15 Aplikasi Desain Rumah Gratis di Android dan PC

15 Aplikasi Desain Rumah Gratis di Android dan PC

Aditya Mardiastuti - detikJabar
Minggu, 11 Sep 2022 06:15 WIB
Ilustrasi ruang keluarga minimalis.
Ilustrasi rumah. Foto: Unsplash

Memiliki rumah dengan desain sendiri menjadi impian banyak orang. Terlebih mendesain rumah sendiri akan memberikan kepuasan batin karena sesuai dengan keinginan.

Ada banyak aplikasi gratis yang bisa dicoba untuk membuat desain rumah. Kamu bisa mencoba aplikasi ini untuk mendekorasi penataan kamar, ruang tamu, bahkan taman sesuai yang ada di bayanganmu.

Dengan aplikasi ini kamu bisa mempunyai gambaran apakah desain itu cocok dengan rumah yang kamu miliki. Beberapa aplikasi bahkan memungkinkan kamu untuk mengambil foto dan memvisualisasikan rencana desain perubahan interior.


Apa saja aplikasi desain rumah tersebut? Simak di bawah ini ya!

15 Aplikasi Desain Rumah

Mengutip situs House Beautiful, List of Freeware, dan New Home Source, berikut aplikasi desain rumah gratis di Android:

1. SketchUp

SketchUp merupakan aplikasi ini 3D gratis terbilang lengkap. Aplikasi desain rumah ini bisa membuat kamu merasa tengah melihat rumah impian, dan membuatnya cukup fleksibel seolah-olah seperti bekerja dengan pena dan kertas.

Aplikasi gratis cocok untuk para penghobi desain, sedangkan versi pro cocok untuk tenaga profesional di bidang arsitektur, konstruksi, teknik, dan desain interior komersial. Aplikasi ini bisa membantu kamu untuk mengkonseptualisasikan aneka desain baik rumah, kamar, bahkan rumah pohon sekalipun.

2. Floorplanner

Floorplanner memungkinkanmu mendesain dan mendekorasi ruangan dalam 2D dan 3D yang bisa dilakukan secara online dan tanpa harus mengunduh aplikasi. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur lengkap dan fungsional sebagai perencana ruangan.

Aplikasi desain rumah.Tangkapan layar Aps Floorplanner di PlayStore. Foto: Intang Arifia/detik.com.

Ketika desain ruangan sudah selesai, kamu bisa mengubah tampilannya dan mendekorasi ruang dalam mode 3D. Aplikasi ini terbilang mudah digunakan dan dipahami.

3. SmartDraw

SmartDraw merupakan salah satu aplikasi desain untuk ruangan. Aplikasi ini juga mudah dipelajari dan memiliki fitur yang lengkap bagi para desainer profesional sekalipun.

Aplikasi ini juga menyediakan pilihan furnitur, mobil, bahan bangunan, dan ribuan template dan contoh denah lantai yang bisa kamu coba. SmartDraw pun memberikan kesempatan gratis selama tujuh hari pertama saja.

4. Planner 5D

Planner 5 D adalah alat desain rumah dengan tampilan yang imersif dan memungkinkan kamu merasa menjelajahi desain dengan berjalan di tengahnya. Planner 5D menyediakan template maupun pilihan untuk kamu membuat desain rumah sendiri.

Kamu bisa mendesain dalam format 2D maupun 3D. Kemudian mengisinya dengan furnitur, barang-barang dekoratif, dan lainnya.

Aplikasi desain rumah.Tangkapan layar Apk Planner 5D di Playstore. Foto: Intang Arifia/detik.com.

Aplikasi ini juga bisa digunakan di aplikasi iOS. Selain itu semua aspek desain bisa dicetak dalam format fotorealistik.

5. HomeByMe

Aplikasi HomeByMe merupakan salah satu aplikasi desain rumah yang benar-benar gratis. Cara kerjanya mereka menambahkan produk mereka ke dalam katalog, sehingga kamu bisa belanja produk yang sebenarnya untuk melengkapi dekorasi rumah.

Keuntungan lainnya kamu bisa merencanakan desain hingga akhir, dan memiliki akses ke furnitur dan dekorasi aktual yang bisa digunakan dalam dunia nyata. Seperti Planner 5D, kamu bisa beralih dari 2D ke 3D setelah menyelesaikan denah lantai dan mendesain tampilan dan dekorasi setiap ruangan.

6. Roomstyler 3D Home Planner

Aplikasi desain rumah gratis berikutnya yaitu Roomstyler. Aplikasi ini juga mudah digunakan dan memiliki video tutorial tentang aplikasi tersebut.

Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk melengkapi desain rumah dengan produk asli. Sehingga kamu bisa mewujudkan desain rumah lengkap dengan produk dekorasinya secara nyata.

7. Carpetright visualiser

Carpetright merupakan salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk memvisualisasikan desain lantai. Kamu bisa memilih karpet, vinil, kayu, atau lantai laminasi untuk desain rumah kamu.

Caranya cukup ambil foto kamar atau ruangan yang akan kamu dekor, dan unggah ke visualiser. Kamu juga bisa menyesuaikan warna dinding dan jenis lantai.

8. Houzz

Houzz merupakan salah satu aplikasi desain rumah yang populer. Aplikasi ini menawarkan koleksi lebih dari 11 juta foto, dan bisa menyimpan ide favorit untuk diingat di masa mendatang.

Selain itu, aplikasi ini juga menyertakan fitur sketsa yang memungkinkan kamu menggambar dan membubuhi keterangan foto dengan ide kamu sendiri. Fitur View In My Room juga cukup rapi.

9. Room Creator Interior Design

Room Creator Interior Design merupakan salah satu aplikasi Android gratis untuk desain interior. Untuk memulai, langkah awal kamu harus membuat tata letak rumah impianmu.

Kamu bisa menambahkan kamar, dapur, kamar mandi, ruang kantor, ruang tamu, ruang makan, dan lainnya. Setelah tata letak siap, kamu bisa menggunakan berbagai koleksi benda dan furnitur untuk mengisi ruangan.

Aplikasi desain rumah.Tampilan Apk Room Creator di PlayStore. Foto: Intang Arifia/detik.com.

Kamu cukup menarik (drag) dan meletakkan (drop) objek di mana saja kemudian mengubah ukurannya agar pas. Saat mendesain, kamu bisa beralih ke tampilan 3D untuk melihat tampilan keseluruhan. Selain itu kamu juga bisa merekam tur 3D yang berguna untuk berbagi desain dengan orang lain.

10. Renovation 3D

Renovation 3D adalah aplikasi desain interior gratis untuk Android. Aplikasi ini memudahkan kamu memetakan tata letak dan membuat replika.

Caranya kamu bisa menyeret dan menjatuhkan item pada permukaan 2D, dan nanti bisa mengubahnya ke tampilan 3D. Setelah membuat tata letak, kamu bisa pindah ke bagian desain.

Aplikasi ini memiliki banyak koleksi furnitur dan barang-barang dekoratif lainnya. Kamu bisa memilih dan menempatkan item di mana saja sesukamu, mengubah ukuran dan memutarnya dengan bebas. Semua desain di aplikasi ini memiliki tampilan fotorealistik.

11. SofaX

SofaX memiliki fitur yang mirip dengan aplikasi lain dalam hal fungsionalitas. Kamu bisa membuat tata letak tempat dan mendesainnya dengan tampilan imersif 3D.

Aplikasi desain rumah.Tangkapan layar Apk Sofax di Playstore. Foto: Intang Arifia/detik.com.

Semua perabot dan dekorasi yang kamu temukan di aplikasi ini bisa dipesan. Sehingga kamu bisa mewujudkan interior dan dekorasi produk sesuai dengan desain yang kamu rancang.

12. Aplikasi 3D Small House Design

Aplikasi ini cocok bagi kamu penggemar desain rumah minimalis. Penggunaan aplikasi ini terbilang mudah, hanya saja tidak memiliki banyak fitur.

13. Home Design 3D: My Dream Home

Aplikasi desain rumah gratis ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur komplet. Selain rumah, kamu juga bisa merancang desain apartemen menggunakan aplikasi Home Design 3D ini.

Aplikasi desain rumah.Tangkapan layar Apk Home Design di PlayStore. Foto: Intang Arifia/detik.com.

14. 600+ Minimalis House Modern Design Ideas

Aplikasi ini cocok bagi kamu penyuka rumah mungil. Aplikasi ini menyediakan lebih dari 600 desain rumah minimalis yang bisa dimodifikasi sesuai keinginanmu.

15. Design Home

Aplikasi Design Home memberikan kamu pilihan untuk mendekor berbagai ruangan di rumah dengan mudah. Kamu bisa menata furnitur dan mendekorasi sudut-sudut ruangan sesuai keinginan kamu.

Aplikasi Design Home juga menyediakan katalog furnitur dari berbagai brand untuk mempercantik ruanganmu.

Keuntungan Beli Tanah Supaya Bisa Rancang Rumah Idaman

Setelah memiliki rancangan desain rumah impian, kini saatnya mempertimbangkan untuk merealisasikannya menjadi bangunan. Kamu bisa mempertimbangkan untuk merenovasi rumah atau membeli tanah dan membangun rumah yang sesuai dengan desain yang telah dibuat.

Mengutip New Home Source dan R&W, berikut keuntungan beli tanah untuk membangun rumah:

1. Lokasi

Manfaat terbesar dari membeli tanah adalah kamu bisa mempertimbangkan lokasi rumah. Pertimbangan lokasi membeli tanah memungkinkan kamu untuk memilih ujung jalan, area pegunungan atau danau.

Dengan ini kamu bisa memiliki kebebasan untuk memilih pemandangan dan lingkungan tempatmu tinggal kelak.

2. Lebih Murah

Tanah kosong yang belum dikembangkan akan jauh lebih murah harganya daripada tanah yang sudah dibangun. Membeli bangunan properti kadangkala perlu dibongkar maupun perawatan.

3. Menyesuaikan Budget

Membangun rumah di tanah sendiri memberi fleksibilitas yang lebih besar dalam mendesain rumah. Alih-alih menerima denah dan finishing rumah yang baru dibanung, kamu bisa menyesuaikan dengan keinginan dan budget anggaran yang tersedia.

Mengutip blog Daytona Beach, Florida, pembangun Kargar Construction, membangun rumah di atas tanah sendiri memungkinkan kamu menyesuaikan budget. Selain itu kamu bisa memiliki kebebasan untuk merancang tampilan dan nuansa rumah impian yang kamu inginkan.

4. Banyak Keuntungan Eksplorasi

Ketika kamu membangun rumah di atas tanah kosong yang belum dikembangkan memungkinkan kamu untuk mengeksplor tanah yang akan kamu bangun. Keuntungannya kamu tidak perlu berurusan dengan peraturan soal gedung, dan aturan yang mengikat dari kompleks tersebut.

5. Biaya Pemeliharaan Rendah

Sebidang tanah kosong memiliki perawatan yang lebih rendah. Memiliki tanah kosong hanya butuh perawatan memotong rumput, dan tidak menghabiskan biaya pajak properti yang tinggi.

Nah itu 15 aplikasi desain rumah gratis yang bisa kamu unduh di Android. Selamat berkreasi dan mencoba detikers!



Simak Video "5 Browser untuk Menjelajah Deep Web"
[Gambas:Video 20detik]
(ams/row)