Menanti Magis Trio Pemain Persib di Laga Indonesia Vs Curacao

Oris Riswan Budiana - detikJabar
Selasa, 27 Sep 2022 16:15 WIB
Timnas Indonesia unggul 2-1 atas Kuwait dalam laga Kualifikasi Piala Asia 2023. Kemenangan Indonesia berasal dari penalti Marc Klok dan gol Rachmat Irianto.
Marc Klok saat bermain untuk Timnas Indonesia. (Foto: ANTARA FOTO/Humas PSSI/app)
Bandung -

Laga Timnas Indonesia vs Curacao bakal tersaji Selasa (27/9/2022) pukul 20.00 WIB. Ini jadi pertemuan kedua dalam FIFA Matchday bagi kedua tim.

Laga akan digelar di Stadion Pakansari, Bogor, yang merupakan markas Persikabo 1973. Ini akan menjadi laga penting untuk penentuan peringkat Indonesia di ranking FIFA.

Pencinta sepak bola Tanah Air sangat menantikan laga ini. Namun, Bobotoh, akan memberi perhatian tersendiri kepada tiga pemain Indonesia.


Mereka yang akan disorot adalah trio pemain Persib yaitu Rachmat Irianto, Marc Klok, dan Ricky Kambuaya. Namun, ketiganya kemungkinan tak akan bermain bersama.

Sebab Ricky Kambuaya sedang dalam kondisi fit. Kondisinya baru akan dilihat hingga sesaat jelang laga untuk dimainkan atau tidak dalam duel melawan Curacao tersebut.

Ketiganya merupakan pilar inti yang sulit tergantikan di skuad Timnas senior. Tak hanya di Timnas, ketiganya juga mengunci posisi inti di Persib Bandung.

Baik di Persib maupun di Timnas, ketiganya punya daya magis tersendiri. Ketiganya kerap jadi pembeda permainan tim dan membantu tim meraih kemenangan.

Saat Indonesia menghadapi Curacao pada pertemuan pertama, keduanya punya peran vital. Di lini belakang, Rachmat Irianto mampu membendung serangan lawan meski akhirnya Indonesia kebobolan dua gol.

Tapi di luar kebobolan itu, Rachmat tampil cukup konsisten di lini belakang. Ia mampu menghadang sejumlah serangan. Bahkan Irianto menciptakan satu peluang ke gawang lawan saat ada kesempatan membantu serangan.

Di lini tengah, Ricky Kambuaya dan Marc Klok mampu berkolaborasi apik. Keduanya bisa saling bahu-membahu membantu pertahanan dan menopang serangan. Bahkan satu gol berhasil dicetak Marc Klok dalam laga yang berakhir 3-2 untuk kemenangan Indonesia itu.

Namun, Ricky Kambuaya mengalami cedera dalam laga itu. Sehingga kondisinya diragukan tampil malam ini. Tapi jika kondisinya membaik dan memungkinkan, Ricky kemungkinan bakal kembali dimainkan pelatih Shin Tae-yong.

Laga melawan Curacao pun cukup penting bagi Indonesia dalam mengusung misi naik peringkat di ranking FIFA. Sebab Indonesia saat ini ada di peringkat ke-153. Sebelum menang pada pertemuan pertama, Indonesia ada di posisi ke-155.

Sementara selain Ricky Kambuaya, ada dua pemain lain yang berpotensi absen, yaitu Asnawi Mangkualam dan Dimas Drajad. Asnawi bahkan sudah dipastikan absen. Sedangkan Dimas masih harus dilihat kondisinya hingga jelang laga.

Yang paling dikhawatirkan adalah absennya Dimas Drajad yang perlahan menjelma jadi bagian penting di lini depan Indonesia. Tapi Shin Tae-yong sudah menyiapkan langkah.

Jika Dimas absen, Shin Tae-yong harus memilih di antara tiga pemain depan lainnya. Ada Muhammad Ramadhan Sanantha, Dendy Sulistyawan, dan Muhammad Rafli.

Shin Tae-yong sendiri menyoroti performa lini depan. Sebab finishing para pemain depan belum sesuai harapan. Hal itu yang sedang berusaha diperbaiki di tengah potensi absennya Dimas.

"Kami harus memperbaiki juga masalah finishing, kami akan usaha memperbaiki. Namanya sepakbola kalau bisa diperbaiki dengan baik kami bisa menang lagi," tutur Shin Tae-yong dikutip dari detikSport.

"Tapi kan sepakbola tak semudah itu. Sepakbola setiap pertandingan selesai pasti ada saja PR (pekerjaan rumah) yang harus diperbaiki," ucapnya.

(orb/orb)