Kabar Nasional

Komnas HAM Bakal Periksa Ferdy Sambo-Istri

Tim detikNews - detikJabar
Rabu, 10 Agu 2022 18:00 WIB
Jakarta -

Komnas HAM bakal memeriksa Irjen Ferdy Sambo beserta istrinya Putri Candrawathi terkait tewasnya Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J. Irjen Ferdy Sambo akan diperiksa lebih dulu

Komisioner komnas HAM Choirul Anam menuturkan akan melakukan pemeriksaan juga terhadap Ferdy Sambo pada Kamis (11/8) besok. Sebagaimana dilansir detikNews, Anam mengatakan hingga saat ini tidak ada permintaan pembatalan untuk pemeriksaan Sambo besok.

"Soal Kamis (pemeriksaan Ferdy Sambo) agendanya masih belum ada komunikasi soal pembatalan, dan sebagainya sehingga menurut kami, kami akan tunggu progresnya," kata Anam di kantor Komnas HAM.


Anam menyebut penetapan Ferdy Sambo menjadi tersangka kasus pembunuhan dalam kasus kematian Brigadir J tidak akan mempengaruhi substansi pemeriksaan komnas HAM. Hanya saja, hal tersebut berpengaruh pada tempat pemeriksaannya.

"Kedua apakah nanti akan berpengaruh terhadap proses yang ada di kami secara substansi sebenarnya tidak terpengaruh, mungkin secara teknis ada pengaruh misalnya apakah nanti bisa kita meminta keterangan sama pak Ferdy Sambo di komnas HAM ataukah di tempat Brimob atau di Pidum. Kami berharap kami masih bisa meminta keterangan pak Ferdy Sambo di komnas HAM," ujar Anam.

Selain itu, Komnas HAM juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap Putri Candrawathi. Putri dijadwalkan diperiksa pada Jumat (12/8) pekan ini.

"Sedang diupayakan Jumat, sore ini kami koordinasi lagi dengan pihak pendamping PC. (pemeriksaan) tidak hanya itu (dugaan pelecehan seksual) tapi juga ke pokok masalah soal penembakan Yoshua," kata Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik saat dihubungi.

Taufan menyebut pihaknya mengupayakan agar pemeriksaan dilakukan di kantor Komnas HAM. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mencari tahu apakah Putri mengetahui peristiwa penembakan Yoshua atau tidak.

"Tidak spesifik begitu (keterlibatan rekayasa kasus), yang penting apa yang dia ketahui tentang peristiwa ini. Soal dugaan apapun, itu nanti setelah info dan fakta dikumpulkan," jelas Taufan.

Seperti diketahui Brigadir J tewas usai menerima sekitar 7 luka tembakan.. Peristiwa itu terjadi pada Jumat (8/7) di rumah dinas Kadiv Propam Polri di Kompleks Polri, Duren Tiga, Jaksel.

Empat orang jadi tersangka kasus tersebut. Selain Ferdy Sambo, tersangka lainnya yakni Bharada E, Bripka RR dan KM. Mereka dijerat pasal pembunuhan berencana.

(dir/dir)