Rekor Belum Terkalahkan Timnas U-20 dan Modal di Piala Asia 2023

Soccer Update

Rekor Belum Terkalahkan Timnas U-20 dan Modal di Piala Asia 2023

Tim detikSport - detikJabar
Senin, 19 Sep 2022 15:58 WIB
Timnas Indonesia U-19
Foto: Deny Prastyo Utomo/detikJatim
Jakarta -

Timnas Indonesia U-20 dipastikan lolos ke Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan. Hasil ini juga membuktikan racikan pelatih Shin Tae-yong yang berhasil meramu para pemain bahkan tak pernah kalah di ajang resmi.

Timnas U-20 di bawah asuhan pelatih asal Korea Selatan ini menjelma jadi tim 'menakutkan'. Timnas U-20 sudah melakoni delapan pertandingan bersama Shin Tae-yong. Dilansir detikSport, dari rentetan laga, Hokky Caraka cs meraih hasil positif yakni enam kemenangan dan dua hasil imbang.

Selain Vietnam, Indonesia juga mengalahkan Hong Kong dan Timor Leste di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Lima pertandingan lainnya dijalani Indonesia di Piala AFF U-20 2022 pada Juli lalu. Mereka mampu meraih tiga kemenangan dan dua hasil imbang.


Indonesia menang atas Filipina, Brunei Darussalam, dan Myanmar. Dua laga lainnya, Indonesia meraih hasil imbang atas Vietnam dan Thailand.

Timnas U-20 juga tampil produktif. Mereka mampu mencetak 29 gol. Sementara lini belakang juga kokoh dengan catatan kebobolan 5 gol dan empat clean sheet.

Di laga terakhir, Timnas U-20 mampu melaju ke ajang Piala Asia U-20 tahun depan. Hasil itu dipastikan usai Timnas Indonesia mengalahkan Vietnam dengan skor 3-2.

Jadi Kuda Hitam di Uzbekistan

Lolosnya Timnas U-20 ke ajang Piala Asia 2023 mendapat respons dari PSSI. Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyebut hasil ini jadi modal untuk ajang Piala Asia 2023. Bahkan dia sesumbar Timnas U-20 bisa jadi kuda hitam di Piala Asia 2023.

"Adik-adik dari Timnas Junior memiliki mental juara, padahal sempat tertinggal di di pertengahan babak kedua. Namun akhirnya menyamakan kedudukan lewat Ferrari dan Tasnim, meski Ferrari sebelumnya melakukan gol bunuh diri secara tidak sengaja," katanya Iwan Bule sapaannya dalam keterangan resminya.

Iwan mengatakan permainan Timnas U-20 sudah cukup baik. Dia meminta agar para pemain tetap konsisten dalam menampilkan permainan di setiap laga.

"Tinggal butuh konsistensi saja, latihan yang baik dan tentunya tangan emas Oppa Shin Tae Yong ditambah para official lainnya. Latihan taktik juga sangat dibutuhkan untuk optimalisasi lini per lini timnas," katanya.

Untuk persiapan Piala Asia 2023, Iwan mengatakan PSSI akan mengoptimalkan dan memfasilitasi segala macam kebutuhan. Termasuk proses naturalisasi yang saat ini tengah diproses.

"Proses naturalisasi akan terus berjalan sesuai permintaan pelatih Shin Tae Yong. Kami juga akan memback up terkait sports science sepak bola untuk nantinya digunakan untuk memaksimalkan potensi Garuda Muda ini," tuturnya.

"Kami akan coba atur juga bahan pakaian dari timnas kami, sepatu sepak bola, dan pola latihan apa yang sesuai untuk fisik pemain jika nanti bermain di Uzbekistan," kata dia menambahkan.



Simak Video "Akting Kocak Shin Tae-yong Bintangi Iklan Makanan Khas Korea"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/dir)