8 Tanda HP Kamu Sedang Disadap Dapat Dilihat Dari Sini

Kholida Qothrunnada - detikJabar
Sabtu, 13 Agu 2022 05:30 WIB
Ilustrasi Main HP
Foto: Shutterstock

Kecanggihan teknologi saat ini memungkinkan seseorang melakukan banyak hal, termasuk praktik kejahatan di internet (cyber crime). Beberapa di antaranya adalah tindakan peretasan atau penyadapan HP.

Pihak yang melakukan praktik kejahatan pada sistem HP maupun komputer disebut hacker. Smartphone atau HP yang disadap memang menjadi salah satu ketakutan tersendiri bagi para penggunannya.

Biasanya, tujuan para hacker menyadap HP adalah untuk mencuri data-data pribadi atau data penting dari si pengguna HP itu.


Nah, takutnya data-data HP tersebut disalahgunakan. Maka dari itu, penting bagi kita untuk tahu tanda-tanda HP yang kena sadap.

Bagaimana cara melihat apakah HP kita disadap atau tidak? Salah satu ciri-ciri jika HP kita sedang disadap adalah adanya kegiatan yang mencurigakan, seperti banyak SMS dan panggilan aneh yang masuk.

Seorang hacker dengan aplikasi dan kemampuannya mungkin saja sedang mencoba menyadap HP kamu.

Mengutip laman Lifewire, berikut adalah ciri atau tanda saat HP kita sedang disadap. Simak penjelasan tanda-tanda HP sedang disadap di bawah ini.

Tanda-tanda HP yang Terkena Sadap

1. Adanya Panggilan dan SMS Masuk yang Aneh

Tanda HP kita disadap yang pertama yaitu adanya beberapa panggilan telepon atau SMS aneh yang masuk. Aktivitas tersebut menjadi penanda bahwa seseorang sedang mencoba menyadap HP kamu.

Biasanya, pesan teks atau SMS aneh yang masuk itu, berisi kumpulan huruf dan angka tak beraturan (berantakan) dari pengirim tidak dikenal. Fenomena penerimaan SMS masuk dengan serangkaian huruf dan angka yang kacau itu, terjadi karena beberapa aplikasi penyadapan menerima perintah mereka melalui pesan SMS berkode.

2. Iklan Pop-Up

Munculnya beberapa iklan pop-up yang aneh juga termasuk tanda kalau HP kita mungkin disadap. Masalah iklan pop-up bisa menunjukkan adanya malware (perangkat lunak yang diciptakan untuk merusak sistem tanpa izin) alias aplikasi penyadapan.

Iklan pop-up adalah jendela iklan yang biasanya muncul, kalau kita sedang mengunjungi situs web. Walaupun tidak semua iklan pop-up yang ada menandakan HP kamu telah diretas, tapi pengguna juga tetap harus berhati-hati akan hal tersebut.

3. Masalah Baterai

Memang sejatinya masa pakai baterai HP bisa berkurang karena masalah waktu dan penggunaan. Jika baterai HP kamu berusia lebih dari satu tahun, daya tahan baterainya mungkin akan berkurang.

Namun, jika masa pakai baterai Android atau Iphone kamu tiba-tiba menjadi lamban dari sebelumnya, atau jika baterai suka memanas saat HP sedang digunakan, mungkin saja ada aktivitas perangkat lunak penyadapan yang sedang berjalan.

Aktivitas aplikasi tersebut bisa berjalan tanpa ada tanda dan suara di latar belakang HP. Sehingga, hal itu bisa menghabiskan daya baterai.

Smartphone juga bisa disusupi oleh software perusak masa baterai secara signifikan. Hal itu bisa terjadi, karena malware kemungkinan menggunakan sumber daya ponsel untuk memindai perangkat dan mengirimkan informasi kembali ke server kriminal (milik si hacker).

4. Ikon di HP yang Bergerak Sendiri

Tanda HP terkena sadap lainnya yaitu ikon yang tiba-tiba bergerak sendiri (bukan karena sedang eror). Saat kamu tidak sedang menggunakan HP, lalu tiba-tiba ikon atau aplikasi bergerak sendiri itu menunjukkan hal yang aneh bukan? Aktivitas tersebut bisa berarti kalau ada seseorang yang sedang menggunakan HP kamu dari jarak jauh.

5. Terjadi Masalah saat Mematikan HP

Jika smartphone kamu tiba-tiba menjadi kurang responsif atau sulit jika ingin dimatikan, bisa jadi seseorang telah mendapatkan akses tidak sah ke HP tersebut. Saat mematikan HP, periksa kembali apakah penonaktifan gagal atau tidak.

Selain itu, kamu juga perlu melihat apakah lampu layar tetap menyala bahkan setelah kamu menyelesaikan proses penonaktifan. Jika itu masalahnya, bisa jadi pelakunya adalah perangkat lunak berbahaya atau kesalahan karena pembaruan sistem HP terbaru.

6. Data Pribadi Muncul di Internet

Cara mengetahui HP yang terkena sadap adalah jika banyak data pribadi, yang hanya disimpan di HP telah bocor secara online tiba-tiba. Misalnya, isi catatan (note di HP), email, gambar, atau data lain apa pun yang kamu amankan di HP.

Artinya, data-datanya yang tersebar itu tidak secara sengaja kamu sebarkan ke publik. Jika HP disadap, peretas bisa mengekstrak data dari jarak jauh dan memposting file pribadi kamu secara online.

7. Aplikasi Pihak Ketiga

Aplikasi pihak ketiga menjadi sumber potensial untuk malware dan spyware (software yang diinstal secara diam-diam oleh hacker untuk memantau aktivitas online korbannya), sehingga HP kamu bisa disadap. Jika kamu baru saja mengunduh aplikasi dari mana saja (selain App Store atau Google Play Store), itu bisa menjadi penyebab HP disadap.

Beberapa penipu juga bisa menyalin nama dan ikon aplikasi terkenal, saat membuat aplikasi palsu. Jadi sebelum mengunduh, ada baiknya kamu melakukan riset atau pencarian dahulu di Google.

Hal itu dilakukan untuk mengetahui aplikasi maupun pengembangnya itu legal (sah) dan aman. Kamu harus ekstra berhati-hati dengan aplikasi apa pun, terutama aplikasi game, yang meminta izin untuk mengakses riwayat panggilan atau daftar kontak di HP.

8. Adanya Tagihan yang Lebih Tinggi dari Biasanya

Kalau tagihan (dari SMS, panggilan, atau data seluler) menunjukkan lonjakan yang luar biasa dari biasanya, hal itu termasuk tanda bahwa ada seseorang yang mungkin telah meretas HP kamu. Hal itu terjadinya di luar kasus, jika kamu baru saja mengunduh aplikasi baru yang menggunakan banyak data (yang menjadi alasan untuk penggunaan data yang tiba-tiba melonjak).

Namun, spyware dan aplikasi berbahaya lainnya bisa menggunakan paket data seluler kamu untuk melakukan transaksi rahasia, tanpa sepengetahuan kamu. Jadi, kalau kamu melihat aktivitas data yang tiba-tiba meningkat pada tagihanmu tanpa ada penjelasan logis, kamu perlu menghubungi operator untuk meminta bantuan.

Nah, itu tadi tanda-tanda yang mungkin muncul apabila HP kamu terkena sadap. Detikers, jadi tahu kan apa saja ciri-ciri HP yang disadap? Semoga informasi tadi bisa bermanfaat!



Simak Video "5 Browser untuk Menjelajah Deep Web"
[Gambas:Video 20detik]
(khq/fds)