Jelang Persib Vs Persija, Aksi Kudela Bertemu Ronaldo Tuai Sorotan

Bima Bagaskara - detikJabar
Selasa, 27 Sep 2022 19:00 WIB
Asisten pelatih Persib, Manuel Perez Cascallana
Asisten Pelatih Persib Manuel Perez Cascallana (Foto: Bima Bagaskara/detikJabar)
Bandung -

Laga klasik antara Persib Bandung melawan Persija Jakarta akan tersaji di pekan ke-11 Liga 1 2022. Laga ini digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (2/10/2022).

Laga bertajuk El Clasico Indonesia ini dipastikan akan menyajikan pertandingan tensi tinggi dan syarat gengsi. Selain karena rivalitas kedua klub yang telah mengakar, kehadiran pemain-pemain top di kedua tim jadi faktornya.

Di Persija, ada nama-nama pemain berkelas dunia yang kini membela Macan Kemayoran. Salah satunya Ondrej Kudela. Bek Persija ini baru saja membela Timnas Republik Ceko untuk EUFA Nations League menghadapi Portugal.


Meski tak muda lagi, Kudela yang kini berusia 35 tahun tetap mendapat kepercayaan untuk bermain dalam laga Ceko menghadapi Portugal pada Minggu (25/9/2022) kemarin.

Kudela bermain sebagai pemain pengganti di menit ke-22. Mengenakan nomor punggung 17, ia bermain menghadapi barisan penyerang Portugal, termasuk sang mega bintang Cristiano Ronaldo.

Meski Ceko kalah dengan skor 4-0, namun kehadiran Kudela yang merupakan pemain Persija di laga tersebut menarik perhatian publik sepak bola tanah air. Apalagi, dalam waktu dekat, Persija akan bertandang ke markas Persib.

Sosok Kudela yang bermain melawan Cristiano Ronaldo juga dikomentari asisten pelatih Persib, Manuel Perez Cascallana. Pria yang akrab disapa Manu ini mengatakan banyak pemain-pemain berkelas yang dimiliki Persija, termasuk Kudela.

"Ya memang mereka (Persija) punya pemain bagus, pemain belakangnya juga baru saja bertanding melawan Cristiano Ronaldo beberapa hari lalu," kata Manu saat diwawancarai wartawan di Lapangan Persib (Sidolig), Selasa (27/9/2022).

Meski begitu, asisten pelatih asal Spanyol ini juga mengungkapkan jika Persib juga memiliki pemain-pemain yang kualitasnya tak kalah bagus dibanding Persija. Yang penting bagi Manu adalah bagaimana pertandingan bisa berjalan sesuai dengan yang telah dipersiapkan sebelumnya.

"Saya tahu mereka memiliki pemain asing yang bagus, tapi kami juga sama-sama punya pemain asing yang bagus. Kami hanya berpikir bagaimana sepakbola yang kami terapkan," ujarnya.

Ia juga mengaku telah menganalisa permainan Persija melalui rekaman video. Dan di laga akhir pekan nanti, Persib sudah bisa mengantisipasi strategi yang diterpakan klub Ibu Kota itu.

"Kami juga tahu permainan Persija, kami sudah menganalisa mereka dalam dua pekan ini, kami sudah tahu bagaimana menyerang serta bertahan dari serangan mereka," ujarnya.

Minta Dukungan Bobotoh

Di laga nanti, Manu juga mengharapkan dukungan penuh dari Bobotoh. Ia berharap Bobotoh bisa memenuhi Stadion GBLA dan memberikan semangat kepada para pemain.

"Kami percaya diri untuk laga ini. Tapi yang paling penting adalah kami perlu dukungan fans pada laga ini, kami ingin stadion terisi penuh, memberi tekanan bagi tim lawan dan memberikan dukungan bagi kami. Jadi saya mohon, ini pesan untuk suporter, kami butuh kalian," tutup Manu.

(bba/yum)