Soccer Update

Hubungan Frenkie de Jong dan Barcelona: Rumit!

Tim detikSport - detikJabar
Rabu, 10 Agu 2022 04:00 WIB
Frenkie de Jong of Barcelona reacts during the La Liga Santander match between FC Barcelona and Granada CF at Camp Nou on September 20, 2021 in Barcelona, Spain. (Photo by Jose Breton/Pics Action/NurPhoto via Getty Images)
Frenkie de Jong. (Foto: NurPhoto/NurPhoto via Getty Images)
Jakarta -

Polemik Frenkie de Jong dan Barcelona tak kunjung usai. Sang pemain menolak pindah ke Chelsea setelah sebelumnya dikabarkan bakal diseret ke jalur hukum.

Di Barcelona, karier De Jong naik-turun. Sempat dipuji saat direkrut tiga tahun lalu, kini gelandang asal Belanda itu justru ingin disingkirkan.

Itu karena Barcelona sedang krisis keuangan sehingga berusaha melepas De Jong. Sebab menampung De Jong cukup berat mengingat gajinya mencapai 20 juta Euro musim ini dan 25 juta Euro musim depan.


Nominal gaji sebesar itu bukan tanpa sebab. Barcelona sempat menangguhkan bayaran sang pemain di awal masa pandemi, yang harus dilunasi empat tahun setelahnya, sampai kontraknya habis di 2026.

Di satu sisi, Frenkie de Jong menginginkan haknya. Di sisi lain, Barcelona ngotot mencari cara agar bisa melepas pemain. Teranyar, Blaugrana kabarnya menyiapkan langkah hukum untuk menggugurkan kontrak sang pemain.

Blaugrana melihat adanya 'bukti tindakan kriminal pada sosok yang memberi kontrak ke De Jong' pada 2020. Ketika itu, De Jong mendapat kontrak baru saat klub masih dipimpin Josep Maria Bartomeu.

Dikutip dari detikSport, Barcelona bertekad membatalkan kontrak itu dan berharap De Jong mengikuti aturan sesuai kontrak pertamanya di tahun 2019. Jika begitu, maka Barcelona akan bisa membayar De Jong 'lebih murah' dan terhindar dari kewajiban membayar tunggakan gajinya.

Barcelona sendiri ngotot melepas De Jong, karena juga bakal berimbas pada rekrutan lainnya. LaLiga dikabarkan masih menolak Barcelona mendaftarkan Robert Lewandowski, Andreas Christensen, Franck Kessie, Raphinha, dan Jules Kounde karena keuangan klubnya belum dalam batas aman.

Namun di saat bersamaan, De Jong menolak pindah ke klub. Manchester United sudah ditolak, terbaru kabarnya Chelsea juga ditolak.

The Blues berminat pada De Jong, guna menjadi pengganti N'Golo Kante, yang masa depannya mulai abu-abu di Stamford Bridge. Kabarnya, pemilik baru Chelsea, Todd Boehly, sudah menelpon sang pemain secara langsung.

Menurut SPORT, De Jong rupanya masih belum tertarik pindah ke London. Padahal, Chelsea bersedia melunasi kewajiban Barcelona kepadanya.

Dikabarkan Chelsea belum menyerah mengejar De Jong. Kini tinggal keputusan eks pemain Ajax Amsterdam itu, mau bertahan di Barcelona atau pindah ke Inggris.

Menarik untuk menantikan akhir kisah De Jong dan Barcelona.

(orb/orb)