Sleep Call Artinya? Manfaat dan Bahaya untuk Kesehatan

Sleep Call Artinya? Manfaat dan Bahaya untuk Kesehatan

Debora Danisa Kurniasih Perdana Sitanggang - detikJabar
Kamis, 08 Sep 2022 10:56 WIB
Close up of a young woman  fall asleep next to smart phone
Foto: iStock

Sleep call adalah salah satu tren yang kerap dilakukan pasangan muda yang saling menelepon atau video call hingga tertidur. Secara harfiah, sebenarnya sleep call berarti panggilan tidur, tetapi istilah ini bukan bermakna panggilan untuk tidur ketika badan sudah lelah.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap mengenai sleep call. Kegiatan ini sendiri memiliki manfaat, tetapi juga memiliki bahaya dan bisa memberikan efek negatif. Simak penjelasan di bawah ini.

Apa Itu Sleep Call?

Sleep call adalah panggilan tidur jika diartikan dengan Google Translate. Namun, makna istilah ini bukanlah panggilan untuk tidur ketika tubuh sudah merasa lelah dan perlu istirahat. Istilah sleep call merujuk pada tren di kalangan anak muda yang melakukan panggilan telepon atau video call dengan pasangannya hingga tertidur.


Menurut Urban Dictionary sendiri, beberapa warganet memberikan beragam definisi sleep call. Ada yang menganggap sleep call adalah ketika seseorang ketiduran di tengah perbincangan telepon atau video call dengan pasangan tapi pasangannya terus berbicara. Ada juga yang menganggap sleep call adalah kegiatan telepon atau video call pasangan di mana kedua orang dalam telepon itu bercakap-cakap sampai tertidur.

Sleep call biasanya dilakukan oleh pasangan yang menjalani hubungan jarak jauh atau long distance relationship (LDR), karena mereka jarang bertemu secara fisik. Namun belakangan tren ini juga dilakukan oleh pasangan yang tidak menjalani LDR.

Manfaat Sleep Call

Sleep call diyakini memberikan beberapa manfaat, terutama bagi mereka yang menjalin hubungan romantis. Salah satunya, sleep call bisa membuat hubungan menjadi langgeng. Berikut tiga manfaat sleep call mengutip Econo Channel FE UNJ.

1. Mempererat Hubungan

Pasangan yang menjalani hubungan jarak jauh atau LDR biasanya menjadikan sleep call sebagai salah satu sarana untuk mempererat hubungan. Karena berbagai kesibukan sepanjang hari, biasanya mereka hanya bisa berkomunikasi dengan leluasa saat malam.

2. Membuat Tidur Lebih Cepat

Sleep call juga dapat membantu seseorang tidur lebih cepat. Dengan sleep call, seseorang bisa menceritakan apa yang masih membebani pikirannya pada lawan bicara (biasanya pasangan). Pikiran akan menjadi lebih tenang dan tidur pun lebih cepat dan nyenyak.

3. Mengatasi Rasa Kesepian

Selain pada pasangan, sleep call juga bisa dilakukan antara teman atau keluarga. Gunanya sleep call adalah untuk mengatasi rasa kesepian, terutama bagi mereka yang tinggal sendirian di tempat rantau dan jauh dari keluarga.

Bahaya Sleep Call Bagi Kesehatan

Meskipun memiliki beberapa manfaat, sleep call juga bisa memberikan efek negatif bagi kesehatan. Bila ditelusuri, sebenarnya belum ada riset yang membahas sleep call secara spesifik bersama pasangan. Tapi riset mirip pernah dibahas pada pekerja shift malam yang harus sigap menjawab panggilan telepon. Para pekerja ini biasanya berkutat di bidang pelayanan masyarakat atau pelayanan konsumen.

Studi tersebut dilakukan oleh Simone M Karan dan kawan-kawan dan disajikan dalam The Impact of On-Call Work for Partners' Sleep, Relationship Quality and Daytime Functioning, dilansir situs ncbi.nlm.nih.gov. Berikut bahaya sleep call bagi kesehatan.

1. Sulit Menetapkan Batasan Peran

Sleep call dapat membuat seseorang sulit menetapkan batasan perannya. Misalnya dalam penelitian itu, batasan yang dimaksud adalah antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Sementara dalam konteks pasangan, batasan yang dimaksud adalah antara peran sebagai pasangan dan menjadi diri sendiri. Setiap orang juga membutuhkan waktu untuk dirinya sendiri, tidak harus selalu ada untuk pasangan.

2. Kekurangan Tidur yang Berpengaruh pada Emosi

Sudah menjadi pemahaman umum bahwa kekurangan tidur dapat berpengaruh pada pengendalian emosi dan mood seseorang. Kekurangan tidur akibat sleep call juga bisa membuat seseorang sulit mengendalikan emosi dan akhirnya akan berpengaruh pada relasi sosialnya.

3. Rentan Konflik dengan Keluarga atau Lingkungan Sekitar

Menyambung dampak di atas, pengendalian emosi yang buruk dapat menimbulkan konflik dengan keluarga atau lingkungan sekitar tempat tinggal. Aktivitas sleep call mungkin mengganggu anggota keluarga lain yang tinggal serumah atau tetangga kamar kos/kontrakan.

4. Menurunkan Mutu Quality Time

Kita pasti memerlukan quality time dengan pasangan sehingga melakukan sleep call. Namun, terlalu sering sleep call juga justru dapat menurunkan mutu dari quality time itu sendiri. Quality time bersama orang terdekat kita yang lain juga terganggu karena mungkin kita sudah lelah karena sleep call.

5. Meningkatkan Kelelahan dan Stres

Sleep call biasanya dilakukan saat malam ketika tubuh dan pikiran kita seharusnya beristirahat. Nah, kegiatan ini bisa memaksa pikiran kita terus berjalan dan tubuh kekurangan istirahat. Sehingga keesokan harinya kita bangun dengan perasaan lelah dan stres yang meningkat.

6. Frustrasi karena Lelah Bertumpuk

Jika kelelahan dan stres itu terus bertumpuk dan berkepanjangan tanpa bisa dikurangi, kita akan merasa frustrasi dan berpengaruh ke kesehatan mental.

Cara Mengatasi Bahaya Sleep Call

Sleep call memang tidak dilarang. Tetapi komunikasi bersama pasangan tidak seharusnya mengganggu jam tidur, yang justru berisiko menurunkan kualitas hubungan. Karena itu, jam tidur dan istirahat yang cukup wajib dipenuhi.

Untuk menjamin kualitas tidur tetap terjaga dan tidak terganggu akibat sleep call, berikut cara yang bisa dicoba seperti dilansir Healthline.

1. Aktifkan Mode Malam

Ponsel saat ini sudah semakin canggih dan dilengkapi dengan mode malam. Aktifkan mode malam agar layar menjadi gelap dan tidak membuat mata silau. Mode malam juga biasanya kerap memberi pengguna ponsel peringatan untuk beristirahat.

2. Senyapkan Dering dan Notifikasi

Sebelum tidur, pastikan dering dan notifikasi HP kita dalam keadaan senyap. Untuk HP yang memiliki mode malam, biasanya secara otomatis akan mengaktifkan mode stop menerima pesan dan panggilan selama jam tidur.

3. Letakkan Ponsel Jauh dari Jangkauan

Meletakkan HP di sebelah kepala pas atau meja sebelah tempat tidur tidak disarankan. Sebaliknya, letakkan HP jauh dari jangkauan kita supaya kita tidak tergoda membuka-buka HP ketika berusaha tidur.

4. Matikan Ponsel selama Jam Tidur

Atau cara sederhananya, nonaktifkan total HP kita selama jam tidur. Baru nyalakan lagi ketika pagi hari dan kita siap beraktivitas.

Minusnya cara ini, kita mungkin tidak bisa menggunakan alarm HP untuk bangun pagi. Tapi ada beberapa HP yang tetap bisa membunyikan alarm meskipun HP dalam keadaan mati.

5. Hindari Penggunaan Ponsel Sebelum Tidur

Supaya terbiasa tidak menatap layar di kasur, biasakan untuk menghindari penggunaan HP beberapa saat sebelum tidur, misalnya satu jam sebelum tidur.

Ganti dengan kegiatan lain yang tidak melibatkan gadget, seperti membaca buku atau menulis catatan harian.

Itulah penjelasan mengenai sleep call, berikut manfaat dan bahayanya. Semoga bermanfaat!



Simak Video "Ini Alasan Anindita Hidayat Jadi Influencer"
[Gambas:Video 20detik]
(des/fds)