Ukuran Thumbnail Youtube yang Benar dan Cara Membuatnya

Ukuran Thumbnail Youtube yang Benar dan Cara Membuatnya

Stefani Ditamei - detikJabar
Kamis, 08 Sep 2022 07:30 WIB
Ilustrasi Google, ilustrasi YouTube, dan ilustrasi Facebook
Foto: Andhika Prasetia

Artikel ini akan mengulas tentang ukuran thumbnail Youtube, yaitu ukuran foto kecil yang menjadi preview di setiap video yang tayang di YouTube. Thumbnail YouTube ukurannya kecil dan bersifat "clickable", diharapkan penonton dapat tertarik untuk memilih video tersebut berdasarkan preview dari thumbnail yang disediakan.

Berikut penjelasan selengkapnya mengenai ukuran Thumbnail Youtube.

Apa itu Thumbnail Youtube?

Thumbnail Youtube adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan jumlah penonton. Tujuan sebuah video tayang di Youtube adalah mendapatkan penonton yang banyak dan tertarik untuk melihat konten kita. Itulah sebabnya, penting untuk mempertimbangkan Thumbnail Youtube sebagai salah satu strategi untuk berkembang di Youtube.


Berikut yang harus diperhatikan saat membuat Thumbnail Youtube:

  • Isi konten harus sesuai dengan gambar thumbnail yang disediakan
  • Buat penonton tertarik menonton video
  • Masukkan unsur yang disukai oleh penonton atau hal yang membuat mereka penasaran untuk menonton
  • Memanfaatkan bagian warna putih pada thumbnail.

Ukuran Thumbnail Youtube Berapa Cm?

Berapa ukuran thumbnail Youtube yang direkomendasikan? Menurut Techsmith, ukuran ideal saat membuat thumbnail YouTube sebaiknya adalah 1280 x 720 pixels dengan minimum ukuran 640 pixels.

Sementara rasio ideal yang disarankan untuk preview Youtube adalah 16:9.

Cara Membuat Thumbnail Youtube yang Menarik

Berikut tips dan cara membuat thumbnail Youtube yang menarik dilansir dari Techsmith.

Buat Sesimpel Mungkin

Simpel yang dimaksudkan di sini adalah menyesuaikan ukuran thumbnail Youtube yang kecil. Apabila terlalu banyak teks dan gambar, penonton akan kesulitan untuk membaca dan menangkap maksud dari preview video.

Menggunakan Warna yang Kontras

Hindari menggunakan tulisan berwarna gelap di latar (background) yang gelap, begitu juga sebaliknya, jangan gunakan teks berwarna terang dengan latar belakang yang terang. Upayakan untuk membuat tulisan dan gambar yang warnanya kontras sehingga penonton mudah menangkap isi dari thumbnail tersebut.

Menambahkan logo pada thumbnail Youtube adalah ide yang bagus! Tapi hindari meletakkannya di area pojok kanan bawah. Mengapa? Karena meletakkan logo di area tersebut membuat tampilan thumbnail menjadi kurang profesional.

Hindari Menggunakan Gambar yang Tidak Relevan

Pastikan gambar pada thumbnail sesuai dengan isi video. Jika tidak, maka penonton akan kecewa dan sakit hati lantaran mendapatkan video yang tidak sesuai dengan thumbnail-nya. Perlu diingat bahwa thumbnail Youtube bertujuan untuk menarik penonton untuk memilih video tersebut. Hindari menggunakan thumbnail yang berkesan clickbait semata.

Cara Membuat Thumbnail Youtube

Setelah memahami tentang ukuran thumbnail Youtube dan tips membuatnya, berikut ini adalah tahapan membuat thumbnail yang bisa kamu coba.

Mengunjungi Situs Pembuat Thumbnail Youtube Online dan Gratis

Membuat thumbnail Youtube tergolong praktis dan mudah jika dibuat melalui situs pembuat thumbnail otomatis yang ada di internet. Salah satu contohnya adalah Fotojet, Canva, Adobe Spark, Crello, Visme, Fotor, dan Picmaker.

Situs tersebut memungkinkan kamu untuk membuat thumbnail dengan ukuran yang sudah disesuaikan. Selain itu, terdapat beberapa gambar pendukung yang bisa kamu pakai secara kreatif.

Memanfaatkan Template Thumbnail Youtube

Fotojet adalah salah satu situs yang menyediakan template gratis untuk membuat thumbnail Youtube. Cara ini tentu saja mempermudah kamu untuk membuat thumbnail dengan cepat dan menemukan banyak inspirasi untuk membuat sendiri.

Tambahkan Teks, Animasi, atau Background

Supaya lebih menarik, kamu bisa menambahkan teks, animasi, maupun latar (background) yang warnanya bisa disesuaikan dengan keinginan. Perhatikan warnanya supaya tetap kontras dan menarik saat dilihat.

Simpan, Unduh, dan Unggah Thumbnail

Apabila sudah berhasil membuat thumbnail, kamu bisa menyimpan dan mengunduh hasilnya. Jangan lupa diunggah untuk mempercantik tampilan video di Youtube.

Jangan lupa juga menyimpan thumbnail dengan format JPG atau PNG dan ukuran thumbnail Youtube 1280x720 pixels.

Nah, bagaimana? Mudah, bukan? Itulah cara membuat dan menentukan ukuran thumbnail Youtube yang bisa kamu sesuaikan dengan isi video. Selamat mencoba, ya!



Simak Video "5 Browser untuk Menjelajah Deep Web"
[Gambas:Video 20detik]
(des/fds)