15 Cara Mengatasi Sakit Kepala Secara Alami Tanpa Obat

ilham fikriansyah - detikJabar
Selasa, 02 Agu 2022 16:01 WIB
Ilustrasi sakit kepala
Foto: Getty Images/iStockphoto/Tirachard

Sakit kepala merupakan penyakit umum yang sering terjadi di mana pun, kapan pun, dan oleh siapa pun. Tentu, saat sakit kepala menyerang bisa membuat detikers jadi tidak nyaman.

Tapi jangan khawatir, berikut ini 15 cara mengatasi sakit kepala secara alami tanpa obat. Simak yuk penjelasannya dalam artikel ini.

Penyebab Sakit Kepala

Dalam buku Mencegah dan Mengatasi Sakit Kepala oleh dr. Iskandar Junaidi, sakit kepala adalah kondisi di mana kepala terasa sakit dan nyeri. Sakit kepala merupakan salah satu gangguan kesehatan yang paling sering dialami oleh masyarakat.

Secara umum sakit kepala dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti:


  • stres berlebih
  • mata lelah
  • aktivitas terlalu berat
  • cuaca panas
  • mencium aroma yang terlalu kuat
  • kelaparan
  • sensitif terhadap makanan dan minuman tertentu

15 Cara Mengatasi Sakit Kepala Secara Alami

Sakit kepala tentu sangat tidak nyaman karena kepala rasanya seperti ditusuk-tusuk. Berikut ini 15 cara mengatasi sakit kepala secara alami tanpa harus minum obat.

1. Banyak Istirahat

Cara pertama dan paling ampuh untuk menghilangkan sakit kepala secara alami adalah dengan banyak istirahat. Sakit kepala bisa terjadi karena beberapa saraf yang terlalu tegang dan lelah, apabila dipaksakan maka akan semakin merusak saraf dan dapat mengganggu kesehatan tubuh lainnya.

Maka dari itu, ketika kamu sedang beraktivitas dan muncul sakit kepala, sebaiknya beristirahat sejenak. Lebih efektif lagi kalau kamu istirahat di ruangan yang tenang dan sedikit gelap.

2. Pijatan Ringan di Kepala

Cara selanjutnya adalah dengan memberikan pijatan ringan di kepala. Kamu bisa memijat bagian kepala yang sakit menggunakan jari telunjuk atau ibu jari. Lakukan pijatan ringan dan tekan selama 7-15 detik, lalu kemudian lepaskan.

Jika kamu tidak bisa melakukannya sendiri, kamu bisa meminta tolong kepada orang lain untuk memijat di sekitar kepala, leher, dan pundak. Ulangi pijatan sampai sakit kepala mulai mereda.

3. Konsumsi Daun Mint

Daun mint ternyata dapat digunakan untuk mengobati sakit kepala atau pusing. Sebab, daun mint dipercaya dapat membantu melancarkan aliran darah dan oksigen ke otak. Kamu bisa menggunakan daun mint sebagai minyak esensial, mencampur daun mint dengan teh hangat, atau mengkonsumsi permen rasa daun mint.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih juga mampu menghilangkan sakit kepala lho detikers. Sebab, salah satu penyebab sakit kepala adalah karena kurangnya cairan tubuh, maka cobalah perbanyak minum air putih. Nah jangan lupa, biar sakit kepala cepat hilang diimbangi juga dengan istirahat yang cukup ya.

5. Tempel Es Batu di Kepala

Ternyata es batu juga dapat menghilangkan sakit kepala secara alami lho. Dilansir Healthline, menurut dr. Alex Tauberg es batu dapat meredakan sakit kepala karena sensasi dingin yang muncul dari es.

Caranya sangat mudah, cukup bungkus bongkahan es batu dengan kain berbahan lembut, kemudian tempelkan di bagian kepala yang sakit. Selain es batu, kamu juga bisa menggunakan ice pack yang kini sudah banyak dijual di toko online.

6. Minum Jahe Hangat

Jahe memang terkenal akan kaya manfaat bagi tubuh manusia dan mampu mengobati berbagai penyakit, salah satunya sakit kepala. Sebab, jahe punya manfaat yang sama persis seperti obat sumatriptan, yakni obat yang dapat mengatasi sakit kepala dan migrain.

Cara mengkonsumsinya cukup mudah, masukan jahe ke dalam air dan rebus jahe sampai hangat, setelah itu minum secara perlahan. Oh ya, agar sakit kepala cepat hilang jangan lupa setelah minum jahe untuk istirahat yang banyak.

7. Konsumsi Madu

Selain jahe, madu juga berkhasiat untuk menghilangkan sakit kepala. Dikutip situs Savannah Bee, dengan mengkonsumsi dua sendok teh madu ternyata cukup ampuh mengobati sakit kepala hingga migrain. Sebab, madu memiliki kandungan potasium dan magnesium yang dapat melancarkan aliran darah ke otak.

8. Konsumsi Pisang

Pisang dipercaya juga mampu meredakan sakit kepala. Soalnya, pisang memiliki kandungan senyawa magnesium yang cukup tinggi yang berfungsi agar otot menjadi lebih rileks dan tidak tegang. Disarankan untuk mengkonsumsi minimal tiga buah pisang setiap hari secara rutin.

9. Konsumsi Kafein Secukupnya

Ternyata kafein juga dapat digunakan untuk meredakan sakit kepala lho. Kamu bisa mengkonsumsi minuman berkafein seperti teh dan kopi hangat.

Namun sebagai pengingat, konsumsi kafein secukupnya saja ya dan jangan sampai terlalu banyak. Sebab, kandungan kafein yang tinggi seringkali membuat orang sulit tidur dan jantung berdebar, hal ini bisa menjadi salah satu penyebab sakit kepala.

10. Mandi Air Hangat

Cara selanjutnya untuk menghilangkan sakit kepala adalah dengan mandi air hangat. Sebab, otot-otot yang tegang dapat rileks dengan mandi air hangat. Jangan lupa setelah itu istirahat yang banyak agar sakit kepala cepat hilang.

11. Terapi Akupuntur

Dengan melakukan terapi akupuntur ternyata cukup ampuh untuk menghilangkan sakit kepala. Terapi akupuntur dapat mengurangi stres akibat terlalu banyak pikiran, hal ini yang sering kali menyebabkan sakit kepala. Untuk menghilangkan sakit kepala, nantinya sejumlah jarum halus akan ditusuk di bagian tubuh tertentu.

12. Kompres Air Panas

Dilansir situs Webmd, cara lain untuk menghilangkan sakit kepala secara alami adalah dengan kompres air panas. Caranya cukup mudah, siapkan handuk kecil lalu rendam di air panas selama beberapa detik. Setelah itu peras handuk dan tempelkan di jidat selama beberapa menit. Ulangi langkah-langkah tersebut sampai sakit kepala mulai mereda.

13. Kurangi Melihat Layar

Apakah detikers setiap hari melihat layar komputer atau smartphone? Sebaiknya kurangi menggunakan gadget yang memancarkan sinar terlalu terang. Sebab, terlalu lama melihat layar akan membuat mata jadi cepat lelah, jika dibiarkan dapat menyebabkan sakit kepala.

14. Oles dengan Essential Oil

Jika sakit kepala tiba-tiba menyerang, coba gunakan essential oil untuk menghilangkannya. Disarankan untuk menggunakan essential oil dari peppermint dan lavender, karena cukup ampuh dalam mengatasi sakit kepala.

15. Tetap Rileks dan Santai

Salah satu penyebab sakit kepala karena stres berlebih, maka dari itu sebaiknya kamu tetap rileks dan santai. Kamu juga bisa melakukan olahraga ringan, yoga, hingga meditasi untuk meminimalisir terjadinya sakit kepala di kemudian hari.

Nah, itu dia detikers 15 cara mengatasi sakit kepala secara alami tanpa mengkonsumsi obat. Kalau detikers tiba-tiba sakit kepala, coba menggunakan salah satu cara di atas. Namun jika sakit kepala tak kunjung mereda, segera pergi ke dokter ya.



Simak Video "Ini Alasan Anindita Hidayat Jadi Influencer"
[Gambas:Video 20detik]
(ilf/fds)