Lalu Lintas di Lembang Ramai, Tempat Wisata Meriah

Whisnu Pradana - detikJabar
Kamis, 26 Mei 2022 16:30 WIB
Lembang Park Zoo.
Lembang Park Zoo. (Foto: Whisnu Pradana/detikJabar)
Bandung Barat -

Wisatawan mulai memadati kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada momen libur Kenaikan Isa Almasih, Kamis (26/5/2022).

Meskipun ada peningkatan kunjungan ke kawasan Lembang, namun tak sampai membuat arus lalu lintas di ruas Jalan Raya Lembang dari arah Bandung menuju Lembang maupun sebaliknya mengalami kepadatan.

KBO Satlantas Polres Cimahi Iptu Erin Herinduansyah mengatakan pada momen libur Kenaikan Isa Al Masih ini ada peningkatan volume kendaraan di kawasan Lembang hingga 20 persen.


"Dapat kami laporkan pada hari libur Kenaikan Isa Al Masih ini ada peningkatan volume kendaraan di Lembang hingga 20 persen dari hari biasa," ujar Erin kepada wartawan.

Kendati demikian, personel Satlantas Polres Cimahi tetap mengatur arus lalu lintas di kawasan Lembang, terutama di beberapa simpul kemacetan seperti objek wisata The Great Asia Africa, Simpang Beatrix, hingga Simpang Grand Hotel.

"Kita tetap melakukan pengawasan arus lalu lintas dan keluar masuk wisatawan ke sejumlah objek wisata terutama di Farm House dan The Great Asia Africa," ucap Erin.

Saat ini pihaknya baru memberlakukan satu kali rekayasa arus lalu lintas dengan cara bertindak (CB) one way lokal sepenggal dari arah Simpang Beatrix ke Alun-alun Lembang.

"Hari ini baru sekali penarikan kendaraan, itu pun lokal dari Simpang Beatrix mengarah ke Kota Lembang. CB lainnya kami kita arahkan wisatawan melalui jalur alternatif jika ada kepadatan," tutur Erin.

Pihaknya memprediksi puncak kedatangan wisatawan ke Lembang sendiri bakal terjadi pada Sabtu dan Minggu. Mengingat libur hanya sehari meskipun berdekatan dengan libur akhir pekan.

"Hari ini sudah mulai terlihat peningkatan. Tapi untuk puncak kedatangan wisatawan diprediksi terjadi pada Sabtu-Minggu sehingga kita tetap siaga dan tidak underestimate," ungkap Erin.

Arus lalu lintas di kawasan Lembang.Arus lalu lintas di kawasan Lembang. Foto: Whisnu Pradana/detikJabar

Lembang Park Zoo Ramai

Wisatawan memadati objek wisata Lembang Park and Zoo di Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada momen libur Kenaikan Isa Al Masih, Kamis (26/5/2022). Namun ramainya wisatawan yang berkunjung ke Lembang Park and Zoo tidak sampai berimbas pada kepadatan arus lalu lintas dari arah Cimahi maupun dari arah Lembang.

Manajer Operasional Lembang Park and Zoo Iwan Susanto mengatakan pada momen libur Kenaikan Isa Almasih kenaikan kunjungan wisatawan diperkirakan mengalami peningkatan cukup signifikan.

"Untuk libur kali ini lumayan, hari ini kenaikannya mungkin sampai di 70 persen. Jadi dari semenjak Lebaran terus membaik," ungkap Iwan kepada wartawan.

Iwan mengebut puncak kedatangan wisatawan ke Lembang Park and Zoo diperkirakan akan terjadi pada Sabtu (28/5/2022). "Kalau puncak ya kemungkinan itu di hari Sabtu ya karena kan besok harpitnas, enggak libur. Jadi prediksi kita untuk hari Sabtu kunjungan akan lebih ramai," ucap Iwan.

Kendati saat ini telah dideklarasikan lepas masker di ruang terbuka, namun pihaknya tetap mengimbau wisatawan agar menerapkan protokol kesehatan di area wisata Lembang Park and Zoo. "Kalaupun sudah lepas masker kita tetap mengimbau penerapan prokes. Walaupun udara terbuka tapi antisipasi karena pengunjung itu banyak," kata Iwan.

Lembang Park and Zoo sendiri baru saja mengalami kehilangan sejumlah koleksi burung awal pekan ini dengan total kerugian mencapai Rp 250 juta. Namun insiden itu tidak mengganggu operasional objek wisata secara keseluruhan.

"Kami tetap buka, hilangnya koleksi lima burung, tidak berdampak secara umum, jadi operasional objek wisata seperti biasa, masih bisa dikunjungi," tutur Iwan.



Simak Video "Cikancung Bandung Banjir, Bikin Banyak Motor Mogok"
[Gambas:Video 20detik]
(ors/ors)