Benteng Tangguh Andalan Shin Tae-yong

Tim detikSport - detikJabar
Kamis, 16 Jun 2022 08:40 WIB
Pesepak bola Timnas Indonesia Fachrudin W Aryanto tengah) dan pesepak bola Bangladesh Bishwanath Ghosh (kiri) berebut bola di udara saat laga persahabatan FIFA di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (1/6/2022). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/nz
Fachrudin Aryanto, salah satu bek andalan Shin Tae-yong. (Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Jakarta -

Pelatih Shin Tae-yong sukses membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023. Di balik kesuksesan ini, ada andil formasi tiga bek yang diandalkan STY.

Trisula pertahanan itu adalah Rizky Ridho, Elkan Baggott, Fachrudin Aryanto. Mereka tampil apik sepanjang babak Kualifikasi Piala Asia 2023.

Indonesia sendiri berhasil melaju ke puturan final Piala Asia 2023. Tim Garuda mengakhiri penantian selama 15 tahun setelah seterakhir kali melakukannya pada Piala Asia 2007.


Dikutip dari detikSport, kepastian Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 didapat usai mereka mengalahkan Nepal 7-0 di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Rabu (15/6/2022) dini hari WIB. Gelontoran tujuh gol tim Merah Putih lahir dari Dimas Drajad, Fachruddin Aryanto, Saddil Ramdani, Elkan Baggott, Marselino Ferdinan, dan brace Witan Sulaeman.

Indonesia lolos usai menjadi runner-up Grup A dengan enam angka. Pasukan Shin Tae-yong termasuk dalam lima runner-up terbaik di babak ketiga kualifikasi untuk berhak menyegel tiket ke Piala Asia 2023.

Keberhasilan Indonesia ini tak lepas dari kejelian taktik yang dikembang Shin Tae-yong. Pada ajang ini, pelatih asal Korea Selatan tersebut selalu bermain dengan pakem formasi 5-4-1 dengan tiga bek tengah dan dua wing back. Formasi ini sedikit di luar kebiasaan Shin Tae-yong lebih sering bermain dengan formasi 4-3-3 kala membesut Indonesia.

Taktik tersebut membuat Indonesia tampil sangat solid dalam bertahan dan punya transisi yang baik saat menyerang dan bertahan. Marc Klok bermain sebagai gelandang tak perlu lagi terlalu repot menutup cela yang ditinggalkan wingback yang membantu serangan seperti saat di SEA Games.

Hal itu terjadi karena tugas tersebut diemban tiga bek tengah Indonesia. Mereka adalah Fachrudin, Rizky Ridho, dan Elkan. Ketiga pemain ini selalu tampil dari menit awal di tiga laga Kualifikasi Piala Asia.

Pada laga pertama saat menang 2-1 lawan Kuwait, ketiga bek ini sempat kecolongan saat Indonesia kebobolan. Namun, setelahnya mereka bisa bermain rapat. Berjalan apik di laga perdana, Shin tak ragu untuk terus menggunakan formasi ini.

"Jadi memang pertama kali dan pertandingan pertama juga kita menggunakan 3 bek dan pemain mengikuti instruksi dengan baik" kata Shin Tae-yong saat memberikan keterangan pers usai menghadapi Kuwait.

"Dan tiga bek kita bermain baik. Lalu pada pertandingan berikutnya juga saya berharap bisa lebih baik," ujarnya menambahkan.

Meski kalah lawan Yordania 0-1, Shin tetap puas taktiknya berjalan baik di laga tersebut. Puncaknya kemudian terjadi di laga kontra Nepal.

Tiga bek tengah ini tak hanya tangguh dalam bertahan tapi juga krusial saat melakukan build-up. Dikutip dari Lapangbola.com, Rizky menjadi pemain Indonesia dengan jumlah umpan sukses terbanyak di ajang Kualifikasi Piala Asia dengan 113 umpan sukses. Disusul oleh Elkan dengan 80 umpan sukses kemudian Fachrudin yang mencatatkan 71 umpan sukses sama dengan Marc Klok.



Simak Video "Akting Kocak Shin Tae-yong Bintangi Iklan Makanan Khas Korea"
[Gambas:Video 20detik]
(ors/ors)