10 Urutan Skincare Pagi yang Benar

10 Urutan Skincare Pagi yang Benar

Debora Danisa Kurniasih Perdana Sitanggang - detikJabar
Senin, 18 Jul 2022 17:37 WIB
Natural beauty. Healthy skin. Dermatology hygiene. Cheerful smiling woman touching healthy fresh face on light defocused bathroom at morning.
Ilustrasi 10 urutan skincare pagi. Foto: Getty Images/iStockphoto/golubovy.
Jakarta -

Skincare kini menjadi salah satu kebutuhan mendasar, baik untuk perempuan maupun laki-laki. Kondisi cuaca yang tidak menentu serta polusi yang semakin parah berisiko membuat kulit tidak sehat dan mempengaruhi penampilan. Sama seperti tubuh harus dijaga dengan olahraga dan makanan sehat, kulit juga harus dijaga dengan skincare.

Untuk itulah, kita perlu--bahkan wajib--menggunakan skincare. Namun, penggunaan skincare tidak bisa sembarangan. Kita perlu mengetahui jenis skincare yang sesuai untuk kulit dan bagaimana urutan menggunakannya. Mengapa? Baca penjelasannya berikut ini.

Manfaat Pentingnya Menggunakan Skincare

Dilansir Healthline, kulit adalah salah satu organ tubuh terbesar dan memiliki peranan penting. Kulit menjadi lapisan terluar dari tubuh dan paling rentan terkena dampak-dampak negatif dari luar.


Berbagai faktor baik eksternal maupun internal bisa mempengaruhi kesehatan kulit, antara lain:

1. Sinar Ultraviolet (UV)

Paparan sinar mataharimaupun layar gadget mengandung ultraviolet (UV). Sinar ini bisa berdampak buruk bagi kulit jika terpapar terlalu lama dan sering tanpa proteksi skincare.

2. Asap dan Polusi

Terutama bagi kamu yang tinggal di kota besar, asap dan polusi kerap menjadi momok bagi kesehatan kulit. Setidaknya, menggunakan skincare dapat melindungi dari berbagai racun yang terkandung dalam asap dan polusi.

3. Kekurangan Cairan Hingga Menyebabkan Kering

Secara alami, kulit memiliki kelembaban. Namun, hal ini harus didukung asupan baik dari dalam maupun luar tubuh. Minum air putih menjadi penyokong dari dalam tubuh, sementara dari luar didukung dengan skincare. Jika kulit terlalu kering, maka akan cepat keriput.

4. Penuaan

Menyambung dari dampak sebelumnya, kekurangan kelembaban dapat menyebabkan kulit kering dan cepat keriput. Dengan kata lain, kulit akan lebih mudah mengalami penuaan jika tidak dijaga dengan perawatan yang benar.

Karena kebutuhannya yang cukup kompleks, ada banyak produk skincare yang dibutuhkan kulit. Kita harus memahami fungsi masing-masing skincare serta urutan pemakaiannya agar memberikan hasil yang maksimal bagi kulit.

Urutan Skincare Pagi yang Benar

Selain jumlah skincare yang dibutuhkan, waktu pemakaian skincare juga perlu diperhatikan. Dalam sehari, umumnya skincare digunakan dua kali. Pagi dan malam. Keduanya memiliki fungsi masing-masing. Namun, kali ini kita akan membahas khusus untuk skincare pagi.

Skincare pagi diperlukan sebelum kita beraktivitas di luar. Kita kerap berhadapan dengan berbagai polusi di luar ruangan maupun paparan pendingin di dalam ruangan yang bisa berdampak negatif bagi kulit. Untuk itu, kita perlu mengaplikasikan skincare sejak awal.

Urutan penggunaannya pun tidak bisa sembarangan karena akan berpengaruh pada seberapa efektif skincare tersebut terserap ke kulit. Secara garis besar, urutannya terbagi ke dalam tiga tahap: pembersih, pelembab, dan tabir surya. Namun, tentu saja praktiknya tidak cukup hanya tiga tahapan tersebut.

Berikut ini detail urutan skincare pagi mengutip dari Healthline.

  • Pembersih Berbahan Minyak dan Air

Pertama-tama, bersihkan wajah dengan pembersih. Ada dua jenis pembersih yang perlu digunakan. Pertama, gunakan yang berbahan minyak. Kemudian dilanjutkan dengan pembersih berbahan air. Pembersih ini digunakan untuk menghilangkan sisa-sisa minyak alami kulit yang muncul selama tidur, supaya kita lebih mudah mengaplikasikan make-up setelah ini.

  • Toner atau Astringen

Toner digunakan untuk menghidrasi atau melembabkan lagi kulit dengan benar, serta menanggalkan sel-sel mati dan kotoran yang belum terangkut oleh cairan pembersih. Sementara itu, astringen digunakan untuk menghilangkan minyak berlebih. Catatan: jika kulitmu kering, tidak perlu menggunakan astringen karena kandungan alkoholnya tinggi dan justru akan mengiritasi kulitmu.

  • Serum Antioksidan

Serum ini berfungsi sebagai pelindung kulit dari berbagai faktor eksternal yang bisa merusak kulit, seperti asap beracun dan sinar UV berlebih. Serum antioksidan umumnya mengandung vitamin C dan vitamin E yang memperbaiki tekstur serta mencerahkan kulit.

  • Spot Treatment

Jika kulitmu punya bintik-bintik atau bruntusan, kamu perlu menggunakan produk yang berfungsi sebagai spot treatment. Aplikasikan dengan lembut pada area yang memiliki bintik-bintik atau spots. Jika kulitmu tidak memiliki spots, kamu bisa melewati proses ini.

  • Krim Mata

Kulit di sekitar mata memiliki tekstur yang berbeda dengan kulit wajah bagian lain. Kulit sekitar mata cenderung lebih tipis dan lembut serta lebih sensitif. Bagian ini juga cenderung mudah gelap dan keriput. Gunakan produk krim mata untuk menjaga agar kulit bagian ini tetap kencang dan halus.

  • Face Oil Ringan

Face oil berfungsi menjaga kulitmu tetap lembab dan terhidrasi. Gunakan face oil yang ringan pada tahap ini agar lebih mudah terserap. Namun perlu diwaspadai, tahap ini mungkin kurang cocok bagi kamu yang punya kulit berminyak, karena justru akan menambah minyak di wajahmu.

  • Pelembab

Pelembab berfungsi menenangkan dan melembutkan kulit wajah. Terutama untuk kamu yang punya tipe kulit kering. Pelembab umumnya berbahan krim atau semacam balsem. Cari pelembab dengan bahan yang sesuai untuk jenis kulitmu, di antaranya mengandung glycerine, antioksidan, peptida, dan ceramide.

  • Face Oil Pekat

Tahapan ini mengulang pemberian face oil ringan sebelumnya, kali ini dengan produk yang lebih pekat. Karena teksturnya lebih pekat, face oil ini lebih lama menyerap ke kulit tapi akan lebih tahan lama daripada face oil yang ringan. Namun, perlu diwaspadai face oil ini akan menghambat pori-porimu dan justru menimbulkan jerawat. Jadi jangan lupa dibersihkan saat malam, ya.

  • Tabir Surya

Seluruh rangkaian skincare di atas akan sia-sia jika tergempur oleh sinar ultraviolet. Karena itu, penting untuk mengaplikasikan tabir surya atau sunscreen. Skincare ini bukan hanya mencegah kulitmu menghitam dan kusam, tetapi juga melindungimu dari risiko kanker kulit dan memperlambat penuaan.

  • Foundation atau Make-up Dasar

Setelah semua rangkaian di atas selesai, saatnya kamu menggunakan make-up. Jangan lupa untuk mengaplikasikan foundation atau make-up dasar sebagai "batasan" antara skincare dengan kosmetik. Jika tidak, kosmetik yang kita gunakan bakal susah tahan lama.

Skincare yang Sesuai dengan Jenis dan Kebutuhan Kulit

Sama seperti urutan penggunaan, memilih skincare yang sesuai jenis dan kebutuhan kulit kita juga harus cermat dan tidak bisa sembarangan.

Mengutip Medical News Today, ada lima jenis kulit yang dikenal. Yakni:

  • Kering
  • Berminyak
  • Kombinasi
  • Sensitif
  • Normal.

Jenis kulit ini ditentukan berdasarkan seberapa banyak sebum yang diproduksi. Jika sebum yang diproduksi kulit sedikit, maka kulitmu termasuk kulit kering. Sebaliknya, jika produksi sebum berlebih, maka kulitmu termasuk kulit berminyak.

Masing-masing jenis kulit biasanya memiliki skincare khusus. Jangan gunakan skincare untuk kulit berminyak jika kulitmu kering, karena produk tersebut akan mengurangi produksi sebum dan membuat kulitmu semakin kering.

Khusus untuk kulit sensitif, gunakan skincare yang memang dikhususkan bagi kulit sensitif. Kulit tipe ini mudah iritasi atau mengalami peradangan jika menggunakan skincare yang tidak sesuai dengan peruntukan kulitnya.

Bagaimana cara mengetahui jenis kulitmu? Praktikkan cara sederhana dari Medical News Today ini.

  • Cuci wajahmu dengan sabun muka yang lembut
  • Keringkan dengan handuk/lap dengan cara ditepuk-tepuk (jangan diseret)
  • Perhatikan permukaan kulit setelah dicuci
  • Catat perubahan yang terjadi setelah beberapa saat dicuci

Jika kulitmu terasa kering dan kencang, maka termasuk kulit kering. Kulit berminyak juga terasa kering dan kencang sesaat setelah dicuci, tapi akan muncul minyak pada bagian tertentu setelah beberapa saat. Umumnya di dahi, hidung, dan dagu. Bagian-bagian ini akan terlihat mengkilap.

Kulit sensitif mungkin akan terasa seperti tersengat, terbakar, atau gatal. Sedangkan kulit normal akan terlihat baik-baik saja dan tidak berubah bahkan berjam-jam setelah cuci muka.

Itulah 10 tahapan skincare routine pada pagi hari yang sebaiknya tidak dilewatkan. Jangan lupa, sesuaikan produk skincare dengan jenis dan kebutuhan kulitmu ya, detikers!



Simak Video "Ini Alasan Anindita Hidayat Jadi Influencer"
[Gambas:Video 20detik]
(des/row)