Piala AFF 2022 Kembali Gunakan Format Lama

Tim detikSport - detikJabar
Kamis, 11 Agu 2022 01:00 WIB
Trofi Piala AFF 2016 akan diperebutkan oleh timnas Indonesia dan Thailand, Sabtu (17/12/2016) mendatang. Ini dia penampakan trofi untuk raja Asia Tenggara tersebut.
Trofi Piala AFF 2016 (Foto: Rachman Haryanto)
Jakarta -

AFF mengumumkan Piala AFF 2022 akan kembali menggunakan format lama yaitu sistem kandang dan tandang.

Sebelumnya format ini sempat dihapus pada edisi 2022 saat Singapura menjadi tuan rumah.

Pada edisi kali ini akan diikuti 10 tim dibagi ke dalam dua grup. Drawing fase grup dilakukan pada 30 Agustus.


Dilansir dari detikSport dua tim teratas masing-masing grup akan melaju ke babak semifinal. Babak empat besar akan menggunakan format kandang dan tandang.

"Babak drawing akan digelar di Bangkok, Thailand, yang akan diikuti oleh Dewan AFF, member asosiasi, sponsor, dan perwakilan tim yang akan menjadi peserta turnamen," tulis keterangan resmi AFF.

"Ada sembilan negara yang akan disertakan dalam drawing yakni Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam," lanjut keterangan AFF.

Untuk 1 slot tersisa, Brunei Darussalam dan Timor Leste akan bersaing karena memiliki peringat terendah. Keduanya akan memainkan laga playoff terlebih dulu.

"Pengumuman tanggal drawing ini adalah langkah maju untuk gelaran Piala AFF. Kami percaya bahwa fans dan para peserta sangat gembira. Drawing nanti akan mengawali event sepakbola terbesar di regional ini yang bakal digelar pada akhir tahun," kata Presiden AFF Khiev Sameth.

(iqk/iqk)