyarakat yang ingin menaiki rakit menunggu di sana.

Bangunan dermaga yang berbentuk seperti tanaman yang melingkar itu menjadi tempat favorit bagi para pengunjung. Sebab, tempatnya cocok untuk berfoto.

Situ Bagendit 1 ini yang paling banyak dikunjungi masyarakat. Maka tak heran, usai diuji coba operasinya pada libur lebaran lalu, masyarakat berbondong-bondong berkunjung ke sini, terutama saat weekend.

Dari pemantauan detikJabar di lokasi, terdapat banyak hal yang harus diperhatikan. Pertama, terkait kebersihan. Beberapa waktu lalu sempat menjadi perbincangan karena sampah sangat menumpuk di danau Bagendit. Saat ini, petugas kebersihan sudah diperbanyak namun tempat sampahnya belum sebanding dengan luas lokasi.

Yang kedua, adalah keamanan. Banyak tempat yang menjorok langsung ke tengah danau yang tidak dilengkapi pengaman atau petugas jaga. Hal tersebut menjadi berbahaya. Menurut informasi yang dihimpun, beberapa waktu lalu ada bocah yang terjatuh dari atas bangunan dan nyemplung ke danau. Beruntung berhasil diselamatkan.

Wajah baru objek wisata Situ Bagendit di GarutWajah baru objek wisata Situ Bagendit di Garut Foto: Hakim Ghani/detikJabar

"Lokasi ini jelas jauh berbeda dengan sebelumnya. Sekarang liburan ke Bagendit enggak malu lagi karena enggak kuno. Fresh, lebih banyak wahana baru dan cocok untuk ngadem. Khususnya di lokasi 2 dan 3," kata Nurul Fadhilah (23) wisatawan asal Garut.

Sedangkan untuk Bagendit 2 dan Bagendit 3, diakses melalui jalan berbeda. Jika Bagendit 1 bisa dimasuki lewat pintu utama Situ Bagendit di Jalan Raya KH Hasan Arief, Bagendit 2 dan 3 diakses melalui perkampungan warga setempat.

Wajah baru objek wisata Situ Bagendit di GarutWajah baru objek wisata Situ Bagendit di Garut Foto: Hakim Ghani/detikJabar

Situ Bagendit 2 dan 3 lebih banyak dimanfaatkan masyarakat atau wisatawan untuk ngadem menenangkan pikiran. Sebab, di dua lokasi itu, tidak terlalu ramai wisatawan yang datang dan jauh dari hingar-bingar.

Di lokasi Situ Bagendit 2 dan 3 lebih banyak saung-saung yang menghadap langsung ke danau. Biasanya pemilik tempat singgah itu juga menyediakan menu-menu khas kampung di Garut. Seperti es jeruk dan kelapa muda hingga nasi liwet.

(bbn/yum)