Mojang Cianjur yang Jago Slalom

Ikbal Selamet - detikJabar
Minggu, 14 Agu 2022 13:00 WIB
Keiza Venda, pembalap slalom asal Cianjur.
Foto: Keiza Venda, pembalap slalom asal Cianjur (Istimewa).
Cianjur -

Keiza Venda, mojang asal Cianjur ini patut diacungi jempol dengan segudang prestasi di bidang balap mobil slalom yang kebanyakan digeluti kaum pria. Bahkan gadis yang baru berusia 18 tahun ini kerap kali juara di berbagai ajang kompetisi slalom.

Sekilas, siapa yang menyangka jika perempuan yang taat agama dan selalu mengenakan hijab ini adalah pembalap slalom yang berprestasi. Gadis cantik ini tampil anggun di luar namun menyeramkan di track slalom.

Gadis kelahiran 2004 ini mengawali kariernya di bidang balap mobil slalom pada 2018, usai melihat pembalap slalom Alinka saat mengikuti kejuaraan di Cianjur.


Keizha yang kala itu masih berusia 14 tahun ini kemudian meminta ayahnya yang juga menggeluti bidang otomotif untuk mengizinkan dan mengajarinya slalom.

"Kalau suka otomotif dari dulu, tapi kalau fokus ke slalom baru tahun 2018. Awalnya minta izin dan diajari ke orang tua, setelah itu dapat tim dan pelatih untuk lebih mengasah kemampuan," kata dia, Sabtu (13/8/2022).

Di akhir 2018, Keizha kemudian mengikuti eksebisi Kejurda slalom. Meski baru menggeluti balap tersebut, dia sudah mampu menjadi juara 5.

Tak puas dengan hasil itu, mojang cantik Cianjur ini terus giat berlatih dengan sarana seadanya di Terminal Pasirhayam bersama timnya Cam Motor Racing Team (CMRT).

Bahkan setahun kemudian, dengan skill yang terus diasah, Ia berhasil menjadi Juara 1 dalam putaran keenam Kejurnas kelas wanita di Bandung.

"Sebelumnya saya juga sering naik podium, tapi di juara 2 atau tiga. Untuk juara 1 pertama kali saya raih di putaran keenam Kejurnas U23 kelas wanita di Bandung," ungkap dia.

Empat tahun menjadi pembalap slalom, puluhan prestasi sudah dia dapatkan. Bahkan di tahun ini saja, Keizha sudah lima kali naik podium juara di berbagai ajang kompetisi.

"Terbaru pada 16 Juli 2022, saya juara 2 kelas wanita dalam AUTOKHANA CHAMPIONSHIP 2022 atau kejurnas slalom 2022, kalah dari kak Alinka yang memang sudah sangat senior untuk Slalom wanita," kata dia.

Dia mengaku menargetkan untuk bisa terus berprestasi dan menunjukkan jika perempuan pun mampu dalam berbagai kompetisi yang didominasi kaum pria.

"Perempuan tidak kalah kok dengan pria, buktinya Keiza yang seorang perempuan, bahkan sejak 14 tahun sudah bisa berprestasi di balap mobil slalom. Dan keiza juga target ke depannya bisa mengalahkan kak Alinka," pungkasnya.

(mso/mso)