Garut Masih Dimeriahkan Wisatawan di Hari Terakhir Libur Lebaran

Hakim Ghani - detikJabar
Minggu, 08 Mei 2022 12:25 WIB
Taman Wisata Air Sabda Alam di Garut.
Taman Wisata Air Sabda Alam di Garut. (Foto: Hakim Ghani/detikJabar)
Garut -

Sejumlah kawasan objek wisata di Kabupaten Garut masih ramai pengunjung di hari terakhir libur Lebaran 2022 ini. Sejumlah wisatawan diprediksi baru akan balik kanan dari Garut malam ini.

Pantauan detikJabar, Minggu (8/5/2022) siang di sejumlah tempat wisata, terpantau situasi masih ramai. Salah satunya terjadi di objek wisata Taman Air Sabda Alam, Cipanas, Tarogong Kaler.

Meskipun tidak seperti hari-hari sebelumnya kemarin, wisatawan terpantau masih memadati kawasan ini. Pantauan detikJabar sekitar pukul 10.55 WIB, wisatawan terlihat masih memadati sejumlah wahana yang disediakan pengelola di tempat ini.


Wenny Agustiany, pengelola Sabda Alam mengatakan, kunjungan wisatawan ke Sabda Alam ramai sejak H+2 Lebaran atau pada Selasa (3/5/2022). "Alhamdulillah setelah adanya pelonggaran dari pemerintah, dengan level 1 (PPKM), kunjungan ramai," katanya.

Ada 3-4 ribu wisatawan yang berkunjung ke Sabda Alam tiap harinya sejak H+2 Lebaran lalu. Mereka berasal dari sejumlah daerah seperti Bandung Raya hingga Jabodetabek.

"Didominasi dari Bandung. Jakarta juga banyak," kata Wenny.

Sejumlah wahana jadi favorit wisatawan yang berlibur di Sabda Alam. Mulai dari kolam ombak, kolam bermain anak, kolam busa hingga wahana baru kolam arus Wave's River.

Kendati demikian, kata Wenny, pihaknya tetap memelototi protokol kesehatan yang diterapkan oleh para pengunjung. Pengunjung yang datang wajib menunjukan bukti vaksinasi minimal dosis dua.

"Karena pandemi belum berakhir. Tapi dengan berbagai wahana yang ada juga alhamdulillah bisa memecah kerumunan," pungkas Wenny.

Selain di kawasan Cipanas, wisatawan juga terpantau masih memadati sejumlah kawasan wisata terkenal di Garut seperti Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Papandayan serta pantai selatan.

Di Papandayan, wahana paling diminati para pelancong adalah hutan mati hingga pendakian. "80 persen dari kunjungan di sini adalah hiking," ucap Dedi Sitepu, pengelola TWA Papandayan.

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman sebelumnya menjelaskan, kunjungan wisatawan ke Kabupaten Garut di momen libur Lebaran kali ini mencapai lebih dari 1 juta orang.

"Pada tahun ini lebih dari satu juta pengunjung masuk ke tempat wisata di Garut. Baik tempat wisata yang dikelola pemerintah, maupun swasta. Total jumlah kunjungannya diprediksi sekian," kata Helmi kepada wartawan, Sabtu (7/52022).



Simak Video "Cikancung Bandung Banjir, Bikin Banyak Motor Mogok"
[Gambas:Video 20detik]
(ors/orb)