Kuliner Lawas Geco, Paduan Tauge dan Tauco Khas Cianjur

Ismet Selamet - detikJabar
Selasa, 01 Mar 2022 12:11 WIB
Geco, Tauge Tauco Khas Cianjur
Geco, Tauge Tauco Khas Cianjur (Foto: Ismet Selamet)
Cianjur -

Banyak orang mungkin sudah mengenal kuliner toge goreng khas Bogor. Namun tidak banyak yang tahu jika di Kabupaten Cianjur juga ada makanan legendaris yang serupa namun tak sama. Nama makanan khas Cianjur ini ialah Geco, olahan makanan yang memadukan toge rebus dan kuah tauco ini.

Nama Geco ini diambil dari bahan dasar utamanya yakni taoge atau toge dan tauco.

Iding Jaenudin (60), menjadi salah satu dari beberapa penjual Geco yang masih bertahan hingga sekarang. Gerobak biru di depan salah satu toko di dekat Masjid Agung Cianjur pun tak pernah sepi pembeli.


Iding mengatakan jika makanan khas Cianjur ini begitu populer di tahun 1960 hingga tahun 1990-an.

"Geco ini sudah ada sejak 1947, tapi mulai populer pada 1960. Dari orangtua hingga anak-anak, jajannya Geco. Sekilas Geco ini mirip dengan toge goreng, tapi bumbu tauco yang membedakannya. Rasa unik dari tauco itu yang membuat Geco ini digemari," ujar Iding.

Ia menjelaskan untuk menyajikan makanan ini, mula-mula bahan utama yakni toge direbus selama sekitar 5 menit di atas wajah khusus berisi sedikit air. Setelah matang, toge pun diangkat dan disimpan di atas daun pisang yang menjadi pengganti piring atau mangkuk.

Selain itu irisan ketupat, tahu, dan tempe pun kemudian disusun di atasnya. Sebagai pelenggkap dan juga yang menjadi pembeda dengan toge goreng, mie aci atau yang juga dikenal mie golosor pun ditambahkan.

Tak ketinggilan dan yang paling penting, kuah tauco yang sudah diracik dengan bumbu dan rempah lainnya disirimkan diatasnya dengan ditambahkan sedikit cuka aren.

Rasa manis, asam, gurih menjadi perpaduan yang sempurna. Membuat lidah begitu dimanjakan. Dan bagi penyuka pedas, bisa ditambahkan sambal cabai merah.

(tey/tey)