Yudi Guntara Kritik Gaya Main Persib Bandung

Whisnu Pradana - detikJabar
Senin, 08 Agu 2022 15:00 WIB
Skuad Persib Bandung
Persib Bandung (Foto: Liga Indonesia Baru)
Bandung -

Persib Bandung dibantai Borneo FC dalam laga lanjutan Liga 1 2022. Anak asuh Robert Rene Alberts kalah telak dengan skor 1-4 dari tim tuan rumah.

Akibat kekalahan pada laga di Stadion Segiri, Samarinda, pada Minggu (7/8/2022), kini Mark Klok cs terpuruk di papan bawah dengan 1 poin dari 3 pertandingan.

Legenda Persib Bandung, Yudi Guntara turut mengomentari hasil buruk yang menimpa tim yang pernah dia bela. Menurutnya pola permainan Persib terlalu mengandalkan permainan individu.


"Skuad Persib sebetulnya sangat mumpuni, kedalaman skuadnya sangat bagus dengan pemain berkualitas. Tetapi pelatih sepertinya tidak fokus dan tidak mengedepankan permainan teamwork," ujar Yudi saat dihubungi detikJabar, Senin (8/8/2022).

Pola permainan Persib Bandung yang mengedepankan skill pemain tanpa dibarengi kerjasama yang baik terlihat jelas dari beberapa pertandingan pra musim.

"Membangun kekompakan tim itu jauh lebih penting, saya kira itu yang menjadi permasalahan di Persib saat ini. Kita lihat di turnamen pra musim seperti Piala Presiden, pemain-pemain Persib lebih mengedepankan permainan individu," kata Yudi.

Yudi yang malang melintang berkiprah sebagai pemain bola di Indonesia, mengatakan ada resiko tersembunyi dari permainan individu yang terlalu diandalkan yakni ketahanan fisik pemain yang merosot.

"Bermain individu banyak risiko cepat lelah, akhirnya pemain rentan cedera. Terbukti waktu melawan Bhayangkara, Bali United, Persebaya akhirnya banyak pemain yang cedera mulai dari Ciro, Silva, Viktor, Beckham, sehingga awal memasuki liga tidak tampil dengan kekuatan Lengkap," ucap Yudi.

Yudi meminta pelatih dan pemain mulai berbenah mengingat kompetisi masih panjang. Ia berharap skuad Persib Bandung bisa segera bangkit.

"Saya kira semua kekurangan yang ada di Persib harus segera dibenahi, harus segera bangkit mumpung liga masih awal, jangan sampai terlena," kata Yudi.

(iqk/iqk)