30 Rekomendasi Anime Terbaik Sepanjang Masa, Wajib Nonton!

Kholida Qothrunnada - detikJabar
Selasa, 02 Agu 2022 15:46 WIB
Rekomendasi anime.
Foto: dok. IMDb

Daftar 30 anime terbaik dalam artikel ini bisa jadi rekomendasi anime yang wajib kamu tonton, apalagi bagi para pecinta anime. Anime adalah istilah untuk film animasi yang berasal dari Jepang.

Mengutip laman JW webmagazine, sejarah serial anime pertama yang terkenal di Jepang yaitu Astro Boy (Mighty Atom atau dalam bahasa Jepang Tetsuwan Atomu). Astro Boy dirilis pada tahun 1963, sebagai seri pertama anime yang ditayangkan di TV.

Sudah bukan jadi rahasia publik lagi, kalau banyak anime populer yang diadaptasi dari manga (komik), video game, maupun novel ringan. Rekomendasi anime terbaik sepanjang masa ini, tentu akan memiliki alur cerita dan karakter yang khas sehingga mampu menarik dan membuat penonton penasaran.


Bagi kamu yang belum tahu banyak tentang anime, beberapa rekomendasi anime populer ini bakal membantu kamu, untuk menemukan anime mana untuk ditonton. Nah, dalam artikel ini ada banyak rekomendasi anime terbaik sepanjang masa yang cocok dan wajib buat kamu tonton.

Dikutip dari laman JW webmagazine, berikut merupakan daftar anime populer, yang bisa jadi rekomendasi anime terbaik sepanjang masa:

30 Rekomendasi Anime Terbaik Sepanjang Masa

1. One Piece

Rekomendasi anime.Anime One Piece. Foto: dok. IMDb

One Piece menjadi rekomendasi anime terbaik pertama yang perlu ditonton. Anime bergenre petualangan, aksi dan fantasi ini, diadaptasi dari manga yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1997.

Hingga saat ini manganya sudah lebih dari 100 volume terjual di seluruh dunia. Anime One Piece pertama kali tayang setelah dua tahun manga pertama dirilis.

Cerita awalnya mengisahkan petualangan karakter utama bernama Monkey D. Luffy dan krunya kapal di dunia bajak laut. Dia berlayar di laut, untuk mencari harta karun pamungkas yang disebut "One Piece". Banyak adegan pertarungan yang kuat antara Iblis laut dan Luffy yang dikemas dengan menarik. Sehingga, anime ini wajib banget deh buat ditonton!

2. Bleach

Rekomendasi anime.Anime Bleach Foto: dok. IMDb

Bleach menjadi rekomendasi anime terbaik, yang cocok untuk ditonton buat kamu yang baru jadi penggemar anime. Bleach punya 366 episode anime dari tahun 2004-2012.

Sinopsis Bleach berkisah petualangan aksi dengan tema Samurai, siswa laki-laki bernama Ichigo Kurosaki. Ichigo ternyata telah mendapatkan kekuatan gaib dewa kematian "Shinigami". Dengan kekuatan Shinigaminya, ia pun punya tugas menyelamatkan dunia untuk mengalahkan roh jahat yang yang bernama Hollow.

Bleach diadaptasi dari manga populer yang diserialkan dalam majalah manga di Weekly Shonen Jump dari 2001-2016. Serial barunya Bleach: Thousand-Year Blood War akan mulai tayang pada Oktober 2022.

3. Tokyo Revengers

Rekomendasi anime.Anime Tokyo Revengers . Foto: dok. IMDb

Tokyo Revengers merupakan anime televisi populer, yang diadaptasi dari serial manga yang diserialkan di Majalah Weekly Shonen sejak tahun 2017. Anime ini bergenre action, fiksi ilmiah dan thriller.

Tokyo Revengers berkisah tentang karakter protagonis Takemichi Hanagaki, pria berusia 26 tahun yang hidup sengsara. Saat masih SMP, ia memiliki pacar bernama Hinata Tachibana. Namun, pada suatu hari Hinata dibunuh oleh suatu geng bernama Tokyo Manji.

Singkat cerita, di masa sekarang Takemichi tiba-tiba melakukan perjalanan ke masa lalu, untuk menyelamatkan mantan pacarnya yang meninggal. Ia pun mencoba mengubah masa lalu, sebagai siswa SMP lagi.

4. Inuyasha

Rekomendasi anime.Anime Inuyasha Foto: dok. IMDb

Inuyasha adalah anime yang diadaptasi dari manga populer yang diterbitkan oleh Weekly Shonen Sunday dengan total 56 volume. Seri anime ini terdiri dari dua bagian, yakni bagian pertama berdasarkan manga vol.1-36 dan kedua (Inuyasha: The Final Act) berdasarkan sisa cerita manga asli.

Sinopsis anime Inuyasha menceritakan tentang Kagome seorang gadis 15 tahun yang dibawa ke dunia lain di masa lalu. Lalu, ia bertemu dengan manusia setengah siluman bernama Inuyasha.

Setelah ada beberapa tragedi terjadi, Kagome dan Inuyasha akhirnya melakukan perjalanan untuk menyelesaikan misi untuk mencari Permata Suci Shikon. Anime bergenre adventure, fantasi, dan action ini telah tayang dari tahun 2000-2010.

5. Pokemon

Rekomendasi anime.Anime Pokemon. Foto: dok. IMDb

Pokemon adalah salah satu anime dan game Jepang populer yang banyak disukai di seluruh dunia. Pokemon pertama kali ditayangkan di Jepang dengan judul "Pocket Monsters" pada tahun 1997.

Anime menceritakan tentang anak muda bernama Satoshi, yang melakukan perjalanan ke seluruh dunia dengan berbagai Pokemon. Nah, karakter monster Pokemon yang paling terkenalnya yaitu ada Pikachu. Ini akan menjadi rekomendasi anime terbaik yang bisa ditonton semua kalangan, termasuk anak-anak.

6. Naruto

Rekomendasi anime.Anime Naruto. Foto: dok. IMDb

Naruto memang cocok untuk masuk menjadi rekomendasi anime populer sepanjang masa. Anime ini berhasil menarik banyak penggemar, dan mungkin hampir semua orang tahu anime Naruto kan? Naruto adalah anime yang bertema kehidupan ninja, yang diadaptasi dari manga karya Masashi Kishimoto.

Manga Naruto dirilis Weekly Shonen Jump oleh pada tahun 1999, dan berjalan hingga tahun 2014. Kemudian serial anime Naruto selesai pada tahun 2017. Anime Naruto sendiri terdiri dari dua judul, yakni Naruto yang ditayangkan pada 2002-2007 dan Naruto: Shippuden yang ditayangkan pada 2007-2017.

Anime ini settingnya tentang dunia fiksi Shinobi (Ninja), dan karakter utama bernama Uzumaki Naruto yang merupakan anak laki-laki hiperaktif yang bercita-cita menjadi seorang Hokage (pemimpin desa). Awal kemunculannya Naruto sering dikucilkan para penduduk desa Konoha, karena di dalam tubuhnya ada monster ekor 9 bernama Kurama yang sempat menghancurkan desa itu.

Dalam anime ini menampilkan Naruto dan karakter Ninja lainnya bertarung dengan berbagai teknik dan energi cakra untuk melakukan setiap misi. Banyak pesan penting yang ada di dalam anime ini, seperti ikatan kuat dengan teman dan keluarga, pengkhianatan, perpisahan, hingga kegigihan untuk tak pantang menyerah.

Setelah Naruto tamat, hadir manga dan anime Boruto: Naruto Next Generations. Di mana Boruto merupakan anime spin-off serial Naruto, yang berfokus pada cerita anaknya Naruto, yakni Boruto Uzumaki.

7. Fate

Rekomendasi anime.Anime Fate. Foto: dok. IMDb

Fate/Stay Night merupakan serial anime bergenre fantasi dan action, yang musim pertamanya dirilis pada tahun 2006. Berkisah tentang si karakter utama yaitu Shirou Emiya, yang selamat dari perang mitologi yang disebut Holy Grail War, untuk memperebutkan Cawan Suci (benda sihir yang bisa mengabulkan permintaan).

Seri keduanya Fate/Zero dirilis pada 2011-2012 yang berkisah tentang cerita masa lalu, kemudian di 2014-2015 Fate/stay night: Unlimited Blade Works. Perilisan seri anime ini berlanjut hingga tahun 2020.

8. Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba

Rekomendasi anime.Anime Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba. Foto: dok. IMDb

Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba merupakan anime yang diadaptasi dari manga karya Koyoharu Gotoge, yang diserialkan di Weekly Shonen Jump pada tahun 2016. Di musim pertamanya Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba punya 26 episode.

Anime ini menceritakan karakter utama Tanjiro Kamado yang menemukan keluarganya terbunuh karena serangan iblis. Lalu, saudara perempuannya bernama Nezuko diubah menjadi iblis juga. Sejak saat itu, Tanjiro pun memutuskan untuk menjadi pembunuh iblis untuk mengembalikan saudaranya itu menjadi manusia.

9. Death Note

Rekomendasi anime.Anime Death Note. Foto: dok. IMDb

Death Note merupakan anime bergenre misteri dan horor, adaptasi dari manga yang diterbitkan di Weekly Shonen Jump dari tahun 2003-2006. Anime ini memiliki banyak penggemar di internasional. Anime ini termasuk anime yang relatif pendek, yakni hanya 37 episode.

Anime Death Note mengisahkan tentang karakter bernama Light Yagami, yang menemukan sebuah Death Note (buku catatan kematian). Di mana buku itu milik Ryuk, yang merupakan Shinigami (dewa kematian). Saat nama seseorang ditulis di buku itu, maka orang tersebut akan mati. Death Note jadi anime populer yang cocok buat ditonton, karena penonton akan dibuat penasaran dengan alur ceritanya.

10. Detective Conan

Rekomendasi anime.Anime Detective Conan. Foto: dok. IMDb

Bagi anak kelahiran tahun 90an, pasti tidak asing lagi dengan anime Detective Conan kan? Detective Conan menjadi anime populer sepanjang masa, yang telah diterbitkan Weekly Shonen Sunday pada tahun 1994.

Detective Conan menceritakan tentang Shinichi Kudo siswa SMA sebagai seorang detektif yang sering membantu polisi, untuk berusaha memecahkan suatu kasus. Anime yang bergenre misteri ini, sangat cocok ditonton dan bisa dinikmati oleh kalangan orang dewasa dan anak-anak lho.

11. Dragon Ball

Rekomendasi anime.Anime Dragon Ball. Foto: dok. IMDb

Dragon Ball dikenal sebagai anime legendaris yang tayang pada tahun 1984. Dragon Ball awalnya dibuat sebagai manga Weekly Shonen Jump oleh Akira Toriyama.

Ada beberapa bagian utama seri Dragon Ball yang menjadi judul baru, seperti Dragon Ball Super sejak tahun 2015. Salah satu bagian yang terkenal anime ini adalah Dragon Ball Z, di mana cerita berlanjut setelah karakter utama bernama Goku sudah dewasa.

Anime ini bercerita tentang Goku yang hidup di tengah gunung sendirian, yang kemudian bertemu Bulma. Akhirnya, mereka berusaha mengumpulkan 7 bola ajaib bernama "Dragon Ball" yang bisa mewujudkan segala keinginan.

12. Monogatari Series

Rekomendasi anime.Anime Monogatari Series. Foto: dok. IMDb

Monogatari Series merupakan serial anime populer yang dirilis pada tahun 2009. Anime ini diproduksi oleh studio animasi Shaft, di bawah arahan Akiyuki Shinbo. Anime Monogatari Series diadaptasi dari novel yang ditulis oleh Nisioisin (Nishio Ishin).

Anime berfokus pada karakter anak SMA Koyomi Araragi yang mendapat kekuatan seorang vampir, setelah selamat dari serangan vampir. Kemudian, dengan kekuatannya itu Koyomi Araragi menangani banyak kasus dari penampakan yang disebut Kaii (seperti hantu) dan dia akan membantu mereka yang mengalami masalah supranatural.

13. Neon Genesis Evangelion

Rekomendasi anime.Anime Neon Genesis Evangelion. Foto: dok. IMDb

Neon Genesis Evangelion merupakan anime yang diciptakan oleh Hideaki Anno pada 1990-an. Anime bergenre mecha, action dan fantasy menggambarkan kisah 4 remaja bernama Shinji Ikari, Rei Ayanami, Asuka Langley Soryu dan Kaworu Nagisa. Mereka bertarung dengan musuh bernama Angel, dengan mengemudikan robot humanoid raksasa Evangelions.

14. My Hero Academia

Rekomendasi anime.Anime My Hero Academia. Foto: dok. IMDb

My Hero Academia termasuk anime populer saat ini, yang manga aslinya telah diterbitkan di Weekly Shonen Jump sejak tahun 2014 lalu. Sinopsis My Hero Academia menceritakan tentang seorang anak laki-laki bernama Izuku Midoriya yang tinggal di dunia dengan manusia berkekuatan super.

Ia pun bercita-cita ingin menjadi pahlawan. Singkat cerita ia bersama pahlawan lainnya, berusaha untuk melawan penjahat menggunakan kekuatan super "Quirks" mereka. My Hero Academia bergenre action dan fantasi, dan telah memiliki 35 volume tankobon hingga tahun 2022.

15. The Melancholy of Haruhi Suzumiya

Rekomendasi anime.Anime The Melancholy of Haruhi Suzumiya. Foto: dok. IMDb

The Melancholy of Haruhi Suzumiya merupakan salah satu anime terbaik setelah tahun 2000-an. Anime ini awalnya diterbitkan sebagai novel ringan pada tahun 2003. Kemudian diadaptasi menjadi anime pada tahun 2006.

Anime ini bakal cocok buat kamu yang suka cerita anak sekolah SMA. Anime ini menceritakan tentang kehidupan sehari-hari Brigade SOS sebagai klub sekolah yang didirikan oleh Haruhi Suzumiya.

Haruhi sangat menyukai makhluk bukan manusia, seperti alien, seorang pelintas waktu hingga makhluk gaib. Bersama teman-teman di klubnya itu, ia pun mengajak temannya untuk mewujudkan cita-citanya mencari para makhluk bukan manusia itu.

16. OreGairu: My Teen Romantic Comedy SNAFU

Rekomendasi anime.Anime My Teen Romantic Comedy SNAFU. Foto: dok. IMDb

Anime My Teen Romantic Comedy SNAFU juga dikenal sebagai OreGairu atau My Youth Romantic Comedy Is Wrong, As I Expected adalah serial anime modern populer bergenre romance, komedi dan slice of life (settingnya berdasarkan kehidupan sehari-hari). Anime ini dibuat dari novel ringan yang selesai dengan volume ke-17 pada tahun 2019.

Anime My Teen Romantic Comedy SNAFU menceritakan karakter Hachiman Hikigaya yang sinis dan pesimis, yang mulai menawarkan bantuan dan nasihat kepada siswa lainnya di klub layanan sekolah, dengan dua pahlawan wanita bernama Yukino Yukinoshita dan Yui Yuigahama. Dalam klub itu, mereka harus mau menolong setiap siswa yang datang untuk meminta bantuan. Serial anime ini diselesaikan dengan musim terakhir My Teen Romantic Comedy SNAFU Fin pada tahun 2020.

17. Tokyo Ghoul

Rekomendasi anime.Anime Tokyo Ghoul. Foto: dok. IMDb

Tokyo Ghoul adalah anime populer yang diadaptasi dari manga bergenre dark fantasy dengan judul yang sama, terbitan Weekly Young Jump pada tahun 2011-2014. Tokyo Ghoul diadaptasi menjadi anime dari tahun 2014.

Semantara, judul sekuelnya Tokyo Ghoul:re ditayangkan sebagai paruh kedua anime pada tahun 2018. Tokyo Ghoul menceritakan tentang manusia Ghouls, alias hantu hidup yang memakan daging manusia. Para Ghouls itu hidup di tengah masyarakat seperti layaknya manusia normal.

18. Steins;Gate

Rekomendasi anime.Anime Steins;Gate. Foto: dok. IMDb

Steins;Gate menjadi rekomendasi anime terbaik selanjutnya bergenre fiksi Ilmiah dan time loop. Sinopsis Steins;Gate mengisahkan seorang ilmuan bernama Rintarou Okabe dan anggota laboratorium lainnya yang mencoba menciptakan semacam mesin waktu.

Steins;Gate memiliki 24 episode anime yang ditayangkan di TV pada tahun 2011. Lalu disusul Steins;Gate 0 pada tahun 2018.

19. Cowboy Bebop

Rekomendasi anime.Anime Cowboy Bebop. Foto: dok. IMDb

Cowboy Bebop menjadi salah satu rekomendasi anime legendaris, yang paling populer. Anime Cowboy Bebop menceritakan tentang tahun 2071, di mana kondisi dunia ini tidak memungkinkan untuk ditempati makhluk hidup.

Membuat para manusia harus pindah ke planet lain. Demi bertahan hidup kelompok pemburu hadiah Spike Spiegel dan rekannya Jet Black pun berusaha untuk mengejar penjahat berbahaya.

Anime bergenre action dan fiksi ilmiah ini, telah tayang tahun dari 1998-1999 yang digarap Hajime Yatate. Cowboy Bebop telah ditayangkan di Jepang dengan 26 episode. Semantara, film anime Cowboy Bebop: Knockin' on Heaven's Door dirilis pada tahun 2001.

20. JoJo's Bizarre Adventure

Rekomendasi anime.Anime JoJo's Bizarre Adventure. Foto: dok. IMDb

Anime populer JoJo's Bizarre Adventure pertama kali diterbitkan tahun 1987. Seri animenya terdiri dari 8 bagian dari Phantom Blood hingga Jojolion per 2020. Sementara, anime bagian ke-6 Stone Ocean pertama kali didistribusikan di Netflix pada tahun 2021.

Anime ceritanya berfokus pada petualangan misterius keluarga Joestar. Setiap tokoh di keluarga Joestar ini memiliki karakter unik. Adegan pertempuran yang intens yang ada, telah menjadi sorotan dalam anime ini.

21. Re:Zero -Starting Life in Another World-

Rekomendasi anime.Anime Re:Zero -Starting Life in Another World-. Foto: dok. IMDb

Anime ini dipandang sebagai salah satu anime dan light novel Jepang terbaik, yang dirilis pada tahun 2010-an. Musim 1 dimulai dengan 25 episode di tahun 2016, lalu versi barunya ditayangkan mulai awal tahun 2020. Musim 2 Re:Zero tayang dengan 25 episode selama tahun 2020-2021.

Anime Re:Zero -Starting Life in Another World- berkisah tentang karakter utama Subaru yang tiba-tiba dikirim ke Isekai (dunia lain), tanpa kekuatan super. Sejak saat itu, Subaru mengalami kehidupan yang lebih buruk. Namun, ia pun diselamatkan oleh seorang wanita misterius bernama Emilia.

22. Ghost in the Shell

Rekomendasi anime.Anime Ghost in the Shell. Foto: dok. IMDb

Serial anime legendaris Ghost in the Shell awalnya dirilis pada tahun 1995, sebagai film anime yang disutradarai oleh Mamoru Oshii. Kemudian diikuti dengan serial anime TV berjudul Ghost in the Shell: Stand Alone Complex di bawah arahan Kenji Kamiyama.

Anime ini menampilkan setting negara Jepang di dunia paralel setelah tahun 2030. Di mana teknologi sains sangat maju. Manusia pada masa itu hidup berdampingan dengan robot.

Anime ini dibuka dengan cerita pada bagian keamanan publik section 9, termasuk anggota utama Mayor Motoko Kusanagi yang bekerja untuk mencegah kejahatan. Judul baru dari seri Ghost in the Shell: SAC 2045 dengan 3DCG dirilis dengan 12 episode, secara eksklusif di Netflix pada tahun 2020 lalu.

23. Attack on Titan

Rekomendasi anime.Anime Attack on Titan. Foto: dok. IMDb

Anime Attack on Titan merupakan anime terbaik dalam beberapa tahun terakhir, yang pantas untuk masuk daftar rekomendasi anime yang wajib ditonton. Anime ini awalnya dirilis sebagai manga pada tahun 2009. Kemudian, ditayangkan sebagai anime pada tahun 2013.

Attack on Titan menceritakan tentang kondisi di mana umat manusia berdiri di ambang kepunahan karena diserang oleh para raksasa yang disebut Titan. Karakter utama Eren Yeager dan Mikasa Ackerman dengan anggota Survey Corps lainnya, berusaha untuk melawan para raksasa itu.

Kisah seri manga Attack on Titan tamat pada April 2021. Musim keempat (terakhir dari seri anime) telah tayang pada 2020 dan akan selesai pada bagian akhir yang ditayangkan tahun 2023 mendatang.

24. Fullmetal Alchemist

Rekomendasi anime.Anime Fullmetal Alchemist. Foto: dok. IMDb

Fullmetal Alchemist termasuk anime sci-fi Jepang yang terkenal di seluruh dunia. Anime ini terbagi menjadi dua anime yang berbeda, yakni Fullmetal Alchemist dan Fullmetal Alchemist Brotherhood.

Sinopsis anime ini menceritakan dua bersaudara bernama Edward Elric dan Alphonse Elric, yang menggunakan suatu ilmu tabu supaya bisa membangkitkan ibunya yang sudah meninggal. Kedua saudara itu pun kehilangan sebagian tubuh mereka akibat melanggar tabu. Oleh karena itu, mereka mulai berpetualang untuk menemukan cara untuk mengambil kembali tubuh mereka.

25. Anohana: The Flower We Saw That Day

Rekomendasi anime.Anime Anohana: The Flower We Saw That Day. Foto: dok. IMDb

Anime Anohana ini hanya memiliki 11 episode, yang telah tayang pada 2011 lalu. Anohana masuk dalam daftar rekomendasi anime terbaik yang wajib kamu tonton nih! Karena anime ini termasuk salah satu anime paling sedih alias mengharukan di Jepang.

Kisahnya anime ini dimulai dengan kelompok yang beranggotakan 6 orang. Namun, mereka berpisah karena ada salah satu dari mereka Meiko Honma (Menma) meninggal, karena kecelakaan.

Lalu, 10 tahun kemudian di musim panas Jinta Yadomi alias Jinta dihampiri oleh sosok Menma yang muncul di hadapannya sebagai hantu, dengan penampilan yang sudah dewasa tapi masih memakai baju yang sama saat meninggal. Menma pun meminta Jinta untuk memintanya untuk mengabulkan keinginannya supaya bisa ke akhirat.

26. Violet Evergarden

Rekomendasi anime.Anime Violet Evergarden. Foto: dok. IMDb

Violet Evergarden merupakan anime besutan studio animasi Jepang terkenal Kyoto Animation pada tahun 2018. Anime ini bergenre drama romantis yang diadaptasi dari sebuah novel karya Kana Akatsuki dan Akiko Takase.

Violet Evergarden bercerita tentang kehidupan gadis bernama Violet, yang bekerja untuk menulis dan menyampaikan surat ke orang lain. Bertugas sebagai Auto Memory Dolls, membuat Violet harus bisa menemui klien dan memahami bagaimana perasaan mereka.

27. Mobile Suit Gundam

Rekomendasi anime.Anime Mobile Suit Gundam. Foto: dok. IMDb

Mobile Suit Gundam menjadi salah satu serial animasi Jepang terbaik. Anime ini juga dikenal sebagai pionir dalam kategori anime mecha dan action. Para 2019 lalu, para penggemar di seluruh dunia memperingati 40 tahun anime Gundam.

Serial TV pertama anime ini disutradarai oleh Yoshiyuki Tomino dan diproduksi oleh Sunrise yang tayang antara tahun 1979 dan 1980, dengan 43 episode. Edisi film yang diedit ulang dibagi lagi, menjadi tiga bagian yang dirilis pada tahun 1981 dan 1982.

Ada banyak judul anime spin-off dalam seri Gundam, antara lain Zeta Gundam, Reconguista modern in G dan Iron-Blooded Orphans. Anime ini mengisahkan situasi di abad universal tahun 0079, ketika ada kolonisasi ruang angkasa.

Mobile Suit Gundam akan menghadirkan konflik antara Federasi Bumi dan Kerajaan Zeon. DImana ada seorang remaja pemalu bernama Amuro Ray. Amuro akan mengemudikan senjata humanoid raksasa yang disebut mobile suit, untuk melawan Kerajaan Zeon yang dipimpin oleh Letnan Komandan Char Aznable.

28. Love Live!

Rekomendasi anime.Anime Love Live! Foto: dok. IMDb

Love Live! adalah anime terkenal yang bertemakan grup idol di sekolah SMA. Dua musim Love Live! ditayangkan pada tahun 2013-2014. Sementara, judul kedua dari serial anime ini dirilis sebagai Love Live! Sunshine!! pada 2016-2017.

Love Live! menceritakan proses bagaimana grup idola sekolah SMA bernama u's (diucapkan "muse") berdiri dan grup idol Aqours yang berusaha menyelamatkan sekolah mereka yang terancam akan ditutup. Anime ini punya banyak judul baru juga seperti Love Live! Nijigasaki High School Idol Club dan Love Live! Superstar!!

29. Clannad

Rekomendasi anime.Anime Clannad. Foto: dok. IMDb

Anime Clannad mungkin tidak terlalu seterkenal Naruto maupun One Piece, namun anime legendaris ini juga mungkin termasuk dalam rekomendasi anime yang wajib ditonton. Anime Clannad mengisahkan drama manusia, yang terbagi menjadi dua bagian yakni Clannad pada 2007-2008 dan Clannad After Story tahun 2008-2009.

Clannad merupakan salah satu mahakarya dari Kyoto Animation. Sinopsis Clannad mengikuti cerita kehidupan sehari-hari karakter utamanya Okazaki Tomoya yang menganggap sekolah itu tidak penting. Namun, kehidupan Tomoyo berubah menjadi lebih baik ketika ia bertemu wanita bernama Nagisa Furukawa di SMA.

30. Jujutsu Kaisen

Rekomendasi anime.Anime Jujutsu Kaisen. Foto: dok. IMDb

Jujutsu Kaisen menjadi serial anime populer, sejak manganya dirilis oleh Weekly Shonen Jump pada tahun 2018. Anime bergenre action dan dark fantasy ini menceritakan tentang Yuji Itadori siswa SMA berbakat, yang memutuskan untuk bergabung ke klub ilmu gaib di sekolahnya. Kemudian hidupnya mulai berubah ketika ia menemukan jimat terkutuk.

Musim pertama dari adaptasi anime ini, diproduksi oleh studio anime Jepang Mappa, ditayangkan dengan 24 episode pada tahun 2020. Musim kedua terbaru anime Jujutsu Kaisen akan mengudara pada tahun 2023 mendatang.

Walaupun animasi tidak hanya dari Jepang saja, namun banyak orang di seluruh dunia mencintai anime Jepang. Setiap tahunnya, ada banyak animasi yang diproduksi dan dirilis di seluruh dunia.

Industri anime telah berkembang pesat di Jepang, di mana negeri Sakura itu juga memiliki budaya lainnya seperti video game, cosplay, manga, hingga musik pop Jepang (Jpop). Saat ini, siapa pun bisa menikmati anime Jepang dengan subtitle dari berbagai bahasa.

Bahkan untuk mengakses anime terbaru saja, kita bisa tonton dengan mudah lewat banyak aplikasi. Nonton anime sekarang bisa streaming film online atau Video on Demand (VoD) seperti Netflix dan beberapa streaming video lainnya secara legal, di internet.

Nah, itu tadi daftar rekomendasi anime terbaik sepanjang masa yang wajib ditonton. Detikers, jadi tahu kan anime apa yang ada di Jepang? Mana nih yang jadi favorit kalian?



Simak Video "Ini Alasan Anindita Hidayat Jadi Influencer"
[Gambas:Video 20detik]
(khq/fds)