10 Manfaat Air Mawar untuk Wajah dan Efek Sampingnya

10 Manfaat Air Mawar untuk Wajah dan Efek Sampingnya

Kholida Qothrunnada - detikJabar
Minggu, 11 Sep 2022 05:00 WIB
Rose water and pink beautiful flower on a wooden table macro horizontal
Foto: iStock

Manfaat air mawar berguna bagi kesehatan dan juga bisa berperan sebagai obat dari masalah kulit. Kandungan antioksidan dalam air mawar bermanfaat untuk melindungi sel-sel kulit dari kerusakan.

Air mawar adalah cairan bening atau transparan yang terbuat dari air dan kelopak bunga mawar. Air mawar dibuat dari ekstrak kelopak bunga mawar.

Dilansir laman Health Line, sejatinya air mawar telah digunakan selama ribuan tahun seperti pada abad pertengahan, di Timur Tengah dari tempat yang sekarang disebut Iran. Manfaat air mawar telah digunakan secara tradisional, untuk produk kecantikan dan produk makanan serta minuman.


Air mawar juga terkenal sebagai salah satu skincare, yang harganya cukup murah. Contoh manfaat air mawar untuk wajah adalah bisa membuat wajah tampak glowing atau lebih sehat hingga membantu mengobati jerawat lho.

Selain itu, air mawar juga sering digunakan sebagai parfum alami ringan. Pasalnya, aroma air mawar yang harum dan manis. Jadi, air mawar cocok sebagai alternatif pengganti parfum yang mengandung bahan kimia.

Berikut merupakan manfaat dari air mawar yang dikutip dari laman kesehatan Health Line:

Manfaat Air Mawar untuk Wajah

1. Mengurangi Kemerahan pada Kulit Wajah

Manfaat air mawar untuk wajah yaitu mampu mengurangi kemerahan pada kulit wajah. Studi penelitian tahun 2011 oleh Mohammad Hossein Boskabady, dkk, dari Mashhad University of Medical Sciences, Iran, mengungkapkan kandungan anti-inflamasi pada air mawar, bisa mengurangi kemerahan dan bengkak pada kulit.

Air mawar bermanfaat untuk memperbaiki warna kulit. Oleh sebab itu, tak heran jika air mawar telah digunakan sebagai produk kecantikan selama ribuan tahun lalu.

2. Membantu Meredakan Efek Iritasi kulit

Manfaat air mawar adalah bisa membantu meringankan iritasi kulit. Tamsyn SA Thring, dkk, dalam unggahan Journal of Inflammation tahun 2011, menuliskan bahwa air mawar bermanfaat untuk membantu mengobati iritasi kulit (termasuk kulit wajah). Sifat anti-inflamasi dalam air mawar bisa membantu mengobati berbagai penyakit, baik internal maupun eksternal.

3. Mengobati Jerawat di Wajah

Air mawar bermanfaat dalam mengurangi atau mengobati jerawat di wajah, karena memiliki sifat antibakteri. Berdasarkan penelitian Mohammad Hossein Boskabady, dkk, tahun 2011, air mawar mengandung banyak vitamin C dan fenolat, yang cocok sebagai pilihan anti-inflamasi alami untuk jerawat yang meradang.

Selain airnya, minyak mawar juga bisa berfungsi sebagai antibakteri. Misalnya, sangat efektif dalam membunuh Propionibacterium acnes bakteri penyebab jerawat.

4. Membuat Kulit Kencang Tampak Awet Muda

Air mawar memiliki sifat anti-penuaan, sehingga air mawar sering ditemukan dalam produk kecantikan. Dalam studi yang dilakukan oleh Small and Medium Enterprise Development Authority Government of Pakistan, pemakaian air mawar di wajah bermanfaat untuk mengurangi kerutan.

Selain mampu menenangkan kulit yang teriritasi, manfaat air mawar yaitu bisa mengurangi munculnya kerutan di wajah. Air mawar kaya akan tanin, yang memiliki efek untuk mengencangkan kulit, sehingga bisa membantu membuat wajah tampak terlihat awet muda.

5. Membantu Menyembuhkan Bekas Luka

Air mawar memiliki sifat antiseptik dan antibakteri, berarti air mawar juga bermanfaat membantu menyembuhkan luka. Contohnya, untuk membantu pengobatan jenis luka bakar.

6. Melembabkan Kulit Wajah

Air Mawar bermanfaat untuk melembabkan kulit dan Isi botol semprot kecil dengan air mawar dan gunakan untuk menyemprot wajah Anda. Ini dapat membantu menghidrasi kulit Anda dan mengembalikan keseimbangan pH alami. Simpan botol di lemari es untuk penyegaran tambahan.

7. Membantu Mengembalikan Keseimbangan pH Kulit Wajah

Sifat antiseptik dan antibakteri air mawar bermanfaat untuk membantu menyeimbangkan pH kulit. Studi tahun 2018 yang dilakukan oleh Ehrhardt Proksch dari University of Kiel, Jerman, menyebutkan bahwa kulit kita memiliki pH 4,1 hingga 5,8.

Kandungan pH air mawar biasanya 4,0 hingga 4,5. Dalam jurnal Current Problems in Dermatology tahun 2018, menyarankan untuk menggunakan produk perawatan kulit dengan tingkat pH 4,0 hingga 5,0, karena bisa meminimalkan iritasi dan intoleransi kulit.

8. Membersihkan Kulit Wajah

Air mawar juga berfungsi untuk menjaga kulit tetap bersih sebagai astringent. Astringents biasanya digunakan untuk membersihkan kulit, mengeringkan minyak, dan mengencangkan pori-pori.

9. Membantu Membuat Wajah Glowing

Manfaat air mawar membantu melembabkan dan menyeimbangkan pH kulit wajah, mungkin juga air mawar bisa membuat wajah glowing. Apakah air mawar bisa memutihkan kulit?

Pernyataan tentang manfaat air mawar bisa memutihkan kulit wajah itu tidak tepat. Air mawar tidak membantu memutihkan kulit wajah, namun air mawar mampu membantu meringankan pigmentasi kulit, menghilangkan kotoran agar tampak bersih, sehingga membuat kulit akan terlihat lebih cerah.

10. Menenangkan Mata Lelah dan Mengurangi Pembengkakan pada Wajah

Air mawar juga bermanfaat dalam menenangkan mata yang lelah dan bengkak. Caranya, kamu bisa rendam dua kapas dalam air mawar dingin, lalu diletakkan kelopak mata pada wajah dan biarkan selama 5 menit.

Cara Menggunakan Air Mawar

Detikers, kalian bisa dengan mudah menemukan produk air mawar kok, bisa dengan membeli produk air mawar, atau membuatnya sendiri. Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menggunakan atau memakai air mawar.

Masih dari sumber yang sama, cara menggunakan air mawar yaitu bisa digunakan sebagai pembersih wajah atau toner dengan kapas. Caranya, cukup bilas wajah dengan air mawar setelah dicuci dengan pembersih biasa wajah kamu.

Sejatinya, waktu menggunakan air mawar bisa kapan saja seperti malam hari sebelum tidur maupun saat pagi hari. Biasanya, air mawar digunakan setelah membersihkan wajah atau langkah awal sebelum memakai skincare.

Efek Samping Penggunaan Air Mawar secara Berlebihan

Mengutip laman kesehatan Medical News Today, ada efek samping ditimbulkan akibat pemakaian air mawar. Penggunaan air mawar secara berlebihan bisa menimbulkan kemungkinan efek samping.

Salah satu efek samping air mawar adalah reaksi panas atau perih pada kulit (seperti terbakar). Efek samping air mawar bisa timbul, karena sensitivitas tertentu dari suatu produk.

Kamu mau coba pakai air mawar tapi takut alergi? Nah untuk mengetahuinya, kamu bisa mengetes reaksi alergi penggunaan produk dari olahan bunga mawar atau air mawar dalam waktu 24 jam (setelah penggunaannya).

Pada jurnal kesehatan tahun 2016 oleh Mohaddese Mahboubi dari Research Center of Barij Essence Pharmaceutical Company, Iran, dalam beberapa kasus, seseorang bisa memiliki reaksi akibat efek samping penggunaan air mawar.

Berikut adalah beberapa efek samping dari air bunga mawar:

  • Kulit terasa seperti terbakar
  • Rasa pedas pada kulit
  • Kulit mengalami kemerahan.

Apabila seseorang mengalami salah satu dari efek samping air mawar di atas, lebih baik mereka segera memberitahu dokter atau para ahli terkait. Pasalnya, efek samping itu mungkin merupakan tanda infeksi atau reaksi alergi.

Penggunaan air mawar juga bisa digunakan tanpa efek samping, bagi mereka yang kulitnya merasa cocok dan digunakan tanpa berlebihan. Perawatan untuk kulit wajah, bisa kamu bicarakan dengan dokter kulit agar mendapatkan manfaat air mawar dengan cara terbaik sesuai jenis kulit kamu.

Itu tadi penjelasan manfaat air mawar untuk wajah sebagai. Detikers jadi paham kan bagaimana cara menggunakan air mawar dan apa saja efek samping air mawar untuk wajah?



Simak Video "Ini Alasan Anindita Hidayat Jadi Influencer"
[Gambas:Video 20detik]
(khq/fds)