Rekor Anyar Olivier Giroud, Samai Thierry Henry!

Piala Dunia 2022

Rekor Anyar Olivier Giroud, Samai Thierry Henry!

Tim detikSport - detikJabar
Rabu, 23 Nov 2022 17:30 WIB
AL WAKRAH, QATAR - NOVEMBER 22: Olivier Giroud of France scores to make it 4-1 during the FIFA World Cup Qatar 2022 Group D match between France and Australia at Al Janoub Stadium on November 22, 2022 in Al Wakrah, Qatar. (Photo by Ian MacNicol/Getty Images)
Olivier Giroud cetak rekor anyar bersama Timnas Prancis. (Foto: Getty Images)
Doha -

Olivier Giroud punya rekor anyar bersama Timnas Prancis. Ia kini jadi pencetak gol terbanyak sepanjang massa Prancis!

Rekor ini diciptakan Giroud saat Prancis menggasak Australia 4-1 dalam laga Piala Dunia 2022 di Al Janoub Stadium, Al Wakrah, Qatar, Rabu (23/11/2022) dini hari WIB.

Dikutip dari detikSport, Giroud mencetak dua gol dalam laga itu. Sehingga, ia kini punya rekor anyar yang menyamai catatan Thierry Henry sebagai top skor sepanjang masa Prancis.


Pertama, eks penyerang Grenoble, Tours, Montpellier, Arsenal dan Chelsea itu melesakkan gol pada menit ke-32. Ia bisa menyelesaikan serangan yang dibangun rapi oleh Adrien Rabiot. Gol itu sekaligus membawa Prancis memimpin 2-1, usai sempat ketinggalan lebih dulu.

Gol kedua Olivier Giroud kemudian lahir di babak kedua, tepatnya di menit ke-71. Giroud, poacher yang kerap bikin gol akrobatik itu, kali ini bisa menyelesaikan crossing Kylian Mbappe dari sisi kiri lewat sundulan. Gol itu menjadi penutup pesta pasukan Didier Deschamps.

Ada catatan menarik soal dua gol Giroud untuk Prancis. Torehannya membuat Giroud kini menyamai catatan Thierry Henry sebagai pencetak gol terbanyak Prancis sepanjang masa.

Giroud dan Henry kini sama-sama mengoleksi 51 gol untuk Prancis. Kans Giroud untuk menegaskan namanya di puncak pencetak gol tertajam Prancis terbuka lebar, sebab masih akan bertanding di Piala Dunia 2022.

Tak hanya itu, Giroud bahkan lebih baik dari Henry dalam urusan merebut predikat itu. Giroud melakukannya dalam 115 caps sejak membela Prancis dalam kurun 2011 hingga saat ini.

Sedangkan Henry lebih lama dalam meraihnya. Mantan juru gedor Monaco, Juventus, Arsenal, Barcelona, dan New York Red Bulls itu mencetak 51 gol dari 123 caps, dalam kurun waktu 1997 hingga 2010.

Selanjutnya, Prancis akan melawan Denmark pada laga kedua Grup D Piala Dunia 2022, 26 November mendatang. Jika bikin gol lagi, Olivier Giroud jelas akan menjadi pencetak gol tersubur Prancis, menyalip Henry.

Artikel ini telah tayang di detikSport dengan judul Samai Henry, Giroud Kini Top Skor Sepanjang Masa Timnas Prancis

(orb/orb)