Indonesia Juara Grup A Piala AFF U-16 Usai Kalahkan Vietnam

Tim detikSport - detikJabar
Minggu, 07 Agu 2022 08:28 WIB
Pemain Timnas Indonesia U-16 Muhammad Nabil Ayura (kiri) melakukan selebrasi seusai menjebol gawang Timnas Vietnam U-16  saat laga AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Depok, Sleman, D.I Yogyakarta, Sabtu (6/8/2022). Timnas Indonesia U-16 menang atas Timnas Vietnam U-16 dengan skor 2-1. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/rwa.
Timnas Indonesia U-16 Vs Vietnam (Foto: Antara Foto/Andreas Fitri Atmoko)
Sleman -

Timnas Indonesia U-16 menjadi juara grup A Piala AFF U-16 2022 setelah menang 2-1 atas Vietnam. Indonesia dipastikan lolos ke semifinal.

Dilansir dari detikSport, dalam pertandingan yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (6/8/2022), Indonesia sempat tertinggal 0-1 pada babak pertama lewat penalti pemain Vietnam Nguyen Cong Phuong.

Kecolongan di babak pertama, Indonesia tampil lebih agresif usai jeda. Hasilnya Garuda muda bisa comeback dan berbalik menang 2-1 lewat gol Arkhan Kaka Putra Purwanto dan Nabil Asyura.


Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti mengatakan babak kedua menjadi titik balik, taktik yang digunakan serta semangat para pemain membuat target Indonesia untuk meraih kemenangan akhirnya terwujud.

"Begitu turun minum, di ruang ganti saya sampaikan, bahwa kesempatan tidak datang dua kali. Ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk berjuang membela bangsa dan negara," kata Bima Sakti dalam konferensi pers usai laga.

"Tampil lebih maksimal lagi, manfaatkan peluang, dan kurangi kesalahan. Alhamdulillah kami bisa mencetak gol di awal-awal (babak kedua)," sambungnya.

Kemenangan ini membuat Indonesia keluar menjadi juara Grup A Piala AFF U-16 2022 dengan 9 poin dari tiga pertandingan sedangkan Vietnam harus puas menjadi runner up dengan 6 poin.

Selain itu Indonesia dipastikan lolos ke semifinal, dan tinggal menunggu pemenang Grup C antara Malaysia atau Myanmar.

(iqk/iqk)