Kasus Demo Ricuh GMBI Diadili Pekan Depan di Bandung

Dony Indra Ramadhan - detikJabar
Rabu, 11 Mei 2022 13:57 WIB
Ormas GMBI menendang pagar Polda Jabar
Demo ricuh GMBI (Foto: istimewa).
Bandung -

Kasus demo ricuh yang dilakukan LSM GMBI segera disidangkan. Jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar telah melimpahkan berkas perkara itu ke pengadilan.

"Betul sudah masuk. Pelimpahan kemarin sore," ucap Paniter Muda Pidana Pengadilan Negeri (PN) Bandung Entis Sutisna kepada detikJabar di PN Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Rabu (11/5/2022).

Meski sudah dilimpahkan PN Bandung masih memproses penetapan perangkat persidangan termasuk hakim. Begitu juga dengan jadwal persidangan.


Menurut Entis, jadwal persidangan akan tercatat usai adanya penetapan majelis hakim. Akan tetapi, dia memperkirakan sidang akan digelar pekan depan.

"Kemungkinan iya, minggu depan (sidang digelar)," katanya.

Seperti diketahui, GMBI melakukan aksi demo berujung anarkis di depan Mapolda Jabar pada Kamis (27/1) lalu. Ratusan orang diamankan polisi.

Dari ratusan orang yang ditangkap, 12 orang ditetapkan sebagai tersangka. Adapun inisial dari ke-12 tersangka MFR, MA, IRM, SBI, SN, SF, CP, AR, GG, GP, TSH dan WN. Mereka dikenakan Pasal 160 KUHP dan atau Pasal 170 KUHP dan atau Pasal 406 KUHP serta Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.



Simak Video "Tampang Lesu Anggota Ormas GMBI Berbaju Tahanan di Mapolda Jabar"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/mso)