Jejak Kasus Video Mesum Oknum Guru Ciamis, Pelaku Jadi Tersangka

Jejak Kasus Video Mesum Oknum Guru Ciamis, Pelaku Jadi Tersangka

Dadang Hermansyah - detikJabar
Rabu, 28 Sep 2022 07:00 WIB
Pemeran video mesum oknum guru Ciamis.
Pemeran video mesum oknum guru Ciamis. (Foto: Dadang Hermansyah)
Ciamis -

Beberapa waktu lalu, dunia pendidikan Kabupaten Ciamis digegerkan beredarnya video mesum oknum guru di Kecamatan Sukadana, Ciamis, Jawa Barat.

Kedua pemeran video itu diketahui berstatus guru ASN PNS dan P3K. Video mesum tersebut disebar melalui grup WhatsApp PGRI hingga menjadi perbincangan di kalangan pendidikan. Kini pemeran pria berinisial KR ditetapkan tersangka atas dugaan penyebaran video mesum tersebut.

DetikJabar merangkum perjalanan kasus video mesum oknum guru di Ciamis hingga penetapan tersangka pemeran pria.


Geger Video Mesum Guru Ciamis

Beredar video mesum oknum guru di Sukadana, Ciamis di grup perpesanan komunitas guru (PGRI) di wilayah Sukadana. Kemudian video tersebut menjadi perbincangan di kalangan pendidikan.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis Endang Kuswana membenarkan video mesum tersebut. Video tersebut beredar sekitar tanggal 18 Juli 2022. Kepala sekolah SD di Sukadana kemudian melaporkannya ke Dinas Pendidikan Ciamis.

Setelah ditelusuri, pemeran dalam video itu adalah yang pria berstatus guru PNS dan yang perempuan berstatus guru P3K. Kedua oknum guru tersebut mengajar di SD yang sama di Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis.

Dinas Pendidikan Ciamis pun langsung melakukan pemanggilan terhadap dua pemeran video tersebut untuk dimintai keterangan. Namun setelah beredarnya video mesum tersebut, pelaku laki-laki diduga kabur dari rumahnya dan tidak lagi mengajar.

Inspektorat Turun Tangan

Setelah mendapat laporan dari Dinas Pendidikan Ciamis, Inspektorat Kabupaten Ciamis pun turun tangan menangani kasus tersebut. "Benar kami sudah mendapat laporan itu, dalam hal ini kita tangani secara berjenjang. Baik itu PNS nya mau pun P3K nya," ujar Kepala Inspektorat Ciamis Ika Darmaiswara pada Rabu (27/7/2022).

Ika mengatakan penanganan di Inspektorat hanya sebatas pada indisipliner. Sedangkan terkait kasus penyebaran video mesum tersebut berada di kepolisian. Ika pun menilai beredarnya video tersebut termasuk dalam pelanggaran berat. Bahkan bila terbukti ada unsur kesengajaan, oknum guru SD tersebut bisa diberhentikan.

Polisi Usut Video Mesum Oknum Guru di Ciamis

Polisi pun melakukan penyelidikan kasus video mesum diduga oknum guru SD di Ciamis. Video mesum itu membuat geger dunia pendidikan di Ciamis.

Kasi Humas Polres Ciamis Iptu Magdalena membenarkan adanya video mesum yang diduga oknum guru di Ciamis. Kasus tersebut ditangani oleh Unit Tipiter Satreskrim Polres Ciamis. "Itu ditangani unit 2, atau tipiter karena ada kaitannya dengan IT," ujar Magdalena, Rabu (27/7/2022).

Polisi pun melakukan penyelidikan dan pemeriksaan terhadap pihak terkait pada video tersebut.

Bupati Ciamis Akan Bertindak Tegas

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyebut beredarnya video mesum oknum guru tersebut sangar memalukan. Herdiat pun berjanji untuk memproses dan memberikan tindakan tegas 2 oknum guru yang berstatus PNS dan P3K. "Kita akan tindak tegas proses sesuai ketentuan. Dua-duanya guru PNS dan P3K," ucapnya," Kamis (28/7/2022).

Menurut Herdiat, akibat perilaku dua oknum guru yang berbuat asusila tersebut semua ASN Ciamis terkena imbasnya. "Kita para aparat semua terdampak. Imbasnya ke semua ASN. Perbuatan asusila itu sangat memalukan," tegasnya.

Herdiat pun langsung membentuk tim ad hoc terdiri dari Inspektorat, BKPSDM dan Dinas Pendidikan. Tujuannya untuk menangani secara khusus kasus tersebut. "Sudah beberapa kali kita lakukan pemanggilan. Pertama karena tindakan asusila dan tidak masuk kerja yang jelas-jelas melanggar kode etik ASN," ungkapnya.

Tindakan oknum guru dalam video mesum tersebut bisa dikategorikan sebagai pelanggaran berat. Bahkan Herdiat menyebut sanksinya pemecatan.

Pemeran Pria Video Mesum Kabur

Oknum guru pria pemeran video mesum itu diduga kabur. Guru tersebut tidak pernah memenuhi panggilan, padahal Dinas Pendidikan Ciamis yang telah melayangkan surat pemanggilan ketiga.

Bahkan Dinas Pendidikan Ciamis pun telah mendatangi rumahnya, namun hanya ada istri dan anaknya. Sejak video mesum tersebut beredar dan ramai diperbincangkan, diketahui dua guru tersebut sudah tidak lagi mengajar di sekolah.

Sekretaris Dinas Pendidikan Ciamis Endang menjelaskan, pelaku pria sudah 10 hari mangkir dari tugasnya sebagai guru sejak pemanggilan dilakukan.

Dinas Pendidikan Ciamis kini tengah memproses sesuai dengan PP nomor 53 tahun 2010 dan PP nomor 94 tahun 2021 tentang disiplin pegawai. Dijelaskan apabila PNS tidak masuk 10 hari tanpa keterangan sudah jelas masuk dalam disiplin berat.

Polisi Periksa 6 Saksi Terkait Video Mesum

Satreskrim Polres Ciamis melakukan penyelidikan atas beredarnya video mesum diduga oknum guru SD di Ciamis, Jawa Barat. Polisi telah memeriksa sejumlah saksi.

"Kami sudah terima laporan adanya video dugaan asusila yang beredar diduga menyangkut oknum guru. Pada dasarnya pihak wanita yang pemeran dalam video itu melaporkan lawannya tersebut yang menyebarkan," ujar Kapolres Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro, Jumat (29/7/2022).

Tony telah memeriksa 6 saksi. Tujuannya untuk melengkapi alat bukti dalam menyelesaikan laporan tersebut. "Ada 6 saksi yang kami periksa. Terkait laporan pihak wanita pidana penyebaran konten video tersebut. Saksi dari pihak sekolah, pelapor," ungkap Kapolres.

Polisi pun mendalami terkait dengan motivasi pelaku menyebar konten video asusila tersebut. Pelaku pria pemeran dalam video tersebut diduga melarikan diri.

Pria Pemeran Video Mesum Masuk Rumah Sakit

Pria berinisial KR, pemeran dalam video mesum oknum guru SD di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, sempat dirawat di RSUD Ciamis. Sebelumnya, KR sempat kabur beberapa minggu saat video mesumnya beredar di kalangan pendidikan.

"Iya benar. Yang bersangkutan kita jemput dari rumahnya. Karena sakit langsung dibawa ke rumah sakit," ujar Kasi Humas Polres Ciamis Iptu Magdalena, Kamis (25/8/2022).

Magdalena menyebut proses hukum video mesum tersebut dalam tahap penyelidikan. Sedangkan status pria pemeran video mesum guru SD Ciamis tersebut masih sebagai saksi.

Meski di rumah sakit, pihak kepolisian tetap melakukan pengawasan. Namun Magdalena tidak merinci terkait penyakit yang dialami KR.

Setelah Sembuh, Pemeran Video Mesum Ditahan Polisi

KR, pemeran pria dalam video mesum oknum guru SD di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, diamankan oleh Satreskrim Polres Ciamis. Sebelumnya KR sempat dirawat di RSUD Ciamis karena sakit.

"Pelaku sebelumnya sakit dan dirawat di rumah sakit. Setelah keluar atas permintaan keluarganya diamankan di Polres Ciamis," ujar KBO Satreskrim Polres Ciamis Ipda Ateng Budiono, Senin (29/8/2022).

Ateng menjelaskan saat ini status pelaku video mesum guru SD tersebut masih saksi. Alasan diamankan untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan di lingkungan wilayah tempat pelaku tinggal.

Pria Pemeran Video Mesum Guru di Ciamis Jadi Tersangka

Satreskrim Polres Ciamis menetapkan pria berinisial KR pemeran video mesum oknum guru SD di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, jadi tersangka. Polisi kini telah menahan tersangka di Mapolres Ciamis.

Pemeran pria dalam video itu ditetapkan tersangka atas dugaan penyebaran video pornografi. Tempat kejadian di Sukadana Ciamis pada 12 Juli 2022.

"Tersangka diduga menyebar luaskan video rekaman persetubuhan tersangka dengan pelapor. Dalam kasus ini yang menjadi pelapor adalah korban salah satu pemeran wanita di video tersebut," ujar Kapolres Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro saat press rilis di Mapolres Ciamis, Selasa (27/9/2022).

Modus tersangka menyebarkan video mesumnya dengan pelapor karena sakit hati dan tidak terima setelah diminta putus. Antara korban dan tersangka menjalin hubungan asmara, padahal keduanya sudah punya pasangan yang sah.

Kedua pasangan selingkuh ini bekerja di satu sekolah yang sama, pemeran pria sebagai operator. Sedangkan pemeran perempuan berinisial LR sebagai guru.

"Video itu pertama kali disebarkan tersangka di grup WhatsApp PGRI dan di grup operator sekolah. Adegan itu direkam di sebuah hotel di Majenang sudah cukup lama," kata Kapolres.

Dipecat Tidak dengan Hormat dari ASN

Kepala Dinas Pendidikan Ciamis Asep Saeful Rahmat menegaskan KR sudah bukan lagi ASN PNS Pemkab Ciamis. Kini KR sudah ditetapkan jadi tersangka kasus dugaan penyebaran video mesum.

Menurut Asep, pemeran pria video mesum tersebut diduga yang menyebarkannya. Sebelumnya, KR merupakan guru PNS SD di Sukadana.

"Sejak awal bulan Agustus 2022, yang bersangkutan sudah dijatuhi disiplin berat. Diberhentikan tidak dengan hormat," ujar Kadisdik Ciamis Asep Saeful Rahmat, Selasa (27/9/2022).

Sedangkan untuk pemeran perempuan video mesum tersebut mengundurkan diri dari guru P3K.

(iqk/iqk)