Unik! Ada Bakso Berbentuk Bambu Runcing di Subang

Dwiky Maulana Vellayati - detikJabar
Selasa, 31 Mei 2022 14:01 WIB
Bakso unik berbentuk Bambu Runcing di Subang.
Bakso unik berbentuk Bambu Runcing di Subang. (Foto: Dwiky Maulana Vellayati)
Subang -

Siapa yang tidak tahu dengan makanan bakso? Bakso merupakan makanan favorit masyarakat Indonesia. Kini makin banyak kreasi bakso ditemukan di berbagai daerah.

Ada yang membuat bentuk bakso bulat, ada juga yang membuat jadi lonjong, bulat gepeng, hingga ada juga yang berbentuk segitiga.

Namun, di Kampung Gardu, Desa Wanakerta, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Subang, Jawa Barat, terdapat kedai bakso yang menjual dengan bentuk berbeda dari bakso lainnya, yaitu berbentuk panjang seperti bambu runcing.


Bakso unik berbentuk Bambu Runcing di Subang.Bakso unik berbentuk Bambu Runcing di Subang. Foto: Dwiky Maulana Vellayati

Kedai bakso tersebut menampilkan bentuk seperti halnya bambu runcing yang digunakan para pahlawan kemerdekaan saat melawan penjajah.

Bagaimana tidak? Sajian bakso ini dibuat dengan bentuk panjang dan sengaja dipotong menjadi dua bagian dengan cara menyilang sehingga dalam ujung bakso ini terlihat lancip bak bambu runcing.

Pemilik kedai bakso bambu runcing, Erna Kurniasih, menceritakan, inovasi ide baru dalam berjualan bakso bentuk yang tak biasa ini muncul disaat memperingati kemerdekaan Republik Indonesia pada bulan Agustus 2021 lalu.

"Kita pas waktu buka itu waktu memperingati pas bulan Agustus, jadi keinget jaman penjajahan dulu bambu runcing gitu," ujar Erna kepada detikJabar, Sabtu (29/5/2022).

Bakso unik berbentuk Bambu Runcing di Subang.Bakso unik berbentuk Bambu Runcing di Subang. Foto: Dwiky Maulana Vellayati

Dalam pembuatan bentuk bakso tersebut, menurut Erna, ia menggunakan cetakan bambu langsung sehingga dapat menyerupai persis seperti bambu runcing itu sendiri. Panjangnya sendiri, bakso bambu runcing ini mencapai sekitar 15 cm.

"Ada cetakannya juga sih dari bambu juga, untuk isinya ada daging cincang, irisan wortel, irisan cabai, bakso bentuk kecil sama telur," katanya.

Sejauh ini, kata Erna, bakso yang dibuatnya tersebut menjadi menu favorit yang selalu dipesan oleh pelanggan. Bahkan, ia pernah mendapatkan pesanan bakso bambu runcing ini ke daerah Jawa Tengah maupun Jawa Timur.

"Allhamdulilah responsnya sangat enak banyak yang bilang, mungkin juga dari bentuknya itu unik gitu. Pernah juga ngirim ke Jawa ada pesanan," ucapnya.

Sementara itu, salah satu penggemar makanan bakso, Adi Wijaya (49) mengungkapkan, bentuk bakso seperti bambu runcing ini sangat menarik perhatian bagi dirinya.

"Ini saya pesan bakso bambu runcing, kalau untuk bentuk sangat menarik yah mungkin seperti menyerupai duplikasi bambu yah, pokoknya unik," kata Adi.

"Kalau dari rasa ini enak banget lah, artinya bakso dan dagingnya itu terasa banget di mulut teksturnya lembut, kenyalnya dapet, yang paling saya suka ini dari isinya," tuturnya.

Selain terdapat menu bakso bentuk bambu runcing ini, terdapat juga menu favorit lainnya yakni 'bakso bola santet level neraka'. Menu bakso bola santet ini cocok bagi para pecinta makanan pedas. Pasalnya, di dalam bakso bola santet diisi dengan cabai rawit merah.

Bakso unik berbentuk Bambu Runcing di Subang.Bakso unik berbentuk Bambu Runcing di Subang. Foto: Dwiky Maulana Vellayati

Seperti yang dipesan oleh penggemar bakso lainnya Yuri Agustiani yang memesan menu bakso bola santet level neraka.

"Isinya tuh banyak banget ada bakso kecilnya dua, daging, telur, yang pasti sama cabai rawit merahnya pedas banget, cocok buat yang suka makanan pedas kalau ini," kata Yuri.

Untuk harganya, pecinta makanan bakso hanya perlu merogoh kocek Rp. 25 ribu per porsi bakso bentuk bambu runcing dan menu bakso bola santet level neraka.

(tey/tya)