Membanggakan! Putra Jabar Perdana Bawa Harum Indonesia di Hoki Internasional

Anindyadevi Aurellia - detikJabar
Kamis, 26 Mei 2022 20:00 WIB
Alam Fajar Kusuma (tengah).
Foto: Dok. Unpad
Bandung -

Kabar baik kembali datang dari dunia olahraga. Salah satu putra Jawa Barat, Alam Fajar Kusuma (23) meraih penghargaan pada kejuaraan hoki internasional "Men's Asian Games Qualifier Bangkok 2022" yang digelar 6-15 Mei 2022 di Bangkok, Thailand.

Alam bersama 10 anggota Tim Nasional (Timnas) Indonesia berhasil mengamankan medali perunggu setelah bertarung dengan tuan rumah. Medali perak harus direlakan untuk Oman yang unggul 2-0 dari Timnas.

"Pertarungan cukup sengit karena Thailand bermain dengan percaya diri di kandang sendiri. Selama tiga quarter sempat kejar-kejaran skor, hingga alhamdulillah Indonesia aman di quarter akhir dengan skor 4-3," terang Alam pada detikJabar, Kamis (26/5/2022).


Mahasiswa semester akhir Agribisnis Universitas Padjajaran ini, menceritakan pengalaman perdananya menjadi kiper untuk ajang Hoki Outdoor. Ia tak pernah menyangka akan langsung berhadapan dengan lawan dari negara lain.

"Sejak 2019 saya berlatih sebagai kiper hoki indoor. Mulai Maret lalu tiba-tiba diminta bertanding hoki outdoor untuk perlombaan Men's AHF Cup di Jakarta. Waktu itu Indonesia baru menduduki peringkat ketujuh dari sembilan negara yang bertanding," ujar anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Hoki Unpad tersebut.

Perdana di lapangan outdoor dan membawa nama negara ke ajang internasional, membuat Alam tak muluk-muluk menargetkan diri. Ia hanya berusaha maksimal dari latihan yang rutin dilakukannya. Namun ternyata, dalam ajang ini ia langsung menyabet dua penghargaan sekaligus.

"Pertandingan Indonesia vs Bangladesh saya dapat penghargaan Man of The Match, kemudian di akhir pertandingan ternyata dapat lagi penghargaan Best Rising Goalkeeper. Seneng banget rasanya," terang Alam diiringi tawa.

Dari situlah ia mulai percaya diri melenggang untuk persiapan Men's Asian Games Qualifier Bangkok 2022. Hasil yang diperoleh rupanya mampu melampaui target. Timnas Indonesia memperoleh medali perunggu dan pertama kalinya melaju ke Asian Games di Hangzhou, China, pada September 2022.

"Bawa Hoki Indonesia perdana maju ke kancah dunia itu rasanya sudah bangga banget. Eh ternyata saya masih dapat penghargaan Player of The Match waktu pertandingan lawan Oman. Waktu mau dikalungkan medali perunggu, saya dipanggil lagi ternyata dapat penghargaan Best Goalkeeper of The Tournament. Liat pelatih dan temen-temen tepuk tangan saya langsung nangis," cerita Alam dengan antusias.

Bungsu dari dua bersaudara ini menjadikan prestasinya sebagai lecutan untuk terus menekuni hoki. Menurutnya, bidang olahraga ini adalah rezeki yang tak disangka. Kini, ia sedang fokus berlatih sebagai kiper hoki outdoor untuk menghadapi pertandingan babak kualifikasi menuju Piala Dunia yang rencananya berlangsung tahun depan.

"Tahun ini jadi tahun yang super sibuk. Target memang tak muluk-muluk, tapi semoga bisa terus memberikan performa maksimal. Syukur-syukur bisa bawa Indonesia untuk maju ke pertandingan level dunia. Hari ini tanding pukul 18.00 di Jakarta melawan India," pungkas Alam.



Simak Video "Begal Dikeroyok Warga di Bandung, Disebut Sempat Todongkan Pistol"
[Gambas:Video 20detik]
(aau/ors)