Kemhan Kembangkan Motor Listrik, Pakar: Dukung Tugas TNI!

Kemhan Kembangkan Motor Listrik, Pakar: Dukung Tugas TNI!

Dony Indra Ramadhan - detikJabar
Senin, 19 Sep 2022 08:27 WIB
Pengujian motor listrik oleh Kemenhan
Pengujian motor listrik oleh Kemenhan (Foto: Istimewa)
Bandung -

Kementerian Pertahanan (Kemhan) tengah mengembangkan kendaraan listrik sebagaimana instruksi Presiden Jokowi. Motor listrik tersebut dinilai bisa membantu kinerja TNI dalam pengamanan garda terdepan tanah air.

Hal itu diungkapkan Pakar Militer dan Intelijen Susaningtyas Nefo Kertopati. Motor listrik yang dikembangkan merupakan hasil kolaborasi Kemhan dan PT Eltran Indonesia (anak perusahaan PT LEN).

"Motor listrik sudah melalui uji coba tentu ini sangat baik untuk mendukung tugas prajurit TNI," ucap Susaningtyas dalam keterangannya, Senin (19/9/2022).


Kendati demikian, dia menilai masih ada catatan dalam pengembangan motor listrik tersebut. Salah satunya terkait sosialisasi penggunaan motor listrik.

"Tidak hanya produksinya tapi cara penggunanya juga harus dibuat massive supaya pemakainya sudah paham dalam menggunakannya," tuturnya.

Pengembangan motor listrik ini juga diketahui atas keinginan dari Menhan Prabowo Subianto. Prabowo berusaha merealisasikan instruksi Presiden Jokowi untuk beralih ke kendaraan listrik.

"Saya melihat Menhan (Prabowo) luar biasa dalam berupaya mewujudkan cita-cita dan harapan Pak Jokowi. Terlebih mampu menjalankannya dengan baik. Tentu harus kita apresiasi dan memberikan dukungan agar segera terealisasi," katanya.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan mengembangkan motor listrik sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo. Kendaraan listrik tersebut masih berupa prototipe bernama Electric Tactical Motor Bike.

Motor listrik tersebut merupakan hasil desain anak bangsa dan dikaji serta diuji PT Eltran Indonesia (anak perusahaan Len) di Badan Penelitian dan Pengembangan Pertahanan Kementerian Pertahanan (Balitbang Kemenhan).

Electric Tactical Motor Bike sendiri baru saja mendapatkan sertifikat prototipe produk dari Pusat Penelitian dan Pengambangan (Puslitbang) Kementerian Pertahanan (Kemenhan). Penyerahan tersebut dilaksanakan di Pusdikkav, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kamis (15/9/2022).

Pengembangan kendaraan listrik itu sejalan dengan Peraturan Presiden (Perpres) No.55/2019 mengenai kendaraan listrik.



Simak Video "Pemerintah Beri Subsidi Harga Motor Listrik, Siapa yang Untung?"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/dir)