8 Rekomendasi Kafe dan Resto di Bandung yang Cocok untuk Keluarga

8 Rekomendasi Kafe dan Resto di Bandung yang Cocok untuk Keluarga

Anindyadevi Aurellia - detikJabar
Rabu, 25 Jan 2023 09:00 WIB
Warung Lela (Wale)
8 rekomendasi kafe dan resto ramah anak di Bandung (Foto: Anindyadevi Aurellia/detikJabar)
Bandung -

Kota Bandung terkenal dengan wisata kulinernya. Jadi jangan heran jika detikers bakal menemukan berbagai jenis kafe dan resto yang menyajikan kuliner berbeda. Namun jika berkunjung dengan keluarga atau membawa anak-anak, kadang tak semua tempat bakal nyaman dikunjungi seperti area yang kurang luas serta tak memiliki tempat duduk anak (baby chair).

Tapi jangan khawatir, berikut ini ada delapan rekomendasi kafe dan resto di Bandung yang dijamin cocok untuk keluarga. Selain karena menyuguhkan tempat yang luas, nyaman, dan pastinya punya menu andalan yang bisa memanjakan lidah dan perut!

8 Rekomendasi Kafe dan Resto Ramah Anak di Bandung

1. JurnalRisa Coffee

JurnalRisa CoffeeJurnalRisa Coffee Foto: Anindyadevi Aurellia/detikJabar

Alamat: Jl. Braga No.45, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat
Harga: Minuman Rp 10.000-35.000, Makanan (feat Martin's Pizza) Rp 25.000-48.000
Jam Operasional: Setiap Hari 09.00-21.00 WIB


Pesona Jalan Braga tak pernah mati. Destinasi favorit wisatawan ini menyuguhkan suasana jadul nan historis, lengkap dengan tempat makan yang beragam pilihan. Salah satunya ada JurnalRisa Coffee milik penyanyi, penulis, serta Youtuber supranatural, Risa Saraswati.

Pada bagian depan jendela ada tulisan dengan lampu menyala 'JurnalRisa' dan 'Marty's Pizza'. Selain menyediakan kopi dan pastry, tersedia pula makanan ala Italia seperti pizza dan spaghetti.

Kafe ini diberi lampu temaram, interior retro ala restoran Amerika, dalam fasad bangunan yang masih mempertahankan sentuhan kolonialnya. Di salah satu dinding terpampang lukisan tim Jurnalrisa. Suasananya nyaman, tempatnya tidak begitu luas, dan ada banyak pilihan tempat duduk.

Menu yang disediakan cukup beragam, untuk minuman yang paling populer ialah kopi khayalan hendrik dan coklat penenang william. Ada juga menu minuman lain yang dinamai dengan nama hantu anak-anak Belanda dalam YouTube Jurnalrisa, yakni teh kebahagiaan ivana, racikan kopi ala peter, dan susu favorit marianne. Sementara untuk makanan, ada mie dokdok, nasi goreng lada hitam, croissant beraneka rasa, dan dessert yang variatif.

Dari segi harga, JurnalRisa punya menu yang variatif dengan harga terjangkau. Es kopi khayalan hendrik contohnya, punya rasa yang segar dan kopi yang cukup nendang. Es coklat penenang william pun punya rasa coklat yang khas.

Namun memang keduanya punya ciri khas minuman yang cukup manis. Kamu bisa meminta kadar gula sesuai selera jika tak mau terlalu manis. Sama halnya dengan dessert matcha mousse-nya. Teksturnya begitu lembut di mulut, dengan rasa yang cenderung punya ciri khas dessert dominan manis.

2. Dreezel Coffee

Dreezel CoffeeDreezel Coffee Foto: Anindyadevi Aurellia/detikJabar

Alamat: Jl. Tubagus Ismail No.7, Sekeloa, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat
Harga: Minuman Rp 15.000-25.000, Makanan (Gucha Burger) Rp 18.000-59.000
Jam Operasional: Setiap Hari 10.00-22.00 WIB

Ini adalah salah satu kafe yang wajib detikers kunjungi. Begitu masuk ke area cafe, detikers akan disambut oleh suasana kafe yang luas, homey dan sejuk seperti di rumah sendiri.

Dreezel Coffee Tubagus mempertahankan fasad dan interior bangunan yang old fashioned. Selain itu, mata juga akan dimanjakan dengan bagian halaman belakang yang luas dan penuh rerumputan hijau nan terawat.

Saat memilih menu, kesan positif yang bakal didapatkan ialah dari keramahan baristanya. Barista di kafe ini akan menyambutmu seperti seorang teman, menanyakan tipe minuman yang disukai, dan bersedia untuk diajak konsultasi seputar racikan kopi.

Jika kamu penggemar kopi creamy, bisa dicicipi caramel macchiato atau cafe latte. Jika kamu fanatik dengan kopi, ada beragam manual brewing yang disajikan. Tapi kalau kamu pecinta minuman coklat, bisa menjajal ice chocolate nazly yang dijamin akan memanjakan lidahmu dengan sajian yang nyoklat banget.

Sambil menikmati minuman dan suasana klasik yang enak, kalau lapar mulai menyerang bisa ke Gucha Burger yang masih satu atap dengan Dreezel. Ada banyak varian mulai dari oem burger dengan crispy onion, hingga double clutch yang serba dobel. Dobel patty dan cheddar.

Saat menyantap hidangan, kamu bisa memilih view-nya. Ingin melihat lalu lalang kendaraan dari teras kafe sambil menghayal menjadi pemilik rumah, atau melihat suasana hijauan di halaman belakang sambil bercengkerama dengan teman-teman.

3. Sultan Agung Resto

Menu makanan di Sultan Agung RestoMenu makanan di Sultan Agung Resto Foto: Anindyadevi Aurellia/detikJabar

Alamat: Jl. Sultan Agung No.23, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat
Harga: Minuman Rp 15.000-23.000, Makanan Rp 15.000-115.000
Jam Operasional: Setiap Hari 07.00-22.00 WIB

Restoran ini baru dibuka pada akhir 2022 lalu. Dari pagi hingga malam, restoran ini tak pernah sepi. Fasad restorannya menarik perhatian dengan sentuhan warna putih dan hijau, memperlihatkan kesan restoran kelas bintang lima.

Namun siapa sangka, menunya luar biasa murah meriah. Meskipun murah, rasa yang dihidangkan bisa dibandingkan dengan restoran mewah lainnya. Masakan western seperti bitterballen dan dutch baby pancakes bisa dibilang jadi juaranya.

Camilannya yakni bitterballen, punya rasa keju yang enggak bikin enek, ditambah dengan tekstur potongan jamur di dalamnya. Sebagai penutup makanan berat, ada pancakes yang lembut dan punya rasa yang pas. Tak kemanisan atau terlalu asam dari strawberrynya. Semua lumer dengan sempurna di mulut.

Ada yang menarik pada main coursenya, yakni fuyunghai with papaya mango salad. Meski awalnya ragu, rupanya cukup sekali suapan mampu membuat takjub. Gurihnya telur berpadu dengan saus yang pas, lagi-lagi tak kemanisan atau terlalu asam dari mangganya.

Minumannya pun tak abal-abal, untuk pecinta coffee creamy, wajib coba iced caramel macchiato. Resep legendaris ini dibawakan dengan sempurna di restoran ini. Jika suka mocktail atau minuman sentuhan soda, bisa menjajal green sultan yang diracik dari mango, tropical fruit punch, dan sparkling water.

Restoran ini mampu memanjakan pengunjung dengan penampilannya, harganya, dan rasa hidangannya. Meskipun harus diakui, restoran ini selalu padat pengunjung.

Jadi, kamu harus sabar menunggu saat makanan belum kunjung datang atau saat antre waiting list. Mungkin kamu bisa berkunjung saat tidak terlalu lapar atau hindari peak season agar lebih santai dan bisa merasakan pengalaman positif.

4. Warung Lela (Wale)

Warung Lela (Wale)Warung Lela (Wale) Foto: Anindyadevi Aurellia/detikJabar

Alamat: Jl. Kupa No.6, Cigadung, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat
Harga: Minuman Rp 7.000-35.000, Makanan Rp 19.000-80.000
Jam Operasional: Setiap Hari 08.00-20.00 WIB

Mau makan ke tempat yang homey, dingin, dan Bandung banget? Wajib ke Warung Lela alias Wale. Warung legendaris ini sudah terkenal seantero Bandung, letaknya ada di daerah Dago Pakar.

Jalan menuju ke warung memang agak menanjak dan berkelok, namun masih dalam tahap wajar dan akses masih mudah untuk kendaraan bermotor. Begitu sampai, detikers akan dibuat bingung ingin mampir ke warung yang kiri atau kanan.

Wale punya dua area tempat makan yang berseberangan. Jika dari arah Bandung kota (bawah) bagian sebelah kanan itu menyatu dengan area rumah atau ruang pribadi empunya warung.

Sementara untuk warung sebelah kirinya juga masih ada beberapa ruang pribadi, namun tidak banyak. Di sini kamu justru bisa menemui sebuah pendopo yang dikelilingi tanaman hijau nan subur. Pokoknya sejuk dan nyaman banget!

Nyaman tempatnya, nyaman juga makanannya. Sajiannya sebetulnya tak terlalu variatif. Kebanyakan suguhannya yakni mie, yamin, bakso, siomay, sop, semur, dan nasi tim ayam. Semuanya memang lezat, namun ekspektasi awal mungkin akan mengira Wale menyajikan aneka pilihan lauk pauk dan nasi.

Menantang udara dingin, detikers baiknya pesan minuman panas dan makanan berkuah. Bisa coba mie ayam, rasanya manis dengan potongan ayam yang lembut.

Jika tak minat yang berkuah, cobalah yamin manis spesial yang lengkap dengan tiga butir bakso, siomay, dan baso tahu. Dua menu tadi masih terjangkau, dengan rasa yang nendang!

Setelah makan berat, tutup dengan ngemil-ngemil cantik. Detikers bisa menjajal satu porsi pisang goreng berjumlah lima buah. Sajiannya masih panas, dengan taburan gula palm dan keju parut.

Rasanya tak usah ditanya, pasti akan membuat detikers tetap semangat mengunyah meski uap panas pisang goreng bisa muncul dari mulut.

5. Braga Permai

Braga PermaiBraga Permai Foto: Anindyadevi Aurellia/detikJabar

Alamat: Jl. Braga No.58, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat
Harga: Minuman Rp 15.000-400.000, Makanan Rp 30.000-355.000
Jam Operasional: Setiap Hari 08.00-22.30 WIB

Kalau pernah mengitari jalan Braga dengan berjalan kaki, detikers pasti tak akan asing dengan restoran yang satu ini. Braga Permai ialah restoran yang telah berdiri sejak tahun 1923.

Restoran ini lahir dengan nama Maison Bogerijen dengan konsep bangunan klasik bernuansa Eropa, yang hingga kini sebagian besar konstruksi masih dipertahankan.

Lukisan dan gambar di dinding restoran mengajak pengunjung mengenang periode Bandung saat dikenal sebagai kota Paris Van Java. Dibuka pada tahun 1918 oleh L Van Bogerijen, Maison Bogerijen pertama kali terletak di sisi timur perempatan bragaweg dan oude Hospitalweg.

Tak heran jika hingga kini Braga Permai menjadi destinasi favorit karena mampu menyajikan nilai sejarah tersendiri. Namun bukan cuma soal nilai ceritanya, tapi juga makanan yang lezat.

Salah satunya ada sop buntut kuah, nasi goreng kepiting, hingga aneka sajian western dan asian food yang semuanya punya rasa jempolan. Wajib coba!

Sementara untuk minumannya sangat variatif mulai dari tea, coffee, non coffee, alcohol hingga non alcohol pun ada. Cukup pilih apa yang jadi seleramu.

6. Dusun Bambu

Alamat: Jl. Kolonel Masturi No.KM. 11, Kertawangi, Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
Harga: Makanan Rp 15.000-500.000, Minuman Rp 20.000-50.000

Jika kamu ingin berlibur ke destinasi wisata yang punya daya tarik keindahan alam, sejuk, dilengkapi penginapan dan kafe, mungkin Dusun Bambu jawabannya.

Dusun Bambu punya konsep suasana yang asri dan cocok untuk hunting foto, kamu bisa memanfaatkan smart phone untuk mengabadikan momen dengan keluarga.

Disini kamu tak akan dibuat khawatir saat harus memboyong satu keluarga besar. Terdapat empat restoran yang bisa kamu pilih sesuai selera menunya.

Kalau lelah dan tak sanggup perjalanan, bisa menginap sebab ada dua penginapan disini. Tak cukup sampai di situ, anak akan dibuat anti rewel sebab ada enam wahana bermain!

Ada pula beberapa stand seperti saung jajanan, galeri flora Indonesia yang menyediakan aneka tanaman hias, aneka souvenir bambu, walini by me, dan kopi nusantara. Sehingga kamu bisa mengajak keluarga makan di alam terbuka, si kecil bermain dan melihat danau, sambil melepas penat bekerja.

7. Sindang Reret Restaurant

Alamat:
- Jl. Cibedug No.KM 22, Cikole, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
- Jl. Surapati No.53, Sadang Serang, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat

Harga: Makanan Rp 25.000-135.000, Minuman Rp 10.000-45.000

Restoran ini bisa dibilang cukup legendaris di Bandung. Didirikan pada tahun 1973, Sindang Reret berkembang pesat dan menjadi salah satu restoran terkemuka di Jawa Barat.

Restoran Sindang Reret memiliki kekuatan pada penyajian dan interior yang kental akan budaya Sunda melalui pelayanan dan penyajian masakannya.

Dengan cita rasa kuliner Sunda yang khas, pemandangan pegunungan yang indah, suasana pedesaan, pengunjung akan merasakan sejuknya sentuhan budaya Parahyangan.

Sindang Reret Resto menghadirkan tempat makan yang besar sehingga cocok untuk keluarga, interior yang khas budaya Sunda, dan beragam jenis makanan Sunda.

8. De'Tuik Resto

Alamat: Jl. Bojong Koneng Atas Kampung Haur Manggung Cikutra, Cibeunying Kidul, Cibeunying, Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.
Harga: Makanan Rp 15.000-75.000, Minuman Rp 20.000-40.000
Jam Operasional: Setiap Hari 09.00-21.00 WIB

Siapa yang tak rindu suasana Bandung yang sejuk dan asri? Menyantap makanan Sunda ditemani kabut dan hamparan pemandangan asri selalu punya kesan sendiri.

Tentu saja Anda bisa memperoleh semua itu dengan berkunjung ke De'Tuik Resto. Terletak di daerah Bojong Koneng Atas, resto ini mampu menyuguhkan pemandangan alam berupa hamparan bukit asri dengan suhu udara yang sejuk.

Makanan Sunda yang ditawarkan pun cukup lengkap. Kamu bisa mencicipi inovasi masakan Sunda lengkap dengan fasilitasnya.

Restoran ini masih terjangkau untuk memboyong keluarga dengan tempat yang instagramable! Kalau lelah mulai melanda dan perjalanan bisa ditunda, kamu juga bisa menginap di penginapan De'Tuik.

Nah detikers, itulah tadi rekomendasi lengkap delapan kafe dan resto yang ramah keluarga di Bandung. Kamu tertarik weekend ini berkunjung ke Bandung? Apakah detikers punya rekomendasi kafe ramah keluarga lainnya?

(aau/iqk)