Relawan Sandiaga Gelar Sertifikasi Halal Gratis-Bazar Sembako di Bandung

Relawan Sandiaga Gelar Sertifikasi Halal Gratis-Bazar Sembako di Bandung

Inkana Putri - detikJabar
Jumat, 30 Sep 2022 07:45 WIB
Relawan Sandiaga
Foto: Istimewa
Jakarta -

Ratusan masyarakat dan ratusan UMKM di Bandung menghadiri kegiatan Sertifikasi Halal dan Bazar Sembako Murah yang digelar Relawan UKM Sahabat Sandi Bandung di Kedai Kopi Salarea, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (29/9).

Ketua UKM Sahabat Sandi Bandung Dewi Trianawati menyampaikan kegiatan ini dilakukan untuk membantu para pelaku UMKM agar produk mereka naik kelas dan dipasarkan lebih luas. Hal ini juga dilakukan untuk menjamin kelayakan produk agar dapat digunakan masyarakat dengan aman.

"Sertifikasi halal untuk legalitas UMKM agar naik kelas, jadi biar produk mereka bisa masuk pasar-pasar luas seperti supermarket, bisa ekspor juga. Kita bantu mereka karena itu syarat utama untuk bisa memasarkan lebih luas lagi," kata Dewi dalam keterangan tertulis, Jumat (30/9/2022).


Dalam kesempatan tersebut, Relawan UKM Sahabat Sandi juga mengadakan bazar sembako murah untuk masyarakat sekitar. Hal ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang terdampak kenaikan harga bahan pokok.

"Kita mengadakan bazar sembako murah karena saat ini sembako sedang melambung tinggi. Kita tergerak untuk mengadakan bazar pasar murah sebagai solusi meringankan beban ekonomi mereka," papar Dewi.

Dewi mengungkapkan kegiatan bazar murah sembako mendapat respons positif dari masyarakat. Ia menyebut pihaknya akan memperbanyak kegiatan sembako murah bagi masyarakat yang belum sempat mengikuti kegiatan tersebut.

Sementara itu, salah satu pembeli sembako murah Sri Sulastri mengatakan dirinya bersyukur dengan adanya kegiatan tersebut. Sebab, ia tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk dapat memperoleh bahan pokok yang harganya melonjak saat ini.

"Sembako sekarang lagi mahal. Alhamdulillah sangat membantu disaat seperti ini, kita cuma modal Rp 50.000 udah dapet banyak, harusnya ini bisa Rp 100.000 lebih," katanya.

Sebagai informasi, program yang dijalankan Sandiaga dinilai berpengaruh kepada masyarakat. Mereka merasa program tersebut membantu masyarakat dalam hal ekonomi, lapangan pekerjaan, dan UMKM.



Simak Video "Kabar Baik! Kunjungan Wisman ke RI Meroket Hingga 40 Persen"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)