12 Manfaat Jambu Kristal Bagi Kesehatan

Kholida Qothrunnada - detikJabar
Jumat, 05 Agu 2022 07:45 WIB
Krenyes Segar Rujak Jambu Kristal yang Lagi Hits di Ciamis
Foto: detikFood/Dadang Hermansyah

Jambu kristal (Psidium guajava) adalah salah satu varietas jambu biji, yang banyak ditemui masyarakat. Biasanya, jambu kristal itu dimanfaatkan untuk dimakan buahnya, dijadikan asinan, atau jus buah.

Selain rasanya yang enak, jambu kristal juga punya banyak manfaat bagi kesehatan karena memiliki kandungan gizi lho. Nah, salah satu manfaat jambu kristal yaitu bisa melancarkan pencernaan dan mengobati susah buang air besar alias sembelit.

Apakah jambu kristal sama dengan jambu biji? Jambu kristal itu merupakan varietas jambu biji. Kelebihan dan keunikan jambu kristal yaitu, jumlah bijinya kurang dari 3% bagian buah, yang tidak dimiliki pada jambu biji jenis lainnya (Astrini, dkk, 2018).


Dikutip dari e-book berjudul Bedah Detail Prospek Pembesaran Jambu Kristal oleh Ajrhee W, alasan mengapa jumlah biji pada jambu kristal sedikit daripada jambu pada umumnya, yaitu karena jambu kristal memiliki kromosom triploid sehingga tidak mampu menghasilkan banyak biji.

Jambu kristal ini punya 2 jenis, yaitu biji dan isinya yang berwarna putih dan kemerahan. Kesimpulannya, perbedaan jambu kristal dengan jambu biji lainnya adalah jambu kristal bijinya lebih sedikit.

Kandungan Jambu Kristal

Mengutip jurnal Pertanian Universitas Djuanda oleh Rosy Hutami, dkk, berikut merupakan beberapa kandungan jambu kristal, antara lain:

Jambu kristal mengandung kadar asam sebesar 0,44%
Kandungan air 87,4%
Vitamin C berkisar 127,1-133,9 mg
Kadar kemanisan berkisar 11-12 obrix.

12 Manfaat Jambu Kristal Bagi kesehatan

Dikutip dari e-book berjudul Manfaat Buah yang disusun oleh Dayat Suryana, berikut adalah 12 macam manfaat jambu kristal untuk kesehatan:

1. Baik untuk Penderita Diare

Manfaat jambu kristal yaitu bisa membantu penyembuhan orang yang terkena diare. Jambu kristal memiliki serat dan senyawa astringents, yang mampu membunuh bakteri penyebab diare.

2. Mencegah Sulit Buang Air Besar (Sembelit)

Salah satu faktor penyebab sembelit adalah kurangnya sarat dalam tubuh. Nah, jambu kristal diketahui memiliki serat yang tinggi, sehingga bermanfaat untuk membantu mencegah gejala sembelit.

3. Kaya Antioksidan

Jambu kristal juga dikenal sebagai salah satu buah yang kaya zat antioksidan. Antioksidan yang ada dalam jambu kristal baik untuk menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab berbagai penyakit.

4. Membantu Mengobati Batuk Berdahak dan Flu

Manfaat jambu kristal lainnya yaitu baik untuk mengurangi lendir di tenggorokan. Selain itu, jambu kristal juga membantu untuk menghambat aktivitas kuman dan mikroba penyebab batuk dan flu.

5. Membantu Menurunkan berat Badan

Jambu kristal juga mengandung cukup tinggi karbohidrat dan potassium, sehingga hal itu bisa membantu mengurangi rasa lapar. Kandungan protein dan juga serat dalam jambu kristal juga membantu rasa kenyang lebih lama, supaya kita tidak mudah lapar. Jadi, cocok nih buat kamu yang lagi diet!

6. Melancarkan Pencernaan

Serat adalah salah satu zat yang penting untuk kesehatan pencernaan. Adanya serat dalam jambu kristal ini akan membantu pencernaan menjadi lebih lancar.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin dan mineral dalam jambu kristal akan mampu menjaga daya tahan atau kekebalan tubuh. Daya tahan tubuh yang baik tentu akan membuat kita:

  • Terhindar dari berbagai penyakit
  • Selalu fit dalam melakukan aktivitas
  • Punya fokus yang tetap terjaga.

8. Menyehatkan Mata

Manfaat jambu kristal itu baik untuk kesehatan mata. Seperti diketahui, jambu kristal memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Di mana, vitamin A baik untuk menjaga kesehatan mata.

Kandungan vitamin A pada jambu kristal bisa membantu mencegah gangguan penyakit mata, antara lain:

  • Silindris
  • Rabun dekat
  • Rabun jauh.

9. Mencegah Infeksi dan Virus

Kandungan vitamin dan mineral jambu kristal berfungsi sebagai anti bakteri, anti infeksi serta anti peradangan. Artinya, jambu kristal ini juga bermanfaat sebagai pencegah infeksi dan virus.

10. Membantu Mengobati Sariawan

Manfaat jambu kristal juga bisa membantu mengobati sariawan. Jambu kristal mengandung vitamin C, yang mungkin efektif untuk mencegah maupun mengobati sariawan.

11. Membantu Mencegah Penyakit Anemia

Manfaat jambu kristal untuk kesehatan juga bisa membantu mencegah penyakit anemia (kurang darah putih). Kandungan zat besi jambu kristal akan membantu mencegah munculnya gejala anemia, yaitu:

  • Mudah lelah
  • Sering tidak fokus
  • Lambat dalam melakukan aktivitas.

12. Membantu Menyehatkan Tulang

Ternyata tidak susu saja yang bermanfaat untuk kesehatan tulang. Buah-buahan seperti jambu kristal juga bisa membantu kesehatan tulang, karena memiliki kandungan kalsium.

Cara Mengkonsumsi Jambu Kristal

Ada berbagai cara mengkonsumsi jambu kristal yang bisa kamu lakukan, berikut di antaranya:

  1. Langsung dimakan (jangan lupa cuci buahnya terlebih dahulu ya).
  2. Dibuat menjadi jus jambu.
  3. Diambil sarinya untuk dibuat sirup.
  4. Potongan buah jambu biji kristal dicampurkan untuk sop atau es buah.

Nah, itu tadi berbagai kandungan dan manfaat jambu kristal. Ternyata, selain buahnya yang enak jambu kristal punya manfaat bagi kesehatan dan mencegah beberapa penyakit. Semoga setelah baca artikel ini, detikers jadi tahun kan apa saja manfaat jambu kristal?



Simak Video "Ini Alasan Anindita Hidayat Jadi Influencer"
[Gambas:Video 20detik]
(khq/fds)