Statistik Persib di Tangan Robert Alberts

Iqbal Kukuh Saokani - detikJabar
Rabu, 10 Agu 2022 14:36 WIB
Pelatih Persib Bandung Robert Alberts.
Pelatih Persib Bandung Robert Alberts. (Foto: Bima Bagaskara/detikJabar)
Bandung -

Robert Alberts mengundurkan diri dari jabatan pelatih kepala Persib Bandung. Pernyataan itu disampaikan manajemen Persib pada Rabu (10/8/2022).

"Setelah tiga musim menjalin kebersamaan, PERSIB dan Robert Alberts memutuskan untuk mengakhirinya pada hari ini, Rabu 10 Agustus 2022. Pelatih asal Belanda tersebut memutuskan mundur dari jabatannya sebagai pelatih kepala Pangeran Biru," tulis keterangan resmi klub.

Sedianya, Robert Rene Alberts ditunjuk menjadi pelatih Persib Bandung pada 3 Mei 2019 menggantikan Miljan Radovic yang dinilai gagal kala itu.


Dengan segudang pengalaman dan prestasi melatih tim asal Indonesia dan Malaysia, manajemen Persib memutuskan meminang jebolan Ajax Amsterdam tersebut.

Berdasarkan data transfermarkt, selama menangani Persib hampir 3 musim, Robert telah memimpin 86 pertandingan Persib Bandung.

Robert memiliki rekor 43 kemenangan, 25 hasil imbang dan 18 kekalahan. Artinya 50 persen pertandingan yang dilalui Robert, berakhir dengan kemenangan.

Sebetulnya prestasi Robert bersama Persib tidak buruk. Saat musim pertamanya pada kompetisi 2019/2020, Robert berhasil membuat Persib berada di peringkat pertama setelah menyapu bersih 3 pertandingan awal.

Namun karena pandemi COVID-19 kompetisi harus dihentikan.

Lalu Liga 1 kembali dimulai 2021/2022. Robert membawa Persib berada di peringkat kedua akhir kompetisi dibawah Bali United.

Tapi musim 2022/2023 menjadi akhir perjalanan Robert. Raihan buruk pada 3 pertandingan membuat Robert harus mundur dari jabatannya.

Simak Video 'Penjelasan Manajemen Persib Soal Mundurnya Robert Alberts':

[Gambas:Video 20detik]



(iqk/yum)