Bahagia Mahasiswi Unpad Main Biola di Hadapan Jokowi Saat HUT RI

Bima Bagaskara - detikJabar
Kamis, 18 Agu 2022 16:00 WIB
Nadia Mulyadi, mahasiswa Unpad.
Foto: Nadia Mulyadi, mahasiswa Unpad (Istimewa).
Bandung -

Momen hari kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus 2022 kemarin begitu spesial bagi Nadia Mulyadi, seorang mahasiswi Universitas Padjajaran (Unpad).

Betapa tidak, Nadia yang merupakan mahasiswi baru Unpad ini terpilih menjadi salah satu pemain biola yang tampil pada upacara peringatan detik-detik proklamasi di Istana Merdeka, Jakarta.

Nadia tergabung dalam grup paduan suara dan orkestra Gita Bahana Nusantara 2022. Mahasiswi prodi Teknik Informatika ini mewakili Provinsi Banten sebagai pemain biola di Gita Bahana Nusantara sejak 2021.


"Tahun lalu saya dapat info audisi Gita Bahana Nusantara. Abis itu iseng ikut," kata Nadia dilansir detikJabar dari laman resmi Unpad, Kamis (18/8/2022).

Nadia menceritakan saat itu dirinya mengirimkan video bermain biola ke surel Gita Bahana Nusantara. Setelah itu, ia mengikuti audisi dan berhasil lolos sebagai salah satu pemain di string section.

"Awalnya aku berpikir kalau misalnya aku tidak mau lanjut di musik, setidaknya pengalaman terakhir harus berkesan, sehingga ingin mencari pengalaman yang tidak bisa dilupakan dari bermusik," ungkapnya.

Untuk tampil di Istana Negara, Nadia telah melakukan persiapan sejak bulan Juli lalu. Sebelum tampil di Istana Merdeka, grup Gita Bahana Nusantara tampil pada Sidang Tahunan MPR RI di Gedung MPR RI, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Nadia mengaku senang bisa tampil membawakan sejumlah lagu secara luring di Istana Merdeka. Tidak hanya itu, seluruh personel Gita Bahana Nusantara juga mendapat apresiasi langsung dari Presiden Joko Widodo.

Nadia memang sejak kecil menyukai dan mulai belajar bermain biola. Kedua orang tua Nadia mendorong anaknya untuk bermain musik sejak usia 3,5 tahun. Menurutnya bermain biola jadi salah satu obat untuk mengusir kejenuhan.

"Selain itu, dari biola aku juga banyak ketemu teman yang sampai sekarang masih dekat," ungkapnya.

"Dulu pas kecil dikasih pakai biola styrofoam buat terbiasa dan latihan jari. Abis itu pindah ke biola aslinya. Mungkin karena pendekatannya per step ini jadinya tidak susah (belajar biola)," lanjut Nadia.

Meski kemampuan bermusiknya ada di atas rata-rata, namun Nadia tetap mempunyai cita-cita lain. Ia memilih Teknik Informatika Unpad dan berhasil diterima di program studi Saintek terketat kedua di Indonesia pada jalur SNMPTN tersebut.

(bba/mso)