Jabar Mendunia

Cerita Karir Model Nafa Salvana dari Warung Pecel Lele

Yuda Febrian Silitonga - detikJabar
Selasa, 15 Mar 2022 23:30 WIB
Nafa Salvana
Foto: Instagram @nafasalvana
Jakarta -

Nama Nafa Salvana kini tengah jadi perbincangan karena kiprahnya dalam dunia modeling mengharumkan Indonesia. Gadis asal Karawang ini direkruk agensi WhoKnows yang kemudian membawanya ke Milan untuk mengikuti pagelaran busana.

"Saya kuliah S1 desain komunikasi visual di Unikom Bandung," ujar tutur Nafa saat berbincang dengan detikJabar beberapa waktu lalu lewat obrolan WhatsApp.

Nafa juga merupakan alumnus dari Sekolan Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Karawang, dan anak pertama dari 3 bersaudara.


"Dulu SMA nya SMAN 3 Karawang, dan tinggal di Perumnas Telukjambe," ungkap perempuan kelahiran tahun 1999 ini.

Ia menuturkan bahwa setelah lulus SMA tahun 2017, keberuntungan itu hadir menghampirinya.

"Tanpa disangka-sangka agensi Whoknows Indonesia merekrut saya untuk ikut direkrut sama agensi The claw yang base di Milan Paris. Mereka ingin aku dateng dan ikut buat casting Milan Fashion Week 2022," kata Nafa yang hobi menggambar ini.

"Sebenarnya sempat ragu atas ajakan itu, tapi saya berpikir positif untuk mencobanya, karena tidak ada basic di dunia model dan belum pernah saya tau sebelumnya," ungkapnya.

Lanjutnya, dari pertemuan itu agensi WhoKnows menawarkan ke pihak agensi The Claw di Milan dan akhirnya diterima.

"Jadi untuk masuk ke agensi the claw mereka yang nemuin aku melalui agensi Whoknows dan ingin aku buat masuk agensi mereka. Jadi aku masuk tanpa casting dan wawancara, mereka udah ingin aku masuk ke agensi mereka," bebernya yang kini tinggal di sebuah apartemen via lambrate Milan Paris.

Kini, ia tengah menjalani pekerjaan barunya sebagai peraga busana brand ternama Milan. Bahkan mengikuti ajang bergengsi Paris Fashion Week.

"Setelah itu lolos casting buat brand fashion Capasa, Milano, Diesel dan ac9. Dan ini juga lagi shoot buat fashion week, ada dua show lagi untuk brand ac9," tuturnya yang tengah berada di Milan dengan perbedaan waktu kurang lebih 7 jam dengan waktu di Indonesia.

Nafa Salvana di Mata Ibunda

Sementara itu, Ibunda Nafa Salvana, Diana (45) menuturkan jika anaknya itu sebelum berkarir menjadi model adalah anak rumahan dan jago dalam menggambar.

"Dia itu padahal anak rumahan, jarang main dan kerjaannya gambar mulu," kata Diana saat ditemui di rumahnya di Perumnas Bumi Telukjambe Karawang, Selasa (15/3/2022).

Lanjutnya, kegemaran menggambar sudah lahir sejak Sekolah Dasar (SD) dan selalu mendapatkan juara dalam lomba menggambar.

"Dulu waktu kelas 5 SD pernah ikut lomba di salah satu perusahaan di kawasan industri dan dapat juara 1 terus waktu SMP juga dapat juara 1 ikut lomba gambar di kampus," katanya.

Dari kegemaran menggambar itu, kedua orang tuanya sangat mendukung Nafa untuk mengembangkan bakatnya menggambar, hingga ia menjadi mahasiswi di Universitas Ilmu Komputer (Unikom) jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV).

"Makanya ayah sama mamahnya sangat mendukung dia jadi mahasiswa di Unikom jurusan DKV," kata perempuan yang memiliki usaha penjualan jamu ini.

Diana juga membenarkan anaknya bertemu agensi WhoKnows di sebuah warung makan pecel lele di Bandung.

"Iyah ketemu di pecel lele sama Rizal sama Bani dari agensi Whoknows dan menawari Nafa untuk jadi model," ucapnya

Setelah pertemuan itu, Nafa bercerita kepada Diana untuk meminta saran atas ajakan dari Agensi WhoKnows tersebut.

"Jadi itu pertemuan di warung pecel lele itu akhir bulan November, dan Nafa sempat curhat dan meminta saran juga izin untuk ikut ajakan Bani dan Rizal," bebernya.

Kemudian, Nafa mendapatkan izin dari kedua orang tuanya dan melangsungkan interview di akhir Desember.

"Jadi akhir Desember Nafa diinterview oleh Agensi The Claw di Milan lewat zoom, dan diterima, saya juga gak sangka bisa diterima," tuturnya.

Meski diterima, kedua orang tuanya masih memiliki rasa khawatir untuk memberikan izin terhadap Nafa.

"Tapi saya di situ sama si bapak sempat was-was apa bener agensinya atau penipuan," terangnya.

Lalu, Nafa mendapatkan surat kontrak dari The Claw untuk menjadi model dan tampil di Paris Fashion Week.

"Jadi pas dapat surat kontrak itu, saya lalu kasih ke saudara yang ahli hukum, apa benar atau gak surat kontraknya dan kata saudara ahli hukum itu iyah kontraknya sudah bener, dan bukan penipuan," ucapnya.

Kemudian, pada Januari kedua orangtuanya mengurusi semua berkas administrasi untuk keberangkatan Nafa ke Eropa.

"Jadi pada Januari langsung buat visa dan paspor untuk keberangkatan ke Milan Paris," katanya.

Nafa Masih Ikuti Perkuliahan

Di sela aktivitas menjadi model, Nafa diakui ibunya masih ikut perkuliahan.

"Kalau soal kuliah, Nafa Alhamdulillah masih bisa mengatur waktunya meski memang beda jamnya, jadi kalau ikut kuliah itu dia biasanya dini hari udah standby bangun dan kebetulan kampus mendukung juga karena kan ada program kampus merdeka," kata Diana.

Diana juga mengatakan bahwa Nafa (anaknya) memiliki nilai perkuliahan yang baik.

"Mungkin karena jurusan kuliahnya sesuai alhamdulillah kemarin IPK nya 4 dan saat ini tuh lagi nyusun," katanya.



Simak Video "Permintaan Maaf MS Glow soal Kontroversi Paris Fashion Week"
[Gambas:Video 20detik]
(yum/tya)