Bubur Ayam PR, Kuliner Legendaris Bandung yang Disambangi Anies-RK

Bima Bagaskara - detikJabar
Sabtu, 26 Feb 2022 07:39 WIB
Bubur Ayam PR, Penjual bubur ayam yang didatangi Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Jalan Asia-Afrika ternyata bubur ayam legend di Kota Bandung
Bubur Ayam PR saat sedang disajikan (Foto: Bima Bagaskara/detikcom)
Bandung -

Penjual bubur ayam yang didatangi Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Jalan Asia-Afrika ternyata kuliner legendaris di Kota Bandung

Bubur ayam ini diketahui sudah ada sejak tahun 1980-an silam. Sejak awal ada, bubur ayam selalu mangkal di sekitaran Jalan Asia-Afrika.

"Legend dari tahun 80an, dulu masih di jalan utama Asia-Afrika jualannya. Terus tahun 2015 pindah agak ke samping ini, pas festival Konferensi Asia Afrika," kata Apud Saipudin (40) saat ditemui detikJabar, Jumat (25/2/2022) malam.


Apud sendiri sudah sejak tahun 2007 meneruskan usaha yang dirintis mertuanya itu. Ia mengaku Ridwan Kamil memang sering datang untuk menyantap bubur bernama Bubur Ayam PR itu.

"RK (Ridwan Kamil) sering ke sini, pas jadi wali kota sering, pas jadi gubernur tiga kali lah. Kalau ke sini sore atau malam. Kalau ke sini sendiri terus, baru sama Pak Anies kemarin, paling sama istrinya juga pernah," ucapnya.

Anies Baswedan dan Ridwan Kamil makan bubur bersama di kawasan Jalan Asia Afrika Bandung.Anies Baswedan dan Ridwan Kamil makan bubur bersama di kawasan Jalan Asia Afrika Bandung. Foto: Sudirman Wamad

Selain Ridwan Kamil beberapa pejabat lain, artis hingga pemain Persib Bandung juga sempat mampir untuk menyantap bubur yang dijual seharga Rp 15 ribu satu porsinya itu.

"Almarhum Mang Oded pernah ke sini, artis-artis banyak ke sini, pemain Persib juga banyak ke sini," ujarnya.

Apud juga menceritakan momen kedatangan Ridwan Kamil dan Anies Baswedan pada Kamis (24/2/2022) malam kemarin. Saat itu Ia diberi tahu oleh ajudan gubernur untuk mensterilkan lokasi.

"Kemarin tuh dikasih tau sama ajudannya kan sering Pak RK kesini. Jadi dikasih tau minta disterilin tempatnya Pak Anies sama Pak RK mau kesini, dikasih tau jam 7, ke sininya jam 9," pungkasnya.

Seperti diketahui Ridwan Kamil mengajak Anies Baswedan menyantap bubur di Jalan Asia-Afrika, Kota Bandung. Keduanya menyantap bubur usai menghadiri acara Urban-20 atau U20, sebagai rangkaian agenda G20.

"Sebelum Pak Anies pulang, saya ajak dulu ke bubur langganan waktu menjabat sebagai wali kota (Wali Kota Bandung). Malam-malam jalan kaki pasti ngebubur (makan bubur di sini)," ucap Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil itu, Kamis (24/2/2022) malam.

Bubur Ayam PR, Penjual bubur ayam yang didatangi Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Jalan Asia-Afrika ternyata bubur ayam legend di Kota BandungBubur Ayam PR, Penjual bubur ayam yang didatangi Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Jalan Asia-Afrika ternyata bubur ayam legend di Kota Bandung Foto: Bima Bagaskara/detikcom

Kang Emil pun sempat menanyakan cita rasa bubur langganannya ke Anies. "Enak," ucap Anies menjawab pertanyaan Kang Emil.

Anies mengaku satu selera dengan Kang Emil perihal cara menikmati bubur. "Kita satu tim. Tim bubur diaduk. Kecapnya diputar," kata Gubernur DKI Jakarta itu.

Usai menyantap bubur, Ridwan Kamil mengajak Anies berkeliling Jalan Asia-Afrika. Keduanya sempat foto bareng dengan para 'jurig' (hantu) Asia-Afrika.



Simak Video "Momen Anies-RK Makan Bubur Sambil Diiringi Musik oleh Ganjar"
[Gambas:Video 20detik]
(bba/yum)