Kelompok Pencuri Bermasker Gasak Uang Belasan Juta di Sumedang

Nur Azis - detikJabar
Sabtu, 28 Mei 2022 03:00 WIB
Komplotan pencuri menggasak uang belasan juta Rupiah di petshop, Jatinangor, Sumedang
Komplotan pencuri menggasak uang belasan juta Rupiah di petshop, Jatinangor, Sumedang (Foto: Nur Azis/detikJabar)
Sumedang -

Toko Jojoba Pet Center di Jalan Raya Ir. Soekarno, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang disatroni sekelompok orang bermasker yang menggasak uang tunai hingga belasan juta rupiah. Sekelompok orang itu pun berhasil terekam kamera CCTV di lokasi kejadian.

Pemilik toko, Aditia Rahmat (23) mengungkapkan aksi pencurian itu terjadi sekitar pukul 10.17 WIB pada Kamis (26/5/2022). Saat itu, kondisi toko hanya dijaga oleh dirinya seorang diri.

Berdasarkan rekaman kamera CCTV, sambung dia, sekelompok orang itu berjumlah 10 orang dewasa dengan mengendarai 5 unit sepeda motor secara berboncengan. Enam diantaranya perempuan dan 4 lainnya laki-laki.


"Wajah mereka semuanya mengenakan masker," ujarnya saat ditemui detikJabar di lokasi, Jumat (27/5/2022).

Ia menjelaskan, kelompok ini menjalankan modusnya dengan cara mengalihkan perhatian.

"Saat di dalam toko mereka semua awalnya tanya-tanya soal pakan hewan peliharaan kucing dan hamster, lalu kemudian, ada satu orang yang datang belakangan tiba-tiba dengan suara nada tinggi memaksa ingin dilayani lebih dulu," paparnya.

Ia sendiri memperkirakan aksi pencuriannya terjadi tepat saat dirinya tengah lengah melayani satu orang yang datang belakangan tersebut.

"Jadi saat saya melayani orang yang datang belakangan itu, beberapa orang lainnya dari kelompok itu seperti kompak menghalangi arah pandang mata saya ke tempat dimana meja kasir berada," katanya.

Ia baru tersadar ada yang sedikit ganjil saat sekelompok orang itu keluar meninggalkan tokonya secara bersamaan dengan tidak ada seorang pun yang membeli barangnya.

Ia pun kemudian langsung memeriksa barang-barang yang ada di tokonya. Namun betapa kagetnya ia saat mengetahui uang senilai Rp 11 juta yang berada di dalam laci meja kasir telah raib digondol kawanan orang itu.

"Pertama saya periksa barang jualan namun barang lengkap aman, kemudian saya cek handphone juga aman yang disimpan di atas meja, pas lliat laci kasir kok terbuka dan benar saja dompet warna merah bersama isinya sudah tidak ada di sana," ujarnya.

Menurutnya, aksi yang dilakukan oleh kawanan orang itu telah terencana dan terlatih. Pasalnya, mereka melancarkan aksinya begitu kompak dalam waktu yang hanya beberapa menit saja.

Ia pun telah melaporkan kejadian tersebut kepada petugas Kepolisian Sektor Jatinangor. Ia berharap para pelaku dapat segera tertangkap.

"Kemarin petugas polisi langsung olah TKP, semoga para pelaku bisa tertangkap," pungkasnya.

(yum/yum)